Serangan Bom Taliban di Kabul Tewaskan Pilot AU Afghanistan

Seorang pilot Angkatan Udara Afghanistan tewas akibat serangan bom di Kabul - Taliban mengklaim bertanggung jawab.

oleh Natasha Khairunisa Amani diperbarui 08 Agu 2021, 09:00 WIB
Diterbitkan 08 Agu 2021, 09:00 WIB
Pasukan keamanan mengambil bagian dalam operasi yang sedang berlangsung melawan militan Taliban di distrik Arghandad di Provinsi Kandahar, Afghanistan, 2 November 2020.
Pasukan keamanan mengambil bagian dalam operasi yang sedang berlangsung melawan militan Taliban di distrik Arghandad di Provinsi Kandahar, Afghanistan, 2 November 2020. (Foto: AP)

Liputan6.com, Kabul - Seorang pilot Angkatan Udara Afghanistan tewas akibat serangan bom di Kabul pada Sabtu (7/8) waktu setempat.

Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Dikutip dari Channel News Asia, Minggu (8/8/2021) pilot Aghanistan, bernama Hamidullah Azimi, tewas ketika bom yang dipasang di pesawatnya meledak, menurut pejabat setempat. 

Lima warga sipil juga terluka akibat ledakan itu.

Komandan Angkatan Udara Afghanistan, Abdul Fatah Eshaqzai, mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Azimi dilatih untuk menerbangkan helikopter UH-60 Black Hawk buatan Amerika Serikat dan telah bertugas di militer negaranya selama hampir empat tahun.

Dia telah pindah ke Kabul bersama keluarganya setahun lalu karena ancaman keamanan, tambah Eshaqzai.

Juru bicara Taliban, Zabihullah Muhajid mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Taliban melakukan serangan itu.

Taliban telah mengkonfirmasi sebuah program yang menargetkan pilot Afghanistan yang dilatih AS "dihilangkan".

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


AU Afghanistan Kekurangan Dukungan Lawan Serangan Militan

Bom Mobil Taliban Tewaskan Empat Orang di Afganistan
Pasukan keamanan Afghanistan berada di lokasi sehari setelah serangan di Kabul, Afghanistan (15/1). Menurut pejabat setempat, seorang pembom bunuh diri Taliban meledakkan kendaraan bermuatan bahan peledak pada Senin malam. (AP Photo/Rahmat Gul)

Kematian Azimi terjadi hanya beberapa hari setelah Inspektur Jenderal Khusus untuk Rekonstruksi Afghanistan (SIGAR), dalam sebuah laporan kepada Kongres AS, mengatakan penargetan pilot oleh Taliban yang diamati oleh kantor berita Reuters adalah "perkembangan yang mengkhawatirkan" lainnya untuk Angkatan Udara Afghanistan karena terhuyung-huyung dari lonjakan kekerasan.

Dalam laporan triwulanannya yang mencakup periode tiga bulan hingga Juni 2021, SIGAR menyebut angkatan udara Afghanistan semakin tertekan dan menjadi kurang siap untuk bertempur.

Armada helikopter UH-60 Black Hawk memiliki tingkat kesiapan 39 persen pada bulan Juni, sekitar setengah dari tingkat kesiapan pada bulan April dan Mei.

“Semua platform pesawat dikenai pajak karena meningkatnya permintaan untuk dukungan udara jarak dekat, intelijen, pengawasan, misi pengintaian dan pasokan udara sekarang karena (militer Afghanistan) sebagian besar tidak memiliki dukungan udara AS," sebut laporan itu.


Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19

Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19
Infografis 8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah COVID-19 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya