Grayscale Ajukan Konversi Dana Multi-Kripto jadi ETF

Dana Kapitalisasi Besar Digital Grayscale mengelola aset senilai lebih dari USD 524 juta (Rp 8,1 triliun) dan dibobot dengan alokasi 76% untuk Bitcoin.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 16 Okt 2024, 18:02 WIB
Diterbitkan 16 Okt 2024, 18:02 WIB
Grayscale Ajukan Konversi Dana Multi-Kripto jadi ETF
Pengelola aset kripto, Grayscale telah mengajukan permohonan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) untuk mengubah dananya senilai USD 520 juta. (Foto By AI)

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola aset kripto, Grayscale telah mengajukan permohonan kepada Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) untuk mengubah dananya senilai USD 520 juta (Rp 8 triliun) yang melacak berbagai mata uang kripto, menjadi dana yang diperdagangkan di bursa (ETF).

Mengutip Cointelegraph, Rabu (16/10/2024) Bursa Efek New York (NYSE), atas nama Grayscale, meminta konversi tersebut dalam pengajuan 19b-4 pada 14 Oktober 2024, formulir yang meminta SEC untuk mengubah aturan guna mengizinkan pencatatan ETF baru.

Diketahui, Dana Kapitalisasi Besar Digital Grayscale mengelola aset senilai lebih dari USD 524 juta (Rp 8,1 triliun) dan dibobot dengan alokasi 76% untuk Bitcoin, diikuti oleh 18% untuk Ether, dan sisanya dibagi antara Solana, XRP, dan Avalanche.

Dalam penyertaan formulir 8-K, Grayscale memberi tahu investornya dana tersebut mencerminkan aturan dan perubahan pencatatan yang diusulkan oleh NYSE.Konversi ke ETF spot memungkinkan investor untuk membeli dan menjual saham dalam suatu dana dengan lebih mudah.

Pengajuan terbaru Grayscale untuk ETF terjadi setelah dua konversi besar awal tahun ini, dengan SEC menyetujui permintaan perusahaan untuk mengonversi Grayscale Bitcoin Trust (GBTC) dan Grayscale Ethereum Trust (ETHE) menjadi ETF.

SEC sebelumnya telah menolak semua aplikasi untuk ETF spot kripto hingga keputusan pengadilan bulan Agustus yang mendukung Grayscale membuat regulator mengubah kebijakannya.

ETF spot menyimpan aset dasar pada pembukuannya, dibandingkan dengan trust dan dana kripto non-spot lainnya yang mengandalkan kontrak berjangka untuk melacak harga, yang telah menambahkan proses regulasi sehingga mempersulit investor untuk membeli dan menjual saham dalam dana tersebut.

Setelah konversi menjadi ETF, investor Grayscale mulai menjual saham mereka karena perubahan drastis dalam diskon terhadap nilai aset bersih dana tersebut.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

Analis Prediksi Produk Derivatif ETF Bitcoin Bakal Diluncurkan 2025

Ilustrasi kripto (Foto By AI)
Ilustrasi kripto (Foto By AI)

Analis Bloomberg Intelligence James Seyffart mengatakan produk derivatif untuk opsi ETF Bitcoin diprediksi akan diluncurkan di AS pada kuartal satu 2025. Menurutnya peluncuran sebelum akhir tahun bukanlah hal yang mustahil, kuartal pertama 2025 lebih mendekati jadwal yang realistis untuk peluncuran instrumen keuangan canggih ini.

Seyffart menjelaskan jalan telah dibuka untuk opsi ETF Bitcoin, karena SEC mengizinkan Nasdaq untuk mendaftarkan opsi yang terkait dengan iShares Bitcoin Trust, IBIT, milik BlackRock pada September lalu.

Melalui kontrak opsi, investor memiliki hak untuk menjual atau membeli aset acuan pada harga tertentu. Opsi ETF Bitcoin termasuk di antara opsi mata uang kripto pertama yang terdaftar di bursa AS.

Menurut dia, pengenalan produk opsi ini dianggap lebih penting karena tujuannya untuk mengurangi risiko rekanan di pasar. Instrumen ini jauh dari tidak relevan di luar dunia mata uang kripto. 

Penasihat keuangan yang bertanggung jawab atas setengah dari aliran investasi ke pasar ETF senilai USD 9 triliun sering menggunakan perdagangan opsi untuk melindungi volatilitas pasar.

Seyffart menindaklanjutinya, dengan mengatakan ketersediaan opsi mungkin memiliki implikasi yang jauh lebih besar untuk adopsi pasar arus utama 

"Opsi pada ETF dapat membantu penasihat merasa lebih nyaman dengan ruang tersebut,” kata Seyffart, dikutip dari Yahoo Finance, Sabtu (12/10/2024).

Dia menambahkan volatilitas, dan terutama pergerakan harga ke bawah, terus menjadi penghalang terbesar bagi banyak calon investor Bitcoin institusional, dan opsi adalah salah satu cara terbaik untuk mengelola risiko tersebut.

 

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

ETF Bitcoin Alami Arus Keluar Harian Rp 293,4 Miliar

Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Andre Francois M.)
Ilustrasi kripto (Foto: Unsplash/Andre Francois M.)

Dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) Bitcoin spot AS mengalami penurunan yang signifikan pada Rabu, 9 Oktober 2024 mencatat arus keluar bersih sebesar USD 18,66 juta atau setara Rp 293,4 miliar (asumsi kurs Rp 15.725 per dolar AS) .

Dilansir dari Coinmarketcap, Kamis (10/10/2024), menurut data dari SoSoValue, FBTC Fidelity adalah kontributor utama arus keluar ini, dengan USD 48,82 juta keluar dari dana tersebut.

GBTC Grayscale, ETF Bitcoin spot terbesar kedua berdasarkan aset bersih, juga mencatat arus keluar sebesar USD 9,41 juta setelah melaporkan tidak ada arus keluar pada hari sebelumnya.

Namun, tidak semua ETF Bitcoin spot mengalami kinerja negatif. IBIT BlackRock, ETF Bitcoin spot terbesar, adalah satu-satunya dana yang mengalami arus masuk, dengan USD 39,57 juta mengalir ke ETF tersebut. Sembilan ETF lainnya mencatat nol arus keluar.

Volume perdagangan keseluruhan untuk 12 ETF Bitcoin spot mencapai USD 1,35 miliar pada hari Selasa, naik dari USD 1,22 miliar pada Senin, menunjukkan minat investor yang berkelanjutan pada kelas aset tersebut.

Arus Keluar ETF Ethereum

Arus keluar tidak terbatas pada pasar ETF Bitcoin. ETF Ethereum spot di AS juga mencatat arus keluar bersih sebesar USD 8,19 juta pada Selasa, setelah melaporkan arus keluar nol pada hari Senin. 

ETHW Bitwise mengalami arus keluar terbesar, dengan USD 4,54 juta keluar dari dana tersebut, sementara FETH Fidelity mencatat arus keluar sebesar USD 3,65 juta. Tujuh ETF Ether spot lainnya tidak mengalami arus keluar.

Total volume perdagangan dari sembilan ETF Ethereum menyusut menjadi USD 102,37 juta pada Selasa, dibandingkan dengan USD 118,43 juta pada hari sebelumnya.

Fluktuasi di pasar ETF Bitcoin dan Ethereum spot terjadi saat pasar kripto yang lebih luas terus mengalami volatilitas. 

IMF Kembali Tegur El Salvador Soal Bitcoin, Ada Apa?

Bitcoin (Foto: Jievani Weerasinghe/Unsplash)
Bitcoin (Foto: Jievani Weerasinghe/Unsplash)

Sebelumnya, Dana Moneter Internasional (IMF) meminta pemerintah El Salvador, negara pertama di dunia yang mendeklarasikan bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah untuk membatasi paparan pemerintah terhadap mata uang kripto.

Direktur komunikasi IMF, Julie Kozack mengatakan pihaknya rekomendasikan agar El Salvador mempersempit cakupan hukum bitcoin, memperkuat kerangka regulasi dan pengawasan ekosistem bitcoin, serta membatasi paparan sektor publik terhadap bitcoin.

"Menangani risiko yang timbul dari bitcoin merupakan elemen kunci dari diskusi ini. Ini menggarisbawahi penolakan berkelanjutan organisasi multilateral tersebut terhadap risiko keuangan yang terkait dengan bitcoin,” kata Kozack dilansir dari Yahoo Finance, Selasa (8/10/2024).

Sebelumnya, IMF telah mengkritik program bitcoin El Salvador, khususnya kurangnya transparansi dan potensinya untuk membahayakan stabilitas keuangan dan ekonomi negara tersebut, yang diproyeksikan dapat mengalami pertumbuhan 3 persen tahun ini. 

Negara Amerika Tengah tersebut secara konsisten mencatat pertumbuhan ekonomi tahunan sebesar 2,5 persen, menurut Bank Dunia.

El Salvador saat ini mencari pinjaman lain dari IMF, dan hingga awal Oktober, berutang kepada organisasi multilateral tersebut sebesar 107,7 juta dalam bentuk hak penarikan khusus. Dengan mengambil pinjaman baru, Kozack mengatakan Salvador berharap dapat menstabilkan gambaran ekonomi makronya dan bersedia menjalani reformasi ekonomi. 

Organisasi tersebut mengatakan negosiasi sedang berlangsung untuk meningkatkan cadangan likuiditas bank, meningkatkan keuangan publik, memastikan transparansi dan tata kelola yang baik, serta mengurangi risiko dari bitcoin.

Lipsus Bitcoin
Infografis bitcoin (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya