Peretas Kembalikan NFT Curian Setelah Terima Tebusan Rp 4,1 Miliar

Peretasan yang terjadi pada 16 Desember mengakibatkan pencurian NFT senilai hampir USD 3 juta atau setara Rp 46,5 miliar

oleh Gagas Yoga Pratomo diperbarui 20 Des 2023, 07:39 WIB
Diterbitkan 19 Des 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)
Ilustrasi NFT (Foto: Unsplash/Andrey Metelev)

Liputan6.com, Jakarta Semua Non Fungible Token (NFT) Bored Ape Yacht Club (BAYC) dan Mutant Ape Yacht Club (MAYC) yang dicuri dari platform perdagangan peer-to-peer NFT Trader telah dikembalikan setelah peretas menerima pembayaran hadiah.

Peretasan yang terjadi pada 16 Desember mengakibatkan pencurian NFT senilai hampir USD 3 juta atau setara Rp 46,5 miliar (asumsi kurs Rp 15.504 per dolar AS). Peretas, melalui pesan publik, mengaitkan eksploitasi asli dengan pengguna lain dan meminta pembayaran tebusan untuk pengembalian NFT. 

"Jika Anda ingin monyet nft kembali, maka Anda harus memberi saya hadiah, itulah yang pantas saya dapatkan,” kata peretas, dikutip dari Coinmarketcap, Selasa (19/12/2023).

Sebagai respon cepat, inisiatif komunitas yang dipimpin oleh Boring Security, sebuah proyek keamanan Web3 nirlaba yang didanai oleh ApeCoin, berhasil memulihkan semua aset dalam waktu 24 jam setelah membayar hadiah 120 Ether (ETH) kepada peretas atau sekitar USD 267.000 setara Rp 4,1 miliar.

Tim Keamanan Boring mengumumkan di X (sebelumnya Twitter) mereka sekarang memiliki 36 BAYC dan 18 MAYC NFT yang dimiliki oleh pengeksploitasi. Sebagai bagian dari proses pemulihan, tim mengirimkan hadiah kepada peretas yang setara dengan 10% dari harga dasar koleksi.

Pembayaran hadiah dilakukan oleh Greg Solano, salah satu pendiri Yuga Labs, perusahaan di balik kedua koleksi NFT. Yuga Labs memfasilitasi negosiasi untuk memulihkan token yang dicuri dan mengembalikannya ke pemilik sah secara gratis.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya