5 Fakta di Balik Mendiang Pemimpin Zimbabwe 3 Dekade Robert Mugabe

Inilah sejumlah fakta mengenai mantan perdana menteri dan presiden Zimbabwe yang meninggal dunia pada hari Jumat waktu setempat karena sakit yang diidapnya.

oleh Liputan6.com diperbarui 06 Sep 2019, 21:00 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2019, 21:00 WIB
Robert Mugabe menjadi penguasa Zimbabwe selama 37 tahun
Robert Mugabe menjadi penguasa Zimbabwe selama 37 tahun (AP Photo/Jerome Delay, File)

Liputan6.com, Jakarta Robert Mugabe lahir pada 21 Februari 1924 di Rhodesia (negara persemakmuran Inggris), yang pada saat itu belum tercetus nama Zimbabwe, karena masih berada di bawah kolonialisme Inggris.  

Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe meninggal dunia pada hari Jumat (6/9/2019) waktu setempat setelah berjuang melawan penyakit yang dideritanya selama ini. Ia wafat pada usia 95 tahun, dan diyakini meninggal dunia di Singapura.

Mugabe diketahui menjalani pengobatan untuk mengobati penyakit yang diidapnya selama ini, berulang kali ia harus bepergian ke Singapura untuk menjalani perawatan medis atas penyakitnya.

Robert Mugabe sendiri adalah mantan perdana menteri dan presiden Zimbabwe yang memiliki kiprah karir politik yang panjang selama hidupnya, dengan mendirikan partai Zanu-PF yang telah dipimpinnya lebih dari tiga dekade. 

Terlepas dari itu, berikut adalah beberapa fakta yang telah dirangkum oleh Liputan6.com mengenai Robert Mugabe dari berbagai sumber.

 

Penulis: Hugo Dimas

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pernah dipenjara lebih dari satu dekade tanpa peradilan karena mengkritik pemerintahan Rhodesia (persemakmuran Inggris). Ditahan sejak tahun 1964 sampai tahun 1975.

Ilustrasi penjara (AFP)
Ilustrasi penjara (AFP)

2. Memerintah Zimbabwe lebih dari tiga dekade, ia memimpin Zimbabwe selama 37 tahun. Tahun 1980-1987 ia menjadi perdana menteri pertama, kemudian tahun 1987-2017 ia menjadi presiden Zimbabwe.

Mantan pemimpin Zimbabwe Robert Mugabe yang meninggal di usia 95 tahun. (AFP)
Mantan pemimpin Zimbabwe Robert Mugabe yang meninggal di usia 95 tahun. (AFP)

3. Dikudeta di akhir masa kepemimpinannya sebagai presiden ZImbabwe tahun 2017. Ia dipaksa untuk mengundurkan diri dari kursi pimpinan partai Zanu-PF dan presiden, setelah ia memecat wakil presidennya, Emmerson Mnangagwa.

Presiden Zimbabwe Robert Mugabe pada upacara pelantikannya di State house di Harare, Zimbabwe, 2008. (Tsvangirayi Mukwazhi / AP)
Presiden Zimbabwe Robert Mugabe pada upacara pelantikannya di State house di Harare, Zimbabwe, 2008. (Tsvangirayi Mukwazhi / AP)

4. Menikah lebih dari satu kali. Selang kepergian istri pertamanya pada tahun 1992, Mugabe kemudian menikahi mantan sekretarisnya pada tahun 1996.

Ilustrasi Menikah
Ilustrasi menikah (dok. Pixabay.com/Putu Elmira)

5. Gagal mengatasi permasalahan ekonomi negara Zimbabwe. Mugabe tidak mampu mengatasi krisis ekonomi yang berlanjut di Zimbabwe, hingga negara tersebut mengalami hiperinflasi sampai tahun 1995.

Rupiah Menguat Tipis atas Dolar
Pekerja bank menghitung uang dollar AS di Jakarta, Jumat (20/10). Pagi ini, Rupiah dibuka di Rp 13.509 per USD atau menguat tipis dibanding penutupan perdagangan sebelumnya di Rp 13.515 per USD. (Liputan6.com/Angga Yuniar)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya