5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Hubungan dengan Pasangan Tetap Sehat, Salah Satunya Beri Dukungan

Hubungan yang baik adalah mereka yang dapat menjalin komunikasi dengan baik dan saling mendukung minat dari pasangannya.

oleh Cicilia Afrilia Damayanti Simbolon diperbarui 06 Okt 2024, 10:05 WIB
Diterbitkan 06 Okt 2024, 10:05 WIB
pasangan bahagia
Ilustrasi pasangan bahagia/copyright freepik.com/Lifestylememory

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki pasangan adalah hal yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Mereka akan menemukan sesuatu hal yang baru dan membangun jika keduanya saling mencintai.

Ketika Anda memiliki pasangan yang sejalan dengan diri Anda, mungkin Anda tidak akan mengalami perasaan kesepian. Bahkan, Anda akan merasa hidup Anda dipenuhi dengan hal-hal yang menyenangkan. Ini mmerupakan bentuk hubungan yang sehat.

Namun, tak dipungkiri bahwa dalam sebuah hubungan pasti pernah mengalami pasang surut. Baik karena hal kecil yang kemudian dapat diselesaikan baik-baik atau bahkan hal besar yang mungkin sudah coba untuk diperbaiki tetapi hasilnya gagal.

Untuk mengatasi hal tersebut dilansir dari Rush, Selasa (01/02/2024), terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan lakukan agar hubungan Anda dan pasangan tetap berjalan dengan baik dan sehat.

1. Jalin Komunikasi yang Baik

Komunikasi adalah dasar dari sebuah hubungan. Memiliki komunikasi yang baik dengan pasangan dapat meminimalisir terjadinya konflik atau perdebatan. Ketika Anda memiliki hubungan emosional yang positif dengan pasangan, maka Anda akan memiliki hubungan yang aman dan bahagia.

Dalam sebuah hubungan komunikasi yang dijalin harus memiliki timbal balik yang positif. Hal ini membuat pasangan mempercayai Anda dan menjadi terbuka satu sama lain. Terkadang saling tidak terbuka akan keadaan menjadi pemicu masalah hubungan Anda.


2. Menyelesaikan Konflik dengan Tenang

pasangan - vania
Ilustrasi Pasangan Gombal/https://www.freepik.com/jcomp 

Tidak menutup kemungkinan dalam sebuah hubungan ditemukan konflik. Konflik biasanya terjadi karena hal-hal kecil. Namun, hal kecil itu akan menjadi besar jika kedua pihak tidak berusaha menyelesaikan konflik tersebut.

Untuk menciptakan hubungan yang sehat Anda perlu menyelesaikan konflik dengan tenang dan kepala dingin. Namun, jika hal tersebut tidak dapat diselesaikan saat itu juga, Anda dapat meminta waktu untuk saling merefleksikan masalah tersebut. Kemudian, cobalah untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan komunikasi yang baik dan hormat.


3. Luangkan Waktu untuk Pasangan

pasangan - vania
Ilustrasi Have Fun/https://www.freepik.com/freepik

Anda dan pasangan mungkin memiliki kesibukan yang berbeda satu sama lain. Seperti bekerja atau bersekolah di tempat yang berbeda. Hal ini membuat waktu Anda terbagi dengan pasangan.

Namun, Anda tidak mungkin mengesampingkan kesibukan Anda dengan pasangan dan begitu pun sebaliknya. Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu membagi waktu antara kesibukan dan pasangan. Anda dapat meluangkan waktu dengan pasangan setelah seharian beraktivitas atau bahkan waktu panjang di hari libur.


4. Saling Memberikan Mendukung

couple pria perempuan ngobrol kencan
ilustrasi pasangan cinta/Photo by RDNE Stock project

Anda dan pasangan mungkin memiliki minat dan hobi yang berbeda. Namun, akan menjadi hal yang positif jika satu sama lain saling memberikan dukungan. Dukungan dari pasangan mampu meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi untuk melakukan sesuatu yang diminati lebih dalam.

Hal ini tidak hanya baik untuk hubungan, tetapi juga baik untuk diri Anda dan Pasangan. Anda dapat meningkatkan kemampuan diri Anda sendiri. Selain itu, Anda juga memperoleh pengetahuan baru tentang hal-hal yang diminati pasangan Anda, begitu pun sebaliknya.


5. Berikan Sesuatu yang Bernilai

pasangan - vania
Ilustrasi Kado/https://www.freepik.com/freepik

Bagi sebagian orang mendapatkan hadiah dan kejutan dari orang yang dicintai adalah hal yang membahagiakan. Mereka akan merasa dicintai karena memperoleh sesuatu yang tidak biasa dari orang lain. Anda dapat memberikan hadiah kecil-kecil yang disukai pasangan Anda.

Selain itu, memberi tidak hanya dalam bentuk benda. Anda dapat memberikan perhatian dan pujian kepada pasangan. Misalnya Anda menanyakan kabarnya dan apa yang terjadi dalam sehari ini. Mendengarkan pasangan Anda saat bercerita dan berikan tanggapan yang positif mampu membentuk hubungan yang sehat.

Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru
Infografis Rahasia Sukses Memulai Hubungan Baru. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya