30 September 1947: World Series Disiarkan di TV Untuk Pertama Kalinya

World Series yang pertama kali disiarkan di TV adalah turnamen baseball antara New York Yankees dan Brooklyn Dodgers

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Sep 2021, 06:00 WIB
Diterbitkan 30 Sep 2021, 06:00 WIB
Pemain New York Yankees pada tahun 1960 (wikimedia commons)
Pemain New York Yankees pada tahun 1960 (wikimedia commons)

Liputan6.com, Washington D.C - Pada tanggal 30 September 1947, New York Yankees mengalahkan Brooklyn Dodgers, 5-3, di Game 1 World Series—game Fall Classic pertama yang disiarkan di televisi.

Yang dimaksud adalah "Seri Kereta Bawah Tanah" kedua antara dan Yankees dan Dodgers dan World Series pertama yang melibatkan pemain kulit hitam. Jackie Robinson dari Dodgers memecahkan penghalang warna Major League Baseball enam bulan sebelumnya.

Sementara Red Barber dan Mel Allen menyebut permainannya di radio, Bob Stanton menggambarkan aksinya di NBC.

Dilansir dari laman History, Selasa (28/9/2021), pada 1939, pertandingan Major League Baseball musim reguler pertama disiarkan di TV, dan pada tahun 1947, saat itu, televisi masih menjadi barang mewah.

Kurang dari 50.000 TV digunakan di Amerika Serikat, sebagian besar ada di bar, restoran, atau klub swasta di kota-kota besar di Pantai Timur.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Siaran Pertama Tak Berjalan Mulus

Ilustrasi TV Foto oleh Huỳnh Đạt dari Pexels
Ilustrasi TV Foto oleh Huỳnh Đạt dari Pexels

Sebaliknya, jutaan penggemar mengikuti permainan di radio. Lebih dari 73.000 penggemar menghadiri Game 1 di Yankee Stadium.

Siaran pertama cacat, karena sinar matahari dan bayangan mengaburkan pandangan kamera NBC, dan peralatan jaringan yang baru dan peralatan yang besar serta tidak praktis rusak.

The Dodgers kalah dalam Seri Dunia 1947 dari Yankees dalam tujuh pertandingan.

Seri Dunia pertama yang disiarkan dalam warna datang pada tahun 1955, ketika Dodgers dan Yankees bertemu lagi. Dodgers mengalahkan Yankees musim itu untuk satu-satunya kejuaraan mereka saat mereka berbasis di Brooklyn.

 

Reporter: Ielyfia Prasetio

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya