6 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Merawat Wajah

Disadari atau tidak, berikut ini kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat merawat wajah terutama mencuci muka.

oleh Liputan6 pada 28 Sep 2015, 00:10 WIB
Diperbarui 24 Mei 2018, 16:25 WIB
Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini Saat Merawat Wajah (IKLAN)
Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan saat merawat wajah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Debu, polusi, dan terik matahari dapat mengganggu kesehatan kulit terutama wajah, bagian yang cukup penting bagi para wanita untuk mendukung penampilan dan meningkatkan kepercayaan diri. Menjaga dan merawat wajah tetap bersih bukan hanya tugas wanita, pria pun wajib memperhatikan hal ini karena masalah kulit kering, berminyak dan jerawat di wajah juga terjadi pada pria.

Demi mendapatkan wajah bersih, sehat dan cerah, pria dan wanita melakukan perawatan wajah secara khusus. Namun dari perawatan kulit wajah yang dilakukan tersebut terutama saat mencuci muka, rupanya ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan. Jika dibiarkan, kesalahan ini dapat mengancam kesehatan kulit wajah.

Berikut 6 kesalahan yang sering terjadi saat merawat wajah terutama mencuci muka:

1. Memilih Produk yang Salah

Memilih produk yang salah bisa menyebabkan iritasi pada kulit, wajah menjadi kering dan berminyak. Secara
umum, facial wash yang bagus adalah facial wash yang bisa menghilangkan kotoran, make up dan keringat. Jadi, sebaiknya Anda kenali tipe kulit wajah Anda terlebih dahulu, lalu sesuaikan dengan facial wash yang tersedia di pasaran.

2. Tidak Mencuci Tangan

Menuangkan facial wash ke tangan yang tanpa dicuci terlebih dahulu, lalu mengusapnya ke wajah tidak akan membuat wajahmu bersih. Facial wash akan bercampur dengan kotoran dan bakteri dan akan berpindah ke wajah Anda. Jadi, sangat penting untuk Anda perhatikan, cuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci wajah Anda.

Selanjutnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1

3. Terlalu Sering Cuci Muka

Jika Anda pada satu hari tidak memakai make up dan pelembab atau tidak terlalu berkeringat, maka Anda cukup menggunakan facial wash saat mandi saja. Tidak perlu berlebihan dan sering mencuci muka karena akibatnya malah membuat wajah Anda semakin berminyak atau bahkan sebaliknya menjadi kering.

4. Mencuci Wajah Dengan Sabun Mandi

Sabun mandi untuk tubuh berbeda dengan sabun untuk wajah, tekstur kulit wajah jelas berbeda dengan kulit tubuh. Jadi, jangan gunakan sabun mandi untuk wajah karena memang kurang tepat peruntukannya. Meskipun bisa menghilangkan kotoran namun belum tentu dapat menyehatkan kulit wajah secara menyeluruh.

5. Membasuh dengan Air Panas

Jika Anda pernah mendengar kalau air panas berfungsi untuk membuka pori-pori dan air dingin menutup pori-pori, jangan dipercaya karena itu hanya mitos saja. Yang perlu Anda ketahui, pori-pori tidak punya otot untuk membuka dan menutup. Sebaiknya Anda menggunakan air bersuhu ruang untuk mencuci muka Anda. Air panas cenderung akan merusak minyak alami kulit.

6. Menggosok Muka dengan Handuk

Menggosok muka dengan handuk secara berlebihan dapat menyentak dan menarik kulit. Jadi sebaiknya, jika ingin mengeringkan wajah Anda, cukup dengan menepuk-nepuknya dengan lembut atau gunakan handuk yang lembut ya!

Jika Anda sering melakukan beberapa kesalahan di atas, yuk mulai sekaran ubah kebiasaan yang salah saat mencuci wajah dengan cara yang benar!

Bingung buat menemukan produk yang tepat, aman, dan murah untuk merawat wajah Anda? Sekarang dengan mudah Anda bisa temukan hanya di Bukalapak.com

(Adv/GR)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya