Juara Kedua Miss Grand International 2024 Menangis Usai Kompetisi, Alami Perlakuan Tidak Adil?

Juara kedua Miss Grand International 2024 Thae Su Nyeim dari Myanmar menjadi perbincangan di kalangan penggemar kontes kecantikan setelah ia terlihat menangis tersedu-sedu.

oleh Sulung Lahitani diperbarui 26 Okt 2024, 16:10 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2024, 16:10 WIB
Juara Kedua Miss Grand International 2024 Menangis Usai Kompetisi, Alami Perlakuan Tidak Adil?
Juara Kedua Miss Grand International 2024 Menangis Usai Kompetisi, Alami Perlakuan Tidak Adil? (doc: tangkapan layar Facebook)

Liputan6.com, Jakarta Juara kedua Miss Grand International 2024 Thae Su Nyeim dari Myanmar menjadi perbincangan di kalangan penggemar kontes kecantikan setelah ia terlihat menangis tersedu-sedu. Dalam video yang sama, terlihat National Director Miss Grand Myanmar Htoo Ant Lwin dengan agresif melepaskan selempang dan mahkotanya setelah penobatan para pemenang.

Thae berdiri di panggung ketika timnya mengawalnya turun dan menggendongnya, seperti yang ditunjukkan dalam video yang dibagikan oleh platform kontes kecantikan global Missosology di Facebook pada Sabtu, 26 Oktober. Htoo kemudian merenggut mahkota dari kepala Thae dan melepaskan selempangnya saat ia dibopong oleh salah satu anggota tim mereka.

Pada kejadian berikutnya, Htoo, yang membantu Thae yang menangis tersedu-sedu sambil berjalan, menunjuk dan berteriak kepada orang yang merekam video mereka.

Htoo juga membuat postingan samar melalui halaman Facebook-nya, yang muncul beberapa saat setelah Thae diumumkan sebagai juara kedua.

"Selamat tinggal selamanya," tulis postingannya.

Htoo kemudian tampil langsung di laman TikTok miliknya dan tampaknya membicarakan tentang hasil yang dianggap tidak adil bagi Thae. Ia selanjutnya melontarkan beberapa tuduhan terhadap kepala organisasi Miss Grand International Nawat Itsaragrisil, dan menyatakan bahwa Myanmar tidak akan lagi bergabung dengan kontes kecantikan tersebut.

Namun, beberapa jam kemudian, ia kembali membagikan unggahan Facebook yang artinya: "Saya sudah tenang. Apakah saya akan memperbarui kontrak?"

Organisasi Miss Grand International belum mengomentari masalah tersebut hingga tulisan ini dibuat.

Rachel Gupta dari India dinobatkan sebagai pemegang gelar 2024 pada malam penobatan yang diadakan di Thailand pada hari Jumat, 25 Oktober. Sementara itu, wakil Filipina CJ Opiaza muncul sebagai runner-up pertama.

Rachel Gupta dari India Rebut Mahkota Miss Grand International 2024

Rachel Gupta orang India pertama yang memenangkan Miss Grand International.
Rachel Gupta adalah orang India pertama yang memenangkan Miss Grand International. (Dok: IG @_rachelgupta https://www.instagram.com/_rachelgupta?igsh=NGFpdnQzODhxcmMz)

Perwakilan dari India, Rachel Gupta, menjadi pemenang baru Miss Grand International 2024, pada kontes kecantikan yang diadakan di Bangkok, Thailand.

Rachel Gupta menang di final atas perwakilan Filipina, Christine Juliane Opiaza, sementara Thae Su Nyein dari Burma berada di posisi ketiga.

 Miss Grand International yang baru tersebut menerima mahkota dari pemenang tahun 2023, Luciana Fuster dari Peru, yang memenangkan acara tahun lalu, yang diadakan di Vietnam.

Dengan tinggi 1,78 meter, Gupta adalah model profesional dan berasal dari provinsi Punjab di barat laut India.

Menurut laporan Marca, kontes ini diikuti oleh 69 peserta dan 10 finalis terakhir berasal dari negara-negara Spanyol, Peru, Brasil, Republik Dominika, Prancis, Indonesia, Burma, Inggris Raya, India, dan Filipina.

Acara yang dibuat 11 tahun lalu di tempat acara ini, Thailand, seharusnya diadakan di Kamboja, namun, beberapa masalah organisasi di tempat tersebut memaksa perubahan tempat ke Bangkok pada menit terakhir.

Jadi Pemenang Miss Grand International 2024, Rachel Gupta Bawa Pulang Hadiah Segini

Foto Rachel Gupta
Rachel Gupta dari India Memenangkan Gelar Miss Grand International 2024 (dok. Instagram @missgrandinternational/https://www.instagram.com/p/DBjojEET7iO/?hl=en&img_index=1/Dinny Mutiah)

Pemenang Miss Grand International 2024 akan membawa pulang sejumlah hadiah bergengsi, termasuk Golden Crown yang ikonik. Mahkota yang sangat indah ini, terbuat dari emas, kuningan, berlian, dan zamrud, didesain ulang setiap tiga tahun, memastikan setiap versinya tetap unik.

Setelah menyelesaikan masa jabatan mereka, para pemenang mengembalikan mahkota asli tetapi menerima versi replika sebagai simbol pencapaian mereka.

Selain mahkota, pemegang gelar dan empat runner-up akan menerima hadiah uang tunai dan mendapatkan pelantikan ke dalam Miss Grand International Hall of Fame, yang memperkuat warisan mereka dalam sejarah kontes kecantikan.

Perjalanan Miss Grand International yang berkuasa tidak berakhir dengan gelar; ini menandai dimulainya peluang baru dan pengakuan internasional.

Hadiah untuk pemenang belum diumumkan, tetapi pada tahun 2021, Nguyen Thuc Thuy Tien dari Vietnam menerima hadiah uang tunai sebesar US $60.000 atau sekitar Rp 941 juta.

Prestasi Nova Liana di Miss Grand International 2024

Nova Liana di Miss Grand International 2024
Nova Liana, Miss Grand Indonesia 2024 dengan balutan kostum nasional bertema The Royal Flavors of Payakumbuah dalam Miss Grand International 2024 di Kamboja dan Thailand, 3 hingga 25 Oktober 2024. (IST)

Di ajang tersebut, wakil Indonesia Nova Liana tidak berhasil menembus lima besar. Meski begitu, ia berhasil membawa pulang sejumlah penghargaan, yaitu 5th Runner Up Miss Grand International 2024, Charming by Chat Cosmetic, dan Miss Popular Vote.

Ivan Gunawan selaku National Director Yayasan Dunia Mega Bintang yang memegang lisensi penyelenggaraan Miss Grand International Indonesia mengapresiasi capaian anak didiknya. "Congratulations Miss Grand Indonesia 2024 @valdeznova for the achievement on Miss Grand International 2024," tulisnya di Instagram.

Sebelumnya, Nova Liana mencuri perhatian dunia dalam ajang Miss Grand International 2024 yang diadakan di Kamboja dan Thailand pada 3 hingga 25 Oktober 2024. Gadis asal Sumatera Selatan ini tampil gemilang di setiap tahap kompetisi, terutama saat sesi National Costume Competition yang dihelat pada Minggu, 20 Oktober 2024, di MGI Hall, Bangkok, Thailand.

Dalam kompetisi kostum nasional tersebut, perempuan berusia 23 tahun tampil anggun dengan kostum nasional bertema "The Royal Flavors of Payakumbuah". Kostum tersebut dirancang khusus oleh Annisa Banyuwangi, terinspirasi dari kekayaan tradisi kuliner Minangkabau yang terkenal dengan hidangan Padang yang kaya rasa.

Kostum ini didesain menyerupai hidangan yang disajikan di atas nampan besar, menggambarkan kebesaran dan kemewahan kuliner khas Indonesia. Kostum "The Royal Flavors of Payakumbuah" bukan hanya sebuah pakaian, melainkan sebuah simbol kebanggaan budaya. Ivan Gunawan menyebut desain ini sebagai bentuk dedikasi untuk mempromosikan Indonesia di mata dunia.

"National Costume bukan sekadar kompetisi busana. Ini adalah cara untuk memperkenalkan budaya kita, termasuk makanan Padang yang grande dan sangat Indonesia. Saya berharap Nova bisa menceritakan kepada kontestan lain bahwa ini adalah masakan Padang, salah satu kuliner khas Indonesia yang luar biasa. Silakan datang ke Indonesia untuk mencicipinya," kata Ivan.

INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya