5 Gejala Awal Kanker Kulit yang Harus Anda Periksakan ke Dokter

Berikut ini gejala awal kanker kulit yang harus Anda periksakan ke dokter

oleh Sulung Lahitani diperbarui 08 Jul 2023, 17:05 WIB
Diterbitkan 08 Jul 2023, 17:05 WIB
5 Alasan Mengapa Memakai Sunscreen itu Penting, Dapat Mengurangi Risiko Kanker Kulit
Ilustrasi penggunaan sunscreen (pexels.com/Armin Rimoldi)

Liputan6.com, Jakarta Kasus kanker kulit melonjak di Inggris, dengan para ahli menyalahkan meningkatnya popularitas paket liburan ke tempat dengan sinar matahari melimpah. Data menunjukkan tingkat di antara orang yang berusia di atas 54 tahun telah meningkat hampir 200% sejak 1990-an, dan analisis baru menunjukkan bahwa pada 2017-2019 terdapat 62,9 kasus per 100.000.

Para ahli mengatakan bahwa, seperti kebanyakan kanker, deteksi dini adalah kunci keberhasilan pengobatan - jadi berikut ini tanda-tanda yang harus diwaspadai saat memantau kulit Anda. Dihimpun dari Mirror, ini dia. 

  1. Bentuk tidak merata: NHS mengatakan tahi lalat normal biasanya bulat dengan tepi yang halus. Melanoma seringkali merupakan bentuk yang tidak rata. Mereka mungkin memiliki dua bagian berbentuk berbeda dan tepi yang tidak rata.
  2. Warna campuran: Tahi lalat normal biasanya hanya memiliki satu warna, namun melanoma seringkali merupakan campuran dari dua warna atau lebih.
  3. Ukuran: Melanoma juga cenderung lebih besar, seringkali lebih dari 6 mm.
  4. Berubah bentuk: Para ahli mengatakan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda melihat tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada.
  5. Pendarahan/gatal: Tanda-tanda lain yang harus diwaspadai termasuk tahi lalat yang bengkak dan sakit, berdarah atau gatal.

 

Jika Anda memperhatikan hal-hal di atas, Anda harus membuat janji dengan dokter umum untuk memeriksakan kulit dan tahi lalat sebagai tindakan pencegahan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Langkah-langkah lainnya

Tahi Lalat, Pendeteksi Kanker Melanoma
ABCDE untuk melihat apakah tahi lalat bisa berubah menjadi kanker kulit atau melanoma

Para ahli juga merekomendasikan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi paparan sinar matahari - seperti menghabiskan waktu di tempat teduh dan menutupinya dengan T-shirt dan topi - dan juga menyarankan penggunaan tabir surya secara teratur.

Kepala kesehatan Cancer Research UK Dr Julie Sharp berkata: “Apakah Anda sedang berlibur ke luar negeri atau menikmati cuaca di luar rumah, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mengurangi risiko kanker kulit, terutama jika kulit Anda mudah terbakar."

“Dan ingat sengatan matahari tidak hanya terjadi pada hari-hari terpanas, Anda masih bisa terbakar saat mendung."

“Cara terbaik untuk melindungi kulit Anda saat matahari terik adalah menghabiskan waktu di tempat teduh, terutama antara pukul 11.00 dan 15.00, dan menutupinya dengan T-shirt, topi, dan kacamata hitam. Mengenakan tabir surya juga akan membantu Anda tetap aman di bawah sinar matahari. Pastikan Anda memakainya banyak dan menerapkannya kembali secara teratur."


Malas Bersih-Bersih, Ini 4 Zodiak yang Rumahnya Paling Berantakan

Ilustrasi menempati rumah baru, pindah rumah
Ilustrasi menempati rumah baru, pindah rumah. (Photo by HiveBoxx on Unsplash)

Hadapi saja: terkadang kita semua bisa sedikit berantakan. Bukan dengan cara gosip, live-for-the-drama, tapi dengan cara "tidak mau repot mencuci piring saya". Tetapi bagi sebagian orang, memiliki rumah yang berantakan bukan hanya fase atau tindakan kemalasan - itu adalah kebiasaan yang, meskipun mereka berusaha, mereka tidak dapat menghilangkannya.

Percaya atau tidak, kerapian seseorang mungkin terkait dengan astrologi, jadi jika Anda tidak keberatan dengan sedikit kekacauan di rumah Anda, bagan kelahiran Anda mungkin menjadi alasannya.

Menurut peramal Catherine Gerdes, hanya karena Anda memiliki salah satu dari penempatan ini tidak berarti Anda kotor. Itu hanya berarti Anda menjalani kehidupan yang aktif, penuh petualangan, dan eksentrik yang membuat Anda keluar rumah hampir setiap hari.

Selengkapnya...


5 Tipe Kepribadian Orang Dilihat dari Foto Profilnya di Media Sosial

Ilustrasi memain media sosial. (Unsplash/robin_rednine)
Ilustrasi memain media sosial. (Unsplash/robin_rednine)

Apakah Anda sedang berkencan online atau mencari pekerjaan, ada banyak alasan bagus untuk memiliki foto profil yang layak. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa perbedaan halus dalam gambar yang Anda pilih dapat memberi tahu orang mana dari lima ciri kepribadian yang paling cocok dengan Anda.

Sebuah studi yang diterbitkan di Perpustakaan Digital AAAI, menggabungkan ribuan gambar Twitter dengan analisis kepribadian. Dilansir dari Metro, berikut ini tipe-tipe kepribadian tersebut.

1. Penuh Kesadaran

Orang yang penuh kesadaran cenderung menggunakan foto yang lebih alami, lebih berwarna, dan lebih cerah. Mereka menampilkan variasi emosi terbesar dari semua tipe kepribadian yang berbeda.

Ini mencerminkan fakta bahwa orang yang penuh kesadaran cenderung melakukan apa yang orang harapkan dari mereka.

Selengkapnya...

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia
Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya