Tensi dengan AS Masih Panas, Siapa Capres Jagoan China di Pemilu 2020?

Dalam pemilu AS pada 3 November mendatang, capres mana yang akan menjadi kandidat jagoan bagi China?

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 20 Okt 2020, 14:34 WIB
Diterbitkan 20 Okt 2020, 14:34 WIB
Bendera AS dan China berkibar berdampingan (AP/Andy Wong)
Bendera AS dan China berkibar berdampingan (AP/Andy Wong)

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan presiden AS telah lama menjadi sumber intrik dan gangguan bagi para penguasa Partai Komunis China.

Sebagai praktik demokrasi paling penting di planet ini, praktik ini selalu diikuti oleh pejabat pemerintah di Beijing. Tetapi sebagai pengingat potensial tentang betapa sedikit pilihan yang diberikan 1,4 miliar orang untuk masa depan politik mereka sendiri, liputan media di China dikontrol dengan ketat.

Namun kali ini, dalam pemilihan AS yang ditentukan oleh pandemi yang masih terus meningkat, lanskap ekonomi yang hancur, dan polarisasi politik yang dalam, China merasakan bahwa ada sesuatu yang telah berubah. Demikian seperti mengutip laman BBC, Selasa (20/10/2020).

Bukan otoriterisme China, melainkan demokrasi Barat yang tiba-tiba tampaknya menghadapi krisis legitimasi.

Ekonomi paling bebas dan terkaya di dunia, yang pernah dianggap berada pada posisi yang jauh lebih baik untuk melawan virus dengan alat transparansi dan akuntabilitasnya, telah gagal.

Sementara China, meskipun awalnya menutup-nutupi pemikiran untuk mengungkap kelemahan inherennya, telah terus menggunakan kekuatan menyapu dari negara kesatuan, negara pengawas untuk menguji dan mengkarantina orang sesuka hati secara massal dan dengan efek yang besar.

Pabrik, toko, restoran, sekolah, dan universitas semuanya telah kembali dibuka, jumlah penumpang angkutan umum hanya sedikit di bawah rata-rata, dan itu adalah satu-satunya aspek dari ekonomi besar yang diperkirakan akan tumbuh, bukannya menyusut tahun ini.

Ini semua telah dilakukan tanpa adanya debat publik - pada kenyataannya, penyensoran berat telah memastikan sebaliknya - dan tanpa seorang pun diizinkan memberikan suara yang berarti untuk atau menentang pembuat keputusan mana pun, di tingkat pemerintahan mana pun.

Perasaan bahwa sesuatu yang fundamental dipertaruhkan, dengan disparitas yang sekarang membawa bantuan tajam bukan pada kelemahan nilai-nilai politik China tetapi keunggulan mereka, langsung menuju ke puncak.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:


Ingin Trump Menang Atau Kalah?

Presiden AS Donald Trump didampingi Presiden China Xi Jinping saat upacara penyambutannya di Beijing
Presiden AS Donald Trump didampingi Presiden China Xi Jinping saat upacara penyambutannya di Beijing (AP Photo/Andrew Harnik)

Para pemimpin China mungkin memiliki perasaan yang berkembang bahwa demokrasi AS telah melewati tanggal penjualan, tetapi jika mereka harus mengungkapkan pilihan, mungkinkah mereka juga senang melihat dukungan dari Donald Trump?

Itu tentu saja penilaian komunitas intelijen AS yang telah menyimpulkan bahwa ketidakpastian Trump, dan kritik kerasnya terhadap Beijing, membuat kepemimpinan Partai Komunis lebih suka dia kalah.

Tetapi Profesor Yan Xuetong, Dekan Institut Hubungan Internasional di Universitas Tsinghua Beijing tidak setuju.

"Jika Anda bertanya kepada saya tentang di mana letak kepentingan China," katanya, "preferensi akan ke Trump daripada Biden".

"Bukan karena Trump akan melakukan lebih sedikit kerusakan pada kepentingan China daripada Biden, tetapi karena dia pasti akan lebih merusak AS daripada Biden.

"Ini adalah tanda seberapa jauh hal-hal telah memburuk dari gagasan tentang ikatan ekonomi yang lebih erat untuk keuntungan bersama.

Pengamat China yang terkemuka sekarang siap untuk menyatakan secara terbuka bahwa kemunduran AS, baik secara ekonomi maupun politik, adalah bagian dari kepentingan China sebagai kekuatan yang sedang bangkit.

Sementara beberapa pengamat berpendapat bahwa kepercayaan China pada akhir dominasi global AS sudah ada sebelum pandemi dan Presiden Trump menjadi alasannya.

Dari perspektif ini, Donald Trump adalah pilihan yang lebih baik, bukan karena dukungannya terhadap cita-cita demokrasi, tetapi justru karena ia sering terlihat menolak atau meremehkannya.

Serangannya terhadap pers bebas, misalnya, telah menjadi musik di telinga negara Tiongkok yang sangat memusuhi pengawasan independen dan berniat untuk membengkokkan internet lebih jauh sesuai keinginannya.

Dan sementara pemerintahannya semakin kritis terhadap China atas hak asasi manusia, motivasinya sendiri tampaknya didorong oleh pertimbangan perdagangan dan keuntungan ekonomi yang jauh lebih sempit. 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya