Korea Selatan Deteksi Suara Tembakan Diduga dari Korea Utara

Militer Korea Selatan mendeteksi adanya suara tembakan yang diduga berasal dari Korea Utara.

oleh Benedikta Miranti T.V diperbarui 11 Jul 2022, 10:00 WIB
Diterbitkan 11 Jul 2022, 10:00 WIB
Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik
Orang-orang menonton TV yang menampilkan file gambar peluncuran rudal Korea Utara selama program berita di Stasiun Kereta Seoul, Korea Selatan, Selasa (11/1/2022). Pekan lalu, Korut mengklaim berhasil melakukan uji coba rudal hipersonik, yang pertama sejak Oktober 2021 lalu (AP Photo/Ahn Young-joon)

Liputan6.com, Jakarta - Militer Korea Selatan mengatakan pada hari Minggu (10 Juli) bahwa mereka telah mendeteksi lintasan dari apa yang tampaknya merupakan tembakan yang ditembakkan oleh Korea Utara, mungkin dari beberapa peluncur roket (MLR).

Dilansir laman Channel News Asia, Senin (11/7/2022), Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengumumkan bahwa tembakan terdeteksi setelah pukul 6 sore dan bahwa militer telah memperkuat tingkat pengawasan dan siaga, tanpa menyebutkan tanggapan lebih lanjut.

Korea Utara sering menguji tembak MLR selama latihan militer, dan dalam beberapa tahun terakhir juga telah mengembangkan versi yang lebih besar dari roket semacam itu. Roket dan rudal yang lebih kecil dipandang sebagai inti dari rencana Korea Utara untuk menyerang sasaran di Korea Selatan jika terjadi konflik.

Tahun ini Korea Utara telah menguji coba berbagai rudal, termasuk dari rudal balistik antarbenua (ICBM) terbesarnya hingga MLR kecilnya. Semuanya dilarang di bawah resolusi Dewan Keamanan PBB yang memberlakukan sanksi terhadap pengembangan rudal Korea Utara.

Korea Selatan sedang mengejar sistem intersepsi artileri senilai US$2,6 miliar, mirip dengan Iron Dome Israel, yang dirancang untuk melindungi dari persenjataan senjata jarak jauh dan roket Korea Utara.

Sebagian besar daerah di sekitar Seoul, ibu kota, adalah rumah bagi sekitar setengah dari populasi 52 juta, dan berada dalam jangkauan senjata jarak jauh Korea Utara dan beberapa peluncur roket.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pertahanan Korsel

Korea Utara Luncurkan Rudal Balistik
Orang-orang menonton program berita TV yang menampilkan file peluncuran rudal Korea Utara di Stasiun Kereta Seoul di Korea Selatan, Selasa (11/1/2022). Peluncuran itu dilakukan usai enam negara, termasuk AS dan Jepang, mendesak Korut menghentikan tindakan destabilisasi. (AP Photo/Ahn Young-joon)

Amerika Serikat menempatkan sekitar 28.500 tentara di Korea Selatan, di mana mereka berlatih bersama pasukan Korea Selatan untuk melawan Korea Utara. Sekutu telah melakukan latihan rudal mereka sendiri sebagai tanggapan atas beberapa peluncuran Korea Utara sebelumnya.

Sementara itu, sebelumnya Menteri Pertahanan Korea Selatan Lee Jong-sup mengatakan bahwa negaranya akan meningkatkan kemampuan pertahanannya dan bekerja sama dengan Amerika Serikat dan Jepang untuk melawan ancaman nuklir dan rudal Korea Utara.

Lee, berbicara pada Dialog Shangri-La di Singapura, mengatakan situasi di semenanjung Korea merupakan ancaman global dan dia mendesak Korea Utara untuk segera mengakhiri program senjata nuklir dan misilnya.

"Pemerintah Korea Selatan akan memperkuat kemampuan untuk menerapkan lebih baik pencegahan Amerika Serikat, dan kami akan memperkuat kemampuan respon militer Korea Selatan untuk mencegah ancaman nuklir dan rudal Korea Utara," kata Lee dalam pidatonya.

"Selain itu, kami ingin memperkuat kerja sama keamanan antara Korea Selatan, AS, dan Jepang untuk menanggapi program nuklir dan rudal Korea Utara," tambahnya.


Nuklir Korea Utara

Bendera Korea Utara (AFP PHOTO)
Bendera Korea Utara (AFP PHOTO)

Korea Utara mempromosikan negosiator nuklir utamanya menjadi menteri luar negeri, media pemerintah mengatakan pada hari Sabtu, ketika pemimpin Kim Jong Un bersumpah kepada partai yang berkuasa bahwa ia akan menggunakan "kekuatan untuk kekuasaan" untuk melawan ancaman terhadap kedaulatan negara.

Korea Utara telah melakukan setidaknya 18 putaran uji coba senjata tahun ini, menggarisbawahi perkembangan persenjataan nuklir dan misilnya.

Lee mengatakan Korea Selatan siap untuk memperluas dukungan ekonomi ke Korea Utara jika mengakhiri program nuklirnya.

“Jika Korea Utara membuat kemajuan substansial dalam denuklirisasi, pemerintah kami akan mengejar rencana berani yang dapat menghasilkan pencapaian terobosan bagi ekonomi Korea Utara dan kualitas hidup warganya,” katanya.

infografis nuklir korea utara
AS meradang Korut terus bikin senjata nuklir (abdillah/liputan6,com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya