231 Penumpang Pesawat United Airlines Selamat Usai Mesin Terbakar di Bandara Denver

Mesin pesawat United Airlines terbakar saat lepas landas di Bandara Denver. Sebanyak 231 penumpang selamat.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 22 Feb 2021, 11:38 WIB
Diterbitkan 22 Feb 2021, 11:30 WIB
Ilustrasi pesawat (iStock)
Ilustrasi pesawat (iStock)

Liputan6.com, Denver - Mesin pesawat Boeing 777 milik United Airlines dilaporkan terbakar saat pesawat lepas landas di Denver, Amerika Serikat, pada Sabtu (20/2) waktu setempat.

Seluruh 231 penumpang dan 10 kru dilaporkan selamat setelah mendarat darurat. Sementara, bagian-bagian debris pesawat ada yang berjatuhan di perumahan.

Penumpang yang berada di pesawat bercerita bahwa adanya ledakan besar saat kapal baru lepas landas.

"Pesawatnya mulai bergetar dengan kasar, dan kita kehilangan ketinggian, dan kita mulai menurun," ujar penumpang bernama David Delucia kepada BBC, dilansir Senin (22/2/2021).

David pun sudah siap kemungkinan terburuk dengan menaruh dompet di kantung mereka sehingga dapat diidentifikasi.

Pesawat tersebut rencananya terbang ke Honolulu. Federal Aviation Administration (FAA) berkata pesawat mengalami masalah di right-hand engine.

FAA berkata telah meninjau semua data keselamatan pasca-insiden terjadi. Mereka lantas meminta agar inspeksi pada hollow fan blades di pesawat Boeing 777 harus diperkuat.

Sementara, National Transportaion Safety Board menyebut mayoritas kerusakan ada di mesin sebelah kanan dan dua fan blades rusak, dan blades lainnya juga terdampak. Bodi utama pesawat hanya terkena kerusakan ringan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Jepang Larang Boeing 777

Ilustrasi
Ilustrasi pesawat terbang. (dok. unsplash.com/Asnida Riani)

Pemerintah Jepang telah meminta semua maskapai yang mengoperasikan Boeing 777 dengan jenis mesin Pratt & Whitney 4000 yang sama agar tidak masuk wilayah udara Jepang.

Pihak Boeing berkata mendukung keputusan Jepang dan telah merekomendasikan suspensi operasional semua 777 dengan mesin tersebut, sementara investigasi masih berlanjut.

Pihak manufaktur berkata ada 69 Boeing 777 yang menggunakan mesin ini di seluruh dunia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya