Dirundung Konflik, Ukraina Tetap Gelar Pemilu Presiden Hari Ini

Miliarder Petro Poroshenko disebut-sebut sebagai calon presiden favorit yang akan memenangkan pemilihan.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 25 Mei 2014, 10:40 WIB
Diterbitkan 25 Mei 2014, 10:40 WIB
Dirundung Konflik, Ukraina Tetap Gelar Pemilu Hari Ini
Pemilu di Ukraina. (BBC)

Liputan6.com, Moskow - Ukraina menggelar pemilihan presiden hari ini. Meski dirundung konflik pemberontakan yang dilancarkan para separatis pro-Rusia di wilayah Ukraina timur, mereka tetap akan melangsungkan hari paling penting dan bersejarah itu.

Perdana Menteri Arseniy Yatsenyuk menyerukan warga untuk mempertahankan Ukraina, yang sedang berada dalam kondisi kritis terkait perpecahan dengan separatis pro-Rusia.

"Pemilu ini akan menjadi ekspresi keinginan rakyat Ukraina dari barat, timur, utara dan selatan," kata Yatsenyuk seperti dikutip Liputan6.com dari BBC, Minggu (25/5/2014).

Momen pesta demokrasi itu pun menuai respons dari para pemberontak, yang akhirnya mengeluarkan peringatan bahwa pemungutan suara di benteng pertahanan mereka, di jantung industri di perbatasan Rusia, akan digagalkan.

"Jika perlu, kami akan kembali menggunakan kekerasan," kata pemimpin separatis dari Donetsk, Denis Pushilin.

Dalam pemilihan presiden yang diikuti 18 kandidat ini, miliarder Petro Poroshenko disebut-sebut sebagai calon presiden favorit yang akan memenangkan pemilihan. Dia bersaing ketat dengan mantan perdana menteri Yulia Tymoshenko.

Namun hasil sejumlah polling menunjukkan, kemungkinan akan terjadi pemilihan putaran kedua yang akan digelar pada 15 Juni mendatang. (Yus)

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya