Pasukan Ukraina Berhasil Rebut Kembali Irpin, Kota Tetangga Kiev

Ukraina terus mencoba untuk merebut kembali wilayahnya.

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 29 Mar 2022, 16:01 WIB
Diterbitkan 29 Mar 2022, 16:01 WIB
Satu Bulan Invasi Rusia ke Ukraina, Tiga Juta Orang Mengungsi
Kerabat dan teman berkabung di pemakaman sersan polisi senior Roman Rushchyshyn di desa Soposhyn, pinggiran Lviv, Ukraina barat, Kamis, 10 Maret 2022. Rushchyshyn, seorang anggota Batalyon Patroli Polisi Khusus Lviv, terbunuh di Wilayah Luhansk. (AP Photo/Bernat Armangue)

Liputan6.com, Irpin - Pasukan Ukraina pada Senin (28/3) berhasil merebut kembali Kota Irpin di pinggiran Kiev dari invasi tentara Rusia.

"Kami punya kabar baik hari ini. Irpin telah dibebaskan," kata walikota, Oleksandr Markushyn.

Seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat mengatakan bahwa Ukraina “terus mencoba untuk merebut kembali wilayahnya,” dan kota timur Trostyanets, selatan Sumy, juga kembali ke tangan mereka, demikian dikutip dari laman Arab News, Selasa (29/3/2022).

Sementara itu, pembicaraan damai tatap muka akan dilanjutkan di Istanbul pada Selasa (29/3) untuk pertama kalinya sejak pertemuan sengit antara para menteri luar negeri pada 10 Maret.

“Saya tidak berpikir akan ada terobosan pada masalah utama,” kata penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina Vadym Denysenko.

Tidak ada tanda-tanda istirahat bagi warga sipil di kota-kota Ukraina yang terkepung, terutama pelabuhan Mariupol yang hancur, yang walikotanya mengatakan 160.000 orang masih terperangkap di dalam dan Rusia menghalangi upaya untuk mengevakuasi mereka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Upaya Perluasan Wilayah Tentara Rusia

Kondisi Kota Trostyanets Usai Direbut Kembali Ukraina
Warga berjalan di atas puing-puing bangunan yang hancur di kota Trostsyanets, Ukraina, Senin, 28 Maret 2022. Trostsyanets baru-baru ini direbut kembali oleh pasukan Ukraina setelah dikuasai oleh Rusia sejak awal perang. (AP Photo/Felipe Dana)

Militer Rusia pekan lalu mengatakan, akan berkonsentrasi pada perluasan wilayah yang dikuasai oleh separatis di Donbas, tetapi Ukraina mengatakan tidak melihat tanda-tanda Rusia telah menyerahkan rencana untuk mengepung ibu kota.

Walikota Kiev, Vitali Klitschko, mengatakan 100 orang telah tewas, termasuk empat anak-anak, dan 82 gedung bertingkat telah diratakan, tetapi kota itu dilaporkan tidak menyerah.

“Kami telah menghancurkan mitos tentara Rusia yang tak terkalahkan,” kata Klitschko.

“Kami melawan agresi salah satu tentara terkuat di dunia dan telah berhasil membuat mereka mengubah tujuan mereka.”


Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya