Alasan Kenapa Si Dia Nge-Ghosting Setelah Kencan Pertama dan Hal yang Sebaiknya Anda Lakukan

Sepertinya saat yang tepat, jadi mengapa Anda merasa di-ghosting setelah kencan pertama? Ada banyak kemungkinan alasannya, tetapi Anda harus mempertimbangkan segala sesuatunya.

oleh Bella Zoditama diperbarui 17 Des 2023, 19:04 WIB
Diterbitkan 17 Des 2023, 19:04 WIB
Alasan Kenapa Si Dia Nge-Ghosting Setelah Kencan Pertama dan Hal yang Sebaiknya Anda Lakukan
Alasan Kenapa Si Dia Nge-Ghosting Setelah Kencan Pertama dan Hal yang Sebaiknya Anda Lakukan. (Foto: Unsplash/Jarritos Mexican Soda)

Liputan6.com, Jakarta - Anda masih menyandang status single dan masih mencari kriteria pasangan yang cocok? Jika iya, pasti Anda menyadari bahwa berkencan saat ini terasa begitu rumit.

Salah satunya karena ada banyak peraturan yang dibuat oleh orang-orang yang sepertinya wajib dipatuhi, hanya karena majalah atau blog mengatakan hal seperti itu. Selain itu, karena kurangnya transparansi.

Banyak orang tidak dapat membedakan antara kencan yang baik dan kencan yang buruk. Itulah mengapa sulit memahami mengapa seseorang tiba-tiba menghilang setelah kencan.

Misalnya saja, Anda sedang melakukan kencan pertama dengan seseorang yang dikenal lewat aplikasi kencan. Segalanya terlihat sempurna. Percakapan yang cukup nyambung, kepribadiannya yang terlihat menarik, dan tidak terasa canggung.

Kemudian Anda pulang ke rumah, lalu menceritakan semua hal tersebut kepada teman, sambil menunggu panggilan untuk kencan selanjutnya, dan berlanjut ke hubungan asmara yang serius. Namun sayangnya, panggilan tersebut ternyata tidak pernah datang.

Bahkan saat Anda mengambil inisiatif untuk menelponnya langsung. Nyatanya, mereka tidak menjawab telepon Anda dan tidak pernah menelpon kembali.

Wah, bisa jadi Anda sudah di-ghosting olehnya. Padahal menurut Anda tidak ada yang salah dengan pertemuan kalian berdua dan semua nampaknya sempurna dan baik-baik saja. Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut? Apa langkah selanjutnya, ya

Dilansir dari Love Panky, Sabtu (16/12/2023), ternyata ada alasan kenapa orang melakukan ghosting setelah kencan pertama dilakukan. Yuk, baca sampai habis untuk mengetahuinya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan Orang Meng-ghosting Setelah Kencan Pertama

Ilustrasi wanita duduk sambil scrolling handphone
Ilustrasi wanita duduk sambil scrolling handphone/Pexels-karolinagrabowska.

Sekadar menyegarkan ingatan, ghosting adalah ketika orang yang Anda kencani tiba-tiba menolak mengakui keberadaan Anda, tanpa memberikan penjelasan apa pun. Alih-alih menjelaskan diri mereka sendiri, mereka mengabaikan Anda sepenuhnya dan berpura-pura Anda tidak ada secara tiba-tiba!

Inilah yang terjadi pada Anda ketika teman kencan menolak menelepon Anda kembali. Mereka akhirnya memutuskan bahwa situasinya tidak sesuai dengan keinginan mereka, jadi mereka seperti menghilang tanpa memberi Anda penjelasan apa pun. 

Anda mungkin bertanya kepada diri sendiri bagaimana seseorang bisa begitu tidak berperasaan. Namun pada akhirnya, mereka tidak merasa menyesal. Mereka secara aktif menghindari tanggung jawab mereka sebagai manusia—yang berarti cukup sopan untuk mengatakan, “Ini tidak akan berhasil.”

Masalahnya adalah kebanyakan orang yang melakukan ghosting bahkan tidak menyadari bahwa mereka sedang melakukannya sampai semuanya terlambat. 

Lalu, bagaimana yang harus dilakukannya? Ya, tentunya dengan menghindari Anda sebisa mungkin, jadi tidak ada yang menyebut mereka orang jahat.

Walaupun sebenarnya tindakan mereka mengatakan sebaliknya. Namun, orang-orang seperti ini telah memutuskan bahwa mereka tidak melakukan kesalahan apa pun, atau bahwa mereka tidak akan pernah dimintai pertanggungjawaban atas perbuatan mereka.


Bagaimana Hal Ini Memengaruhi Anda?

perempuan malu
Ilustrasi zodiak pemalu namun ramah/copyright freepik.com/wirestock

Salah satu alasannya, di-ghosting setelah kencan pertama itu menyebalkan. Situasinya lebih buruk dari yang seharusnya, jika kencan pertama tersebut berjalan buruk atau bahkan netral.

Karena teman kencan Anda luar biasa, kekecewaan saat mengetahui kebenaran yang sama sekali tidak mempedulikan Anda jauh lebih menyedihkan. Anda dituntun untuk percaya bahwa itu terjadi karena alasan tertentu.

Harapan Anda melonjak tinggi, tetapi dengan cepat runtuh tanpa penjelasan apa pun. Meskipun Anda menginginkan alasan atau ucapan selamat tinggal terakhir, tidak ada jaminan Anda akan mendapatkannya.

Hal ini menyebabkan beberapa orang mempertanyakan harga diri mereka, atau bahkan menyalahkan diri sendiri atas apa yang terjadi. Ini masalah serius, karena ini bukan pertanda baik bagi orang yang sudah memiliki harga diri rendah.

Jika Anda cukup kuat untuk melewatinya, Anda akan berterima kasih kepada bintang keberuntungan Anda karena Anda tidak berakhir dengan pasangan yang kejam dan tidak pengertian.


Cara Mengatasi di-Ghosting Setelah Kencan Pertama

Manifestasi dari Pikiran Diri Sendiri
Ilustrasi mimpi credit: pexels.com/Bruno

Hanya karena terjadi sekali, bukan berarti tidak bisa terjadi lagi. Berkencan akan selalu rumit, tetapi buatlah lebih mudah dengan bersikap jujur dan melihat sisi positifnya.

Dan ingatlah, itu tidak selalu terjadi pada Anda. Terkadang, orang-orang menyebalkan dan mengurusi masalah mereka sendiri.

Jika mereka memutuskan untuk membuat Anda di-ghosting setelah kencan pertama tanpa satu teks pun yang perlu beberapa detik untuk diketik, hal itu lebih banyak mengungkapkan tentang mereka daripada Anda. Jika hal ini terjadi lagi, Anda tahu apa yang harus dilakukan

1. Periksa polanya

Jika ini terjadi terlalu sering, Anda mungkin ingin mengevaluasi kembali situasi Anda. Anda mungkin melakukan kesalahan atau memilih tipe orang yang sama berulang kali. Satu hal yang terbaik yaitu coba untuk selalu melakukan refleksi batin dan melihat bagaimana Anda dapat meningkatkan diri sendiri juga.

2. Cari tahu apakah Anda memiliki masalah yang belum terselesaikan dengan diri sendiri

Terkadang, orang yang gagal dalam berpacaran adalah mereka yang mempunyai masalah pribadi sehingga memengaruhi hubungannya yang lain. Cari tahu apakah Anda bahagia dengan diri Anda saat ini, sebelum mencoba menemukan kebahagiaan dengan orang lain.

Infografis Rencana Migrasi Kompor Gas LPG 3 Kg ke Kompor Listrik Induksi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rencana Migrasi Kompor Gas LPG 3 Kg ke Kompor Listrik Induksi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya