Sepeda Kayu Mendatangkan Rezeki Bagi David Habimana

David Habimana, seorang warga Kigali, Rwanda, mampu membuat sepeda dari kayu yang banyak diminati warga setempat. Dengan harga jual US$ 15 per sepeda, Habimana mampu membiayai pernikahannya.

oleh Liputan6 diperbarui 23 Nov 2001, 20:28 WIB
Diterbitkan 23 Nov 2001, 20:28 WIB
231101aLnSepeda.jpg
Liputan6.com, Kigali: Karena tak mampu membeli sepeda buatan Kongo seperti milik tetangganya, David Habimana, warga Kigali, Rwanda, baru-baru ini, mencoba membuat sepeda dari kayu. Di luar dugaan, banyak orang yang tertarik dengan sepeda buatannya yang unik itu. Dalam waktu singkat, sepeda kayu atau dalam bahasa setempat disebut ibi tsu gudu itu pun menjadi sumber penghidupan Habimana.

Awalnya, Habimana tak bermaksud memproduksi sepeda, namun hanya ingin meniru tetangganya yang mampu menghasilkan uang dari jasa mengantarkan barang dengan menggunakan sepeda. Walau tak memiliki keahlian di bidang perkayuan, pengalamannya dalam bidang pembuatan sepeda selama 10 tahun membuat Habimana dapat menghasilkan empat sampai lima sepeda kayu per bulan. Sampai-sampai, Habimana tak mempunyai waktu untuk membuat sepeda bagi dirinya karena banyaknya permintaan.

Dengan harga jual sekitar 7.000 Franc atau US$ 15 per sepeda, Habimana tidak pernah kehabisan pelanggan. Walhasil, Habimana mampu membiayai pernikahannya, selain mampu membeli tanah dan bibit tanaman untuk berladang.(PIN/Indri)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya