Kylian Mbappe Jelaskan Alasan Keluar dari PSG: Beberapa Orang Bikin Saya Tidak Bahagia

Kylian Mbappe menjelaskan alasannya keluar dari PSG dan pindah ke Real Madrid

oleh Sulung Lahitani diperbarui 05 Jun 2024, 15:45 WIB
Diterbitkan 05 Jun 2024, 15:45 WIB
Tanpa Neymar, Ini 10 Kandidat Pemain Terbaik FIFA 2018
Pemain depan Prancis, Kylian Mbappe mencium trofi Piala Dunia usai laga final Piala Dunia antara Prancis dan Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Rusia, 15 Juli 2018. Mbappe masuk dalam kandidat pemain terbaik FIFA 2018. (AFP FOTO/FRANCK FIFE)

Liputan6.com, Jakarta Kylian Mbappe berbicara pada hari Selasa tentang “kesenangan luar biasa” akhirnya bergabung dengan Real Madrid dan merasa waktunya di Paris Saint-Germain berakhir dengan menyedihkan.

Penyerang Prancis itu akan resmi bergabung dengan status bebas transfer pada 1 Juli setelah kontraknya di Paris Saint-Germain berakhir. Mbappe akan dibayar gaji tahunan antara 15 juta Euro dan 20 juta Euro dengan kenaikan tahunan. Dia akan menerima bonus penandatanganan sebesar 125 juta Euro yang tersebar selama lima tahun kontrak, dan akan mendapatkan 80% hak citranya.

“Akhirnya resmi, saya akan menjadi pemain Real Madrid selama lima tahun ke depan. Ini adalah kesenangan yang luar biasa, mimpi yang menjadi kenyataan, banyak emosi,” kata Mbappe di kamp pelatihan Prancis seperti dilaporkan oleh Guardian, menjelang pertandingan persahabatan melawan Luksemburg di Metz.

“Saya sangat, sangat bahagia (dan) lega, sangat bangga bisa bergabung dengan klub yang selalu saya impikan.”

Tujuh tahun Mbappe di PSG berakhir agak sulit, dan musim terakhirnya dimulai dan berakhir di tengah ketegangan.

Dia dikeluarkan dari tur pramusim ke Jepang pada bulan Juli setelah tidak mengambil opsi perpanjangan kontrak satu tahun, dan kemudian awalnya dikeluarkan dari skuad karena klub bersikeras dia tidak bisa pergi secara gratis dan akan dijual.

Kylian Mbappe memberi tahu presiden klub Nasser Al-Khelaifi pada bulan Februari bahwa dia akan pergi pada akhir musim. Namun ketika sang pemain menyatakan secara resmi bahwa dia tidak akan menandatangani kesepakatan lagi dengan PSG, dia melakukannya melalui video yang diposting di X atau Twitter dan bukan melalui departemen komunikasi klub.

Tidak ada upacara yang disiapkan oleh klub untuk pertandingan kandang terakhir Mbappe melawan Toulouse, di mana ia dicemooh oleh beberapa penggemar.

“Saya bukannya tidak senang di PSG, itu sama saja dengan meludahi sup,” kata Mbappe. “(Tetapi) beberapa hal dan beberapa orang membuat saya tidak bahagia.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dugaan hubungan yang tak baik

Kylian Mbappe
Madrid menyebut sang striker direkrut dengan status free agent dan dikontrak selama lima tahun di Bernabeu. (JOHN THYS / AFP)

Mbappe tidak menyebutkan nama, namun hubungannya dengan Al-Khelaifi kabarnya semakin tegang ketika jelas Mbappe tidak akan menandatangani perpanjangan kontrak, meski PSG menawarinya kesepakatan paling menguntungkan dalam sejarah klub ketika ia menandatangani kontrak baru pada 2022.

“Mereka (PSG) membuat saya mengerti bahwa saya tidak akan bermain, mereka mengatakan kepada saya secara langsung, mereka mengatakan kepada saya dengan kekerasan,” kata Mbappe.

“Luis Enrique dan Luís Campos menyelamatkan saya. Saya tidak akan menginjakkan kaki di lapangan lagi tanpa mereka.”

Meskipun ia mencetak 44 gol dalam 48 pertandingan dan memenangkan gelar ganda Liga Prancis dan Piala Prancis, Mbappe mengalami kesulitan selama musim terakhirnya di Prancis. Dia sebagian besar tidak efektif dalam kekalahan semifinal Liga Champions dari Borussia Dortmund, gagal mencetak gol di kedua leg dan berjalan dengan susah payah di luar lapangan setelah PSG tersingkir.

“Seseorang yang bahagia memiliki lebih banyak peluang untuk bermain bagus tetapi tidak ada alasan untuk beberapa penampilan saya,” kata Mbappe. “Itu tidak setinggi standar saya biasanya. Namun hanya bermain, memenangkan trofi adalah kebanggaan terbesar saya. Namun musim depan saya tidak akan puas dengan musim seperti itu.”

Mbappe meninggalkan PSG sebagai pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa dengan 256 gol dan akan menjadi kapten Prancis di Euro 2024.

 


Mbappe pindah ke mana 2024?

Kylian Mbappe resmi menjadi pemain Real Madrid. Pemain berusia 25 tahun itu meneken kontrak selama lima musim. Real Madrid bakal mempresentasikan Mbappe secara resmi setelah sang pemain membela Timnas Prancis di Euro 2024.

 


Apakah Mbappe sudah resmi ke Real Madrid?

Pengumuman resmi kepindahan Mbappe ke Real Madrid diumumkan pada Senin malam, 3 Juni 2024 waktu setempat. Kontrak Mbappe sendiri di PSG akan berakhir pada 30 Juni 2024.

 


Berapa market value Mbappe?

Saat ini, harga pasaran Mbappe adalah Rp 3.1 triliun. Ini menjadikannya pemain sepak bola termahal di dunia.

 


Berapa bayaran Mbappe di Real Madrid?

Di Real Madrid, Mbappe akan menerima bonus penandatangan sebesar 150 juta Euro yang dicicil selama durasi kontraknya. Angka itu setara dengan sekitar Rp2,6 triliun.

Tak hanya itu, Mbappe juga menerima gaji bersih 15 juta Euro per musim atau sekitar Rp263 miliar.


Kylian Mbappe Akhirnya ke Real Madrid, Gajinya Bikin Ngiler

Real Madrid - Kylian Mbappe
Real Madrid - Kylian Mbappe (Bola.com/Adreanus Titus)

Kylian Mbappe resmi bergabung dengan Real Madrid, menandatangani kontrak selama lima musim. Keputusan ini mengakhiri spekulasi panjang mengenai masa depan Kylian Mbappe, yang sebelumnya dihubungkan dengan berbagai klub elit Eropa.

Kabar ini diumumkan Mbappe saat berbicara dengan Presiden Prancis, Emmanuel Macron, selama pemusatan latihan tim nasional.

 Mbappe mengungkapkan bahwa pengumuman resmi akan dilakukan pada Senin malam, 3 Juni 2024, waktu setempat.

"Akan diumumkan Senin malam," katanya kepada Macron, menunjukkan rasa antusiasnya terhadap langkah besar dalam kariernya ini.

Dengan bergabungnya Mbappe ke Real Madrid, penghasilannya akan meningkat drastis. Pakar transfer terkemuka, Fabrizio Romano, mengungkapkan bahwa Mbappe akan menerima bonus penandatanganan (signing fee) sebesar 150 juta euro, yang akan dicicil selama durasi kontraknya.

Selengkapnya...


Kylian Mbappe ke Real Madrid, PSG Sudah Nyaris Temukan Penggantinya

PSG Rayakan Gelar Juara Ligue 1 ke-12 dan Ketiga Secara Beruntun
Penyerang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe merayakan dengan trofi juara Ligue 1 Prancis di stadion Parc des Princes, Paris pada 12 Mei 2024. (FRANCK FIFE/POOL/AFP)

Klub raksasa Prancis Paris Saint-Germain sudah nyaris menemukan suksesor Kylian Mbappe yang pergi ke Real Madrid dengan status bebas transfer di musim panas 2024.

Laporan mengungkap Les Parisiens kini makin dekat pada penggawa Napoli Khvicha Kvaratskhelia, dengan pihak klub telah mengadakan pembicaraan yang berjalan mulus bersama perwakilan sang pemain.

Seperti diketahui, kontrak Kylian Mbappe bersama PSG berakhir pada pengujung musim ini. Pemuda berusia 25 tahun memutuskan untuk tak memperpanjang kesepakatan dengan Les Parisiens lantaran ingin mencari tantangan di tempat lain.

Mbappe lantas diberi kontrak berdurasi lima tahun oleh Los Blancos. Dia juga mendapat keuntungan materi berupa bonus penandatanganan sebesar 150 juta euro atau sekitar 2,6 triliun yang dicicil selama durasi kesepakatan kerjanya di Santiago Bernabeu.

Kepergian Mbappe tak ayal menyebabkan kehilangan besar buat Les Parisien. Pasalnya, bintang Timnas Prancis merupakan sosok penting di balik keberhasilan Paris Saint-Germain mendominasi panggung Ligue 1 selama beberapa musim terakhir.

Selengkapnya...

Infografis bulu tangkis
Infografis bulu tangkis. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya