Pemakaman Qasem Soleimani di Kerman, Kampung Halamannya Dipenuhi Pelayat

Qasem Soleimani dimakamkan hari ini, 7 Januari 2020. Kerman, kampung halamannya kini dipenuhi oleh pelayat yang ikut menghadiri pemakaman tersebut.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 07 Jan 2020, 15:00 WIB
Diterbitkan 07 Jan 2020, 15:00 WIB
Ratusan Ribu Pelayat Iringi Pemakaman Jenderal Iran Qasem Soleimani
Pelayat mengelilingi peti mati Jenderal Qasem Soleimani dan sejumlah orang yang tewas dalam serangan Amerika Serikat di Teheran, Iran, Senin (6/1/2020). Ratusan ribu orang memenuhi jalanan Teheran untuk mengikuti prosesi pemakaman tersebut. (AP Photo/Ebrahim Noroozi)

Liputan6.com, Kerman - Sejumlah besar pelayat berpakaian hitam telah memberikan penghormatan terakhir kepada Jenderal Militer Iran Qasem Soleimani menjelang pemakamannya.

Soleimani tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di Irak pada Jumat 3 Januari 2020, atas perintah Presiden Donald Trump.

Dilaporkan oleh BBC, Selasa (7/1/2020), jasadnya kini telah tiba di kota asalnya, Kerman, di Iran tenggara, tempat ia dimakamkan pada Selasa pagi.

Kerumunan masyarakat dalam jumlah besar sudah muncul untuk prosesi pemakaman di Tehran.

Iran telah bersumpah akan melakukan "balas dendam berat" atas kematian Soleimani dan pada hari Minggu dengan langkah pertama yaitu mundur dari perjanjian nuklir 2015.

Soleimani, 62, mengepalai Pasukan Quds elit Iran, ditugaskan untuk melindungi dan meningkatkan pengaruh Iran di Timur Tengah.

Di tanah airnya, Soleimani dipuji sebagai pahlawan nasional dan secara luas dianggap sebagai orang paling kuat kedua di negara di belakang Pemimpin Tertinggi Khamenei.

Tetapi tidak semua orang Iran melihatnya dalam sudut pandang positif yang sama.

Dia juga merupakan seorang garis keras dan kekuatan yang dominan dalam rezim. Ia merupakan tokoh yang menembak mati banyak pengunjuk rasa pada akhir 2019.

Dia juga menghabiskan banyak uang untuk membangun aliansi dan milisi di Libanon, Yaman, Irak dan Suriah pada saat sanksi AS memiskinkan banyak orang Iran.

AS melihatnya sebagai seorang teroris, dan Presiden Trump mengatakan Soleimani merencanakan serangan "segera" terhadap diplomat dan personil militer AS.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya