13-9-1985: Lahirnya Game Super Mario Bross dari 'Perut' Nintendo

Masihkan Anda ingat dengan game yang karakternya bernama Mario dan Luigi? Permainan ini sudah berusia lawas.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 13 Sep 2014, 06:00 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2014, 06:00 WIB
13-9-1985: Lahirnya Game Super Mario Bross dari 'Perut' Nintendo
Game Super Mario Bros.

Liputan6.com, Tokyo - Masihkah Anda ingat dengan game yang karakternya bernama Mario dan Luigi? Permainan lawas yang kedua tokohnya berpakaian overall atau baju kodok berwarna merah dan hijau ini, tersohor dengan nama Super Mario Bros.

29 Tahun sudah Super Mario Bros lahir dari 'perut' Nintendo Entertainment System. Tepatnya tanggal 13 September pada 1985.

Dilansir dari berbagai sumber, kemunculan permainan berkarakter Mario-Luigi ini pun menjadi titik awal permainan sejenis.

Kehadiran game yang juga dikenal dengan sebutan Super Mario ini juga memberikan pengaruh bagi dunia hiburan. Khususnya yang bisa dinikmati di rumah.

Game ini pun dengan cepat menjadi salah satu permainan terlaris dengan penjualan lebih dari 40 juta kopi.

Permainan yang memiliki tampilan warna cerah dan alur cerita yang berkembang ini kemudian mengubah wajah industri permainan video. Dan dianggap sebagai pelopor permainan konsol sejenis.

Karena menyuguhkan tingkat yang berbeda pada setiap level permainannya, game Super Mario Bros ini menjadi salah satu standar dalam permainan video rumahan.

Sebelum terlahir dari Nintendo Entertainment System, game ini awalnya dirilis lebih dahulu di Jepang pada tanggal 13 September 1985. Dikenal sebagai Family Computer. Lalu menyusul dirilis di Eropa pada tanggal 15 Mei 1987, dan di Australia pada tahun yang sama. Periode ini adalah masa Super Mario versi pertama berjaya.

Keberhasilan Super Mario Bros menyebabkan kehadirannya di hampir setiap game konsol Nintendo. 

Pada tanggal yang sama namun tahun berbeda, yakni 13 September tahun 1851, merupakan hari lahir Walter Reed. Seorang dokter Angkatan Darat Amerika Serikat yang menemukan obat untuk penyakit kuning.

Lalu pada tahun tanggal yagn sama pada 1961, pesawat tanpa awak Mercury Capsule mengorbit dan dipantau oleh NASA. (Ans)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya