Top 3: Jurus Singapura Lawan COVID-19 hingga Virus Corona di Indonesia Disorot Dunia

Kabar mengenai masuknya Virus Corona COVID-19 tak hanya menjadi perhatian masyarakat Indonesia, namun juga publik dunia.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 03 Mar 2020, 12:27 WIB
Diterbitkan 03 Mar 2020, 12:27 WIB
2 Orang di Indonesia Positif Virus Corona, Para Pekerja Banyak Kenakan Masker
Sejumlah karyawan menggunakan masker saat beraktifitas di luar kantor di Jakarta, Senin (2/3/2020). Usai diumukan Presiden Jokowi bahwa ada 2 WNI yang terkena virus corona, banyak para pekerja menggunakan masker saat beraktifitas. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Kasus infeksi Virus Corona COVID-19 di Indonesia dilaporkan sudah memasuki data peta persebaran Virus Corona, yaitu Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. Kabar tersebut menjadi berita populer di antara pembaca kanal Global Liputan6.com hari ini.

Isu Indonesia mengkonfirmasi kasus pertama positif Virus Corona juga menjadi sorotan sejumlah negara di dunia.

Berita lain yang menarik perhatian pembaca lainnya adalah jurus atau upaya yang diterapkan Singapura menangani Virus Corona COVID-19, yang dikatakan perlu dicontoh oleh Indonesia. 

Berikut selengkapnya dalam 3 artikel terpopuler kanal Global Liputan6.com edisi Selasa, (3/2/2020):

Saksikan Video Berikut Ini:


1. Indonesia Masuk Daftar Peta Persebaran Virus Corona COVID-19 di Dunia

Peta persebaran Virus Corona COVID-19 di Dunia. Termasuk di antaranya sejumlah negara Asia yang kini Indonesia masuk dalam daftar tersebut. (gisanddata.maps.arcgis.com)
Peta persebaran Virus Corona COVID-19 di Dunia. Termasuk di antaranya sejumlah negara Asia yang kini Indonesia masuk dalam daftar tersebut. (gisanddata.maps.arcgis.com)

Salah satu negara di Asia, kembali dilaporkan terinfeksi Virus Corona. Indonesia kini masuk daftar peta persebaran COVID-19, Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE.

Mengutip gisanddata.maps.arcgis.com, Senin (2/3/2020), dalam daftar tersebut Indonesia disebutkan dengan data berikut:

  • Indonesia Confirmed: 2
  • Deaths: 0
  • Recovered: 0
  • Existing: 2

Baca selengkapnya...


2. Kasus Pertama Virus Corona di Indonesia Jadi Sorotan Dunia

Jokowi Buka Raker Kepala Perwakilan RI di Istana Negara
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan saat membuka Rapat Kerja (Raker) Kepala Perwakilan RI dengan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) di Istana Negara‎, Kamis (9/1/2020). Pembukaan Raker ditandai dengan pemukulan gong oleh Jokowi didampingi Menlu Retno Marsudi. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Jokowi mengonfirmasi adanya dua orang di Indonesia yang positif terjangkit Virus Corona. Kabar yang tengah ramai diperbincangkan masyarakat dalam negeri ini ternyata juga menyita perhatian dunia internasional.

Pasalnya, Virus Corona tengah menjadi ancaman bagi masyarakat dunia. Seakan-akan tiap negara di dunia hanya tinggal menunggu giliran saja.

Situs berita Straits times dari Singapura misalnya. Dalam artikel berjudul "Indonesia confirms two coronavirus cases: President Jokowi" menegaskan bahwa kepala negara Indonesia yang menyampaikan informasi tersebut.

Baca selengkapnya...


3. Transparansi, Jurus Singapura Tangani Virus Corona Perlu Dicontoh Indonesia

Antisipasi Virus Corona di Stasiun Gambir
Calon penumpang kereta api mengenakan masker saat berada di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (31/01). Dalam rangka pencegahan Virus Corona, PT Kereta Api Indonesia (persero) melakukan sosialisasi kepada penumpang dengan membagi-bagikan masker di stasiun Gambir. (merdeka.com/Imam Buhori)

Presiden Jokowi telah mengonfirmasi dua kasus positif Virus Corona COVID-19 di Indonesia pada Senin (2/3/2020). Dalam menangani pasien Virus Corona, Indonesia bisa belajar dari Singapura yang langkahnya telah diapresiasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). 

"Kami sangat terkesan dengan upaya yang mereka (Singapura) lakukan untuk menemukan setiap kasus, menindaklanjuti dengan kontak dan menghentikan transmisi," kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Selasa 18 Februari.

Duta besar RI untuk Singapura I Gede Ngurah Swajaya mengungkap tiga hal yang bisa dicontoh dari pemerintah Singapura dalam menghadapi wabah Virus Corona ini.

Baca selengkapnya...

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya