Eks Presiden Mesir Husni Mubarak Segera Bebas dari Penjara

Husni Mubarak akan dibebaskan dalam beberapa hari ke depan. Lalu apa yang akan dilakukan selanjutnya?

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 14 Mar 2017, 13:52 WIB
Diterbitkan 14 Mar 2017, 13:52 WIB
Eks Presiden Mesir Husni Mubarak. (CNN)
Eks Presiden Mesir Husni Mubarak. (CNN)

Liputan6.com, Kairo - Mantan Presiden Mesir Husni Mubarak akan segera dibebaskan. Informasi tersebut disampaikan oleh kantor berita resmi Mesir, al-Ahram.

"Kantor kejaksaan Mesir telah memerintahkan pembebasannya," demikian diberitakan kantor berita itu seperti dikutip dari CNN, Selasa (14/3/2017).

Pada 2 Maret, Mubarak dibebaskan atas tuduhan membunuh demonstran dalam pemberontakan Arab Spring pada 2011. Pengadilan Kasasi Mesir memberikan putusan itu dan membuat keputusan akhir untuk pembebasan.

Pengadilan Kasasi adalah pengadilan tertinggi untuk litigasi pidana di Mesir.

Meski bebas dari tuduhan pembunuhan massal, Mubarak dan anteknya dihukum atas korupsi.

Media pemerintah melaporkan pada Senin 13 Maret, Ibrahim Saleh selaku Jaksa Agung dari tim penuntut East Cairo, menerima permintaan Mubarak untuk memasukkan waktu yang dihabiskan menunggu sidang di penjara sebagai bagian dari hukumannya dalam kasus korupsi. 

Media pemerintah Mesir mengutip sumber-sumber pengadilan mengatakan, kini tidak ada kasus pengadilan yang tertunda terhadap Mubarak.

Mengutip pengacara Mubarak Farid al-Deeb, media Mesir melaporkan bahwa Husni Mubarak akan dibebaskan dalam beberapa hari ke depan. Pengacaranya mengatakan ia akan meninggalkan rumah sakit militer tempatnya ditahan, dan akan pulang ke rumahnya di lingkungan kelas atas Kairo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya