UNICEF: Lebih dari 1 Juta Anak Tinggalkan Ukraina Sejak Awal Invasi

UNICEF melaporkan bahwa terdapat lebih dari satu juta anak meninggalkan Ukraina.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 10 Mar 2022, 08:30 WIB
Diterbitkan 10 Mar 2022, 08:30 WIB
FOTO: 2 Juta Orang Melarikan Diri dari Ukraina
Seorang wanita memegang tangan anak-anak saat turun dari kereta api dari Ukraina di stasiun di Zahony, Hungaria, 8 Maret 2022. PBB mengatakan, serangan gencar Rusia telah memaksa lebih dari 2 juta orang meninggalkan Ukraina. (AP Photo/Darko Vojinovic)

Liputan6.com, Kiev - Lebih dari 1 juta anak telah meninggalkan Ukraina ke negara-negara tetangga dalam waktu kurang dari dua minggu sejak Rusia memulai invasinya ke Ukraina, kata kepala Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) pada Rabu (9 Maret).

Sedikitnya 37 anak tewas dan 50 lainnya terluka, kata Direktur Eksekutif Catherine Russell dalam sebuah pernyataan.

Russell mengatakan bahwa dia "ngeri" dengan laporan serangan terhadap rumah sakit anak-anak di kota Mariupol Ukraina, di mana para pejabat mengatakan serangan udara Rusia mengubur pasien di bawah puing-puing meskipun ada gencatan senjata yang disepakati. Demikian seperti dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (10/3/2022).

"Serangan ini, jika dikonfirmasi, menggarisbawahi korban mengerikan yang ditimbulkan perang ini pada anak-anak dan keluarga Ukraina," kata Russell.

Pemboman, yang oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy disebut sebagai "kekejaman", terjadi meskipun ada kesepakatan gencatan senjata untuk memungkinkan ribuan warga sipil yang terperangkap di kota untuk melarikan diri.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Nasib Pengungsi

Menengok Pengungsi Ukraina di Ceko
Relawan Ceko bermain dengan anak-anak pengungsi Ukraina di pusat bantuan regional di Pusat Kongres Praha di Pusat Kongres Praha di Praha, Republik Ceko (7/3/2022). Ceko merupakan salah satu dari 17 negara yang memberi bantuan langsung kepada Ukraina untuk melawan Rusia. (AFP/Michal Cizek)

Lebih dari 2 juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan invasi pada 24 Februari.

Moskow menyebut tindakannya sebagai "operasi militer khusus" untuk melucuti senjata tetangganya dan mengusir para pemimpin yang disebutnya "neo-Nazi".

Sebagian besar dari mereka yang melarikan diri adalah wanita dan anak-anak, karena pria dengan kondisi sehat telah diperintahkan oleh pemerintah Kyiv untuk tinggal di rumah untuk berperang.

Perang telah dengan cepat membuat Rusia terkucil secara ekonomi serta menarik kecaman internasional yang hampir universal. Amerika Serikat pada hari Selasa melarang impor minyak Rusia, sementara perusahaan-perusahaan Barat dengan cepat menarik diri dari pasar Rusia.


Infografis Presiden Ukraina Geram Ditolak NATO:

Infografis Presiden Ukraina Geram Ditolak NATO
Infografis Presiden Ukraina Geram Ditolak NATO (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya