Jepang Bakal Luncurkan Uji Coba Yen Digital pada April 2023

Bank of Japan berharap program percontohan ini akan hasilkan desain lebih baik dengan gandeng swasta. Produk keuangan tersebut dinilai harus dipresentasikan ke sektor swasta sebelum rilis.

oleh Elga Nurmutia diperbarui 19 Feb 2023, 20:15 WIB
Diterbitkan 19 Feb 2023, 20:15 WIB
Bank Sentral Jepang Uji Coba Uang Digital
Bank Sentral Jepang akan uji coba uang digital mulai musim semi 2023. (AFP/Toru Yamanaka)

Liputan6.com, Jakarta - Bank of Japan seharusnya akan memulai eksperimen bentuk mata uang digital yang dikeluarkan dan dikendalikan oleh negara (central bank digital currency/CBDC) musim semi ini. Bank sentral Jepang dilaporkan akan mulai menguji penggunaan yen digital pada April 2023.

Melansir Cryptopotato, ditulis Minggu (19/2/2023), lembaga tersebut sebelumnya mengatakan mereka dapat menggunakan Swedia sebagai model untuk meluncurkan CBDC.

Seperti dilansir CNBC, fase pengujian mencakup pemrosesan simulasi transaksi dengan perusahaan keuangan swasta. Direktur Eksekutif Bank of Japan Shinichi Uchida mengatakan, konsumen dan pengecer akan dikeluarkan dari percobaan.

"Harapan kami, program percontohan ini akan menghasilkan desain yang lebih baik melalui diskusi dengan bisnis swasta,” katanya.

Pengujian tersebut bertujuan untuk mempersiapkan bank sentral Jepang jika pemerintah daerah mengeluarkan versi digital dari mata uang nasional. Uchida berpikir produk keuangan seperti itu harus dipresentasikan ke sektor swasta sebelum ditayangkan.

"Jika CBDC akan dikeluarkan di masa depan, mengeksplorasi kerangka kerjanya secara bertahap dan terlibat dalam komunikasi yang sangat transparan dengan sektor swasta adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk diadopsi di masyarakat," kata dia.

Bank sentral meyakinkan setahun yang lalu bahwa ia akan dengan hati-hati mendekati CBDC dan memastikan kompatibilitasnya dengan ekosistem moneter domestik. Itu juga berjanji untuk mengikuti contoh Swedia dan tidak meniru langkah China.

Negara Skandinavia tersebut telah melakukan eksperimen untuk menyelidiki bagaimana krona digital akan masuk ke dalam jaringan keuangannya dan apakah dapat menggunakan pembayaran lintas batas.

Di sisi lain, China telah memperkenalkan kampanye agresif untuk mempopulerkan e-CNY-nya. Pemerintah setempat mendistribusikan produk senilai jutaan dolar tersebut kepada penduduk di beberapa kota, termasuk ibu kota Beijing, Chengdu, Shenzhen, dan lainnya. Mereka juga mengizinkan penggunaan yuan digital selama Olimpiade Musim Dingin yang diadakan di Beijing tahun lalu.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


RUU Pemerintah Jepang

Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay
Ilustrasi Mata Uang Kripto, Mata Uang Digital. Kredit: WorldSpectrum from Pixabay

Pemerintah Jepang baru-baru ini menyetujui RUU yang menurut penerbit cryptocurrency tidak lagi harus membayar 30 persen pajak perusahaan atas kepemilikan mereka.  

Meski aturannya kurang ketat, beberapa tempat perdagangan terkemuka seperti Kraken dan Coinbase mengatakan mereka akan keluar dari ekosistem lokal.

Kemudian, yang pertama menunjukkan kondisi yang tidak menguntungkan di pasar Jepang dan penurunan industri cryptocurrency sebagai alasan utama.

Coinbase mengikutinya segera setelah itu, mengutip faktor serupa. Pengguna lokal memiliki waktu hingga 16 Februari untuk menarik dana mereka dari platform.

Binance, bagaimanapun, mencari izin pada September tahun lalu untuk masuk kembali ke “Land of the Rising Sun". Itu memperkuat kehadirannya di wilayah tersebut pada November, mengakuisisi Sakura Exchange BitCoin (SEBC).

 


Brasil Siapkan Keputusan Baru untuk Klarifikasi Aturan Kripto

Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik/Pikisuperstar
Ilustrasi Mata Uang Kripto atau Crypto. Foto: Freepik/Pikisuperstar

Sebelumnya, Pemerintah Brasil sedang bersiap untuk mengeluarkan keputusan untuk mengisi ruang kosong yang dibiarkan terbuka oleh persetujuan undang-undang cryptocurrency baru-baru ini. Dokumen tersebut, disiapkan oleh Kementerian Keuangan yang akan menetapkan area pengawasan dan tanggung jawab Bank Sentral Brazil dan regulator sekuritas nasional (CVM).

Melansir Bitcoin, ditulis Sabtu (19/2/2023), anggota pemerintah Brasil bekerja untuk memperpanjang aturan mata uang kripto yang ditetapkan oleh undang-undang mata uang kripto yang disetujui pada 21 Desember oleh Presiden Jair Bolsonaro.  

Menurut laporan dari outlet lokal, Kementerian Keuangan sedang mengerjakan sebuah keputusan untuk mengisi kekosongan yang tidak diselesaikan oleh rumusan umum undang-undang tersebut. Dokumen tersebut harus ditinjau oleh pembantu eksekutif Presiden Luis Inacio "Lula" Da Silva sebelum mendapatkan sanksi.

Dokumen tersebut disiapkan oleh Gabriel Galipolo selaku sekretaris eksekutif Kementerian Keuangan, dan oleh sekretaris reformasi ekonomi, Marcos Pinto, dengan bantuan teknisi dari Bank Sentral Brasil dan regulator sekuritas nasional. Keputusan ini akan membagi tanggung jawab pengawasan cryptocurrency antara kedua institusi ini serta memberi mereka item yang jelas dan area pasar yang harus diperhatikan.

 


Definisi Baru

Mau Investasi Emas dan Kripto Sekaligus? Bisa Banget, Begini Caranya!
Ilustrasi

Dokumen baru tersebut akan memberikan tugas kepada Bank Sentral Brasil untuk mengatur dan mengawasi perilaku pertukaran mata uang kripto di Brasil, menempatkan fokus khusus pada pemeriksaan yang mereka lakukan karena kepatuhan terhadap aturan yang dijelaskan dalam undang-undang. Penyedia layanan aset virtual (VASP) akan menerima peraturan yang serupa dengan yang dimiliki bank saat ini.

Sementara itu, definisi baru akan menempatkan regulator sekuritas Brasil di atas sekuritas yang dipatok, menganalisis apakah setiap aset yang dipatok merupakan sekuritas. Organisasi akan membentuk divisi baru yang didedikasikan untuk tugas ini, pengawasan aset digital.

Langkah ini konsisten dengan pernyataan Expedito Netto, mantan pelapor hukum, mengenai masa depan undang-undang tersebut dan revisi yang diumumkan oleh pemerintah Luis Inacio “Lula” Da Silva alias Presiden Brasil saat ini, pada Januari.

Masalah segregasi aset akan menjadi topik penting lain yang akan coba dimasukkan pemerintah ke dalam ketetapan ini. Subjek, yang menyiratkan bahwa bursa harus memisahkan asetnya dari aset milik penggunanya, diusulkan saat RUU tersebut masih dalam pembahasan. Namun, itu gagal menjadi bagian dari dokumen hukum final karena perbedaan pendapat di Kongres.

 

INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: 10 Mata Uang Kripto dengan Valuasi Terbesar (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya