Banyak Perusahaan Besar Jajaki Kripto, Jadi Sentimen Persiapan Bitcoin Halving 2024

Langkah ini bisa menjadi salah satu sentimen utama dalam persiapan untuk Bitcoin Halving 2024.

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 28 Jun 2023, 16:31 WIB
Diterbitkan 28 Jun 2023, 16:31 WIB
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple
Ilustrasi aset kripto, mata uang kripto, Bitcoin, Ethereum, Ripple. Kredit: WorldSpectrum via Pixabay

Liputan6.com, Jakarta Gerak harga Bitcoin dalam beberapa waktu belakangan ini cukup mempesona. Kenaikan ini didorong oleh proposal ETF Bitcoin Spot dari sejumlah perusahaan besar seperti Blackrock, Fidelity, Wisdomtree, Valkyrie, dan Invesco.

Trader External Tokocrypto, Fyqieh Fachrur menjelaskan berita ini akan memberikan dampak positif dalam beberapa bulan mendatang dan bisa menjadi salah satu sentimen utama dalam persiapan untuk Bitcoin Halving 2024.

“Meski proposal ini belum mendapat persetujuan dari SEC, Blackrock telah menerima dukungan suara yang sangat tinggi, yaitu 575 suara dari total 576 suara. Informasi ini berdampak positif pada pasar aset kripto,” kata Fyqieh dalam keterangan tertulis, Rabu (28/6/2023).

Bitcoin Halving adalah kondisi ketika imbalan bagi penambang Bitcoin (block reward) berkurang setengah setelah selesai menambang 210.000 blok, yang biasanya terjadi empat tahun sekali.

Saat ini 19,375,656 BTC telah beredar, 92 persen dari total pasokan 21,000,000. Setiap halving yang terjadi 4 tahun sekali akan menurunkan tingkat inflasi Bitcoin. Para pendukung kripto percaya, peristiwa Halving bisa mempengaruhi pergerakan harga Bitcoin. 

Saat momen Halving pada 2020, harga Bitcoin sudah mulai menguat sejak akhir 2019. Kenaikan ini bertahan hingga momen Halving terjadi pada 2022.  Kemudian pada 2021 atau setahun setelah Halving, harga Bitcoin masih menguat bahkan menyentuh level tertinggi di kisaran USD 69.000 atau setara Rp 1 miliar (asumsi kurs Rp 14.988 per dolar AS).

Halving menjadi indikator penting dalam menyusun proyeksi harga Bitcoin. mengingat aktivitas ini memberi sinyal utama mengenai pasokan milik kripto terbesar itu saat ini.

Pada dasarnya, setiap penambang Bitcoin berhak memperoleh block reward setelah sukses menambang satu blok Bitcoin. Dalam aktivitas ini, jaringan akan menerapkan pemberian imbalan Bitcoin Halving bagi penambang yang menambahkan block dalam jaringan mereka.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya