Ceko Buka Kantor Diplomatik di Yerusalem, Palestina dan Liga Arab Geram

Otoritas Palestina (PA) dan Liga Arab telah mengutuk pembukaan kantor diplomatik Republik Ceko di Yerusalem, menyebutnya sebagai pelanggaran hukum internasional.

oleh Hariz Barak diperbarui 14 Mar 2021, 15:02 WIB
Diterbitkan 14 Mar 2021, 15:02 WIB
Ilustrasi Bendera Israel dan Yerusalem (AFP)
Ilustrasi Bendera Israel dan Yerusalem (AFP)

Liputan6.com, Yerusalem - Otoritas Palestina (PA) dan Liga Arab telah mengutuk pembukaan kantor diplomatik Republik Ceko di Yerusalem sebagai pelanggaran hukum internasional.

Praha membuka cabang Yerusalem dari kedutaan Israel-nya, yang terletak di Tel Aviv, pada hari Kamis 11 Maret 2021.

Peresmian ini dihadiri oleh Perdana Menteri Ceko Andrej Babis, dua minggu setelah Israel mengirim 5.000 dosis vaksin Moderna COVID-19 ke Republik Ceko di bawah program "diplomasi vaksin" yang kemudian berada di bawah pengawasan hukum dan dibekukan.

Kementerian luar negeri Palestina pada Sabtu 13 Maret 2021 menyebut langkah Praha sebagai "serangan terang-terangan terhadap rakyat Palestina dan hak-hak mereka, pelanggaran hukum internasional yang sangat penting", dan mengatakan itu akan membahayakan prospek perdamaian.

Di Kairo, Sekretaris Jenderal Liga Arab Ahmed Aboul Gheit mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Status hukum Yerusalem akan dipengaruhi oleh keputusan satu negara atau negara lain untuk membuka kantor perwakilan. Yerusalem Timur adalah tanah yang diduduki berdasarkan hukum Internasional."

Menekankan bahwa kantor Yerusalem bukanlah kedutaan besar, Kementerian Luar Negeri Ceko mengatakan itu dimaksudkan untuk memperkuat kemitraan strategis Praha dengan Israel dan meningkatkan layanan bagi warga Ceko di sana.

"Pembentukan kantor tidak berdampak pada kemauan Republik Ceko untuk lebih mengembangkan hubungan politik dan ekonomi dengan Otoritas Palestina," katanya.

Yerusalem tetap menjadi jantung konflik Timur Tengah selama beberapa dekade, dengan PA bersikeras Yerusalem Timur --yang diduduki secara ilegal oleh Israel sejak 1967-- harus berfungsi sebagai ibu kota negara Palestina.

Simak video pilihan berikut:


Israel, Mitra Strategis Ceko

Ilustrasi Yerusalem (iStock)
Ilustrasi Yerusalem (iStock)

Berbicara di samping Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada Kamis 11 Maret, Babis mengatakan Praha adalah "mitra strategis" Israel, mengingat bagaimana setelah 1948 Cekoslowakia membantunya mempertahankan kemerdekaannya yang baru ditemukan dengan mengirim pengiriman pesawat tempur.

Pada acara peresmian, Babis mengatakan itu "mewakili tonggak lain dalam kerja sama kami, itu memberikan bukti bahwa kita melihat pentingnya kota besar ini".

Hanya dua negara yang memiliki kedutaan besar penuh di Yerusalem: Amerika Serikat --setelah mantan Presiden AS Donald Trump memecahkannya dengan mengubah kebijakan AS selama beberapa dekade untuk mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel-- dan Guatemala.

Republik Ceko adalah salah satu pendukung terkuat Israel di Uni Eropa.

Meskipun secara resmi mendukung solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina, itu dinamai dalam keputusan pra-persidangan Mahkamah Pidana Internasional bulan lalu sebagai salah satu negara yang mendukung argumen Israel bahwa pengadilan tidak boleh menyelidiki kejahatan perang di wilayah Palestina yang diduduki.

Babis mengatakan pada Kamis 11 Maret bahwa negaranya menganggap keputusan ICC untuk melanjutkan penyelidikan sebagai "hal yang disayangkan," menambahkan: "Meskipun kami menghormati independensi pengadilan, Republik Ceko tidak menganggap Palestina sebagai negara, oleh karena itu pengadilan tidak memiliki yurisdiksi atasnya."

Bulan lalu, Israel dan Kosovo menjalin hubungan diplomatik, dengan negara mayoritas Muslim mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Pada saat itu, menteri luar negeri Israel mengatakan dia telah menyetujui "permintaan formal Kosovo untuk membuka kedutaan besar di Yerusalem".

Kosovo juga mengatakan siap untuk mendirikan misi Israel di Yerusalem, dengan imbalan pengakuan Israel, karena berusaha untuk lebih melegitimasi deklarasi kemerdekaannya tahun 2008 dari Serbia dan negara bagian.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya