Banjir Terburuk dalam Beberapa Tahun di Ibu Kota RD Kongo, 100 Orang Tewas

Sedikitnya 100 orang tewas pada Selasa 13 Desember 2022 ketika banjir terburuk dalam beberapa tahun menghantam ibu kota RD Kongo, Kinshasa.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 14 Des 2022, 07:35 WIB
Diterbitkan 14 Des 2022, 07:35 WIB
Banjir
Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

Liputan6.com, Kinshasa - Sedikitnya 100 orang tewas pada Selasa 13 Desember 2022 ketika banjir terburuk dalam beberapa tahun menghantam ibu kota RD Kongo, Kinshasa, menyusul hujan sepanjang malam, menurut televisi pemerintah negara itu.

Jalan-jalan utama di Kinshasa, sebuah kota berpenduduk sekitar 15 juta orang, terendam banjir selama berjam-jam, dan jalur pasokan utama terputus.

Sebelumnya pada hari itu, kepala polisi kota Jenderal Sylvano Kasongo memberikan jumlah korban sementara setidaknya 55 orang tewas dalam sebuah pernyataan kepada AFP, yang terkonsentrasi terutama di lokasi lereng bukit di mana terjadi tanah longsor.

Namun, jumlah korban kemudian direvisi menjadi setidaknya 100, menurut televisi pemerintah negara itu.

Seorang reporter AFP melihat jasad sembilan anggota keluarga yang sama – termasuk anak-anak kecil – yang meninggal setelah rumah mereka runtuh di distrik Binza Delvaux.

"Kami terbangun sekitar pukul 04.00 (03.00 GMT) karena air masuk ke dalam rumah," kata seorang kerabat seperti dikutip dari AFP, Rabu (14/12/2022).

"Kami menguras air, dan berpikir bahwa tidak ada lagi bahaya, kami kembali ke dalam ruangan untuk tidur - kami basah kuyup," katanya.

Keluarga itu kembali ke tempat tidur dan "tepat setelah itu tembok runtuh".

Terletak di Sungai Kongo, Kinshasa telah mengalami masuknya populasi besar dalam beberapa tahun terakhir.

Banyak tempat tinggal adalah rumah kumuh yang dibangun di lereng yang rawan banjir, dan kota ini menderita drainase dan saluran pembuangan yang tidak memadai.

Longsor besar terjadi di distrik perbukitan Mont-Ngafula, menutupi National Highway 1, rute pasokan utama yang menghubungkan ibu kota dengan Matadi, pelabuhan lebih jauh di bawah Sungai Kongo dan jalan keluar penting ke Samudera Atlantik.

Perdana Menteri Jean-Michel Sama Lukonde mengatakan kepada wartawan di tempat kejadian bahwa sekitar 20 orang di sana tewas ketika "rumah-rumah tersapu" banjir.

Pencarian terus dilakukan untuk mencari korban selamat, katanya.

Jalan raya harus dibuka kembali untuk kendaraan kecil pada hari berikutnya, tetapi bisa memakan waktu "tiga atau empat hari" untuk truk, kata perdana menteri.

Jalan-jalan di distrik pemerintah kelas atas Gombe, yang menampung kementerian dan kedutaan dan biasanya terhindar dari masalah yang mempengaruhi daerah lain di Kinshasa seperti pembuangan limbah yang tidak memadai dan pasokan listrik, juga terendam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bencana

Ilustrasi banjir
Ilustrasi banjir. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Pada November 2019, sekitar 40 orang di Kinshasa juga dilaporkan tewas akibat banjir dan tanah longsor.

Mont-Ngafula adalah salah satu daerah yang paling parah terkena dampak, tetapi seorang penduduk setempat mengatakan banjir kali ini lebih parah.

"Kami belum pernah melihat banjir sebesar ini di sini," kata Blanchard Mvubu, yang tinggal di lingkungan Mont-Ngafula di CPA Mushie.

"Saya sedang tidur dan saya bisa merasakan air di dalam rumah ... ini bencana - kami kehilangan semua harta benda kami di rumah, tidak ada yang bisa diselamatkan."

Dia menambahkan: "Orang-orang membangun rumah-rumah besar dan itu menyumbat saluran air. Air tidak bisa bergerak bebas dan itulah yang menyebabkan banjir."

Pria lain, yang menyebut namanya sebagai Freddy, mengatakan semua yang ada di rumahnya terendam air - "sepatu, stok makanan, pakaian. Semuanya hilang, tidak ada yang bisa diselamatkan".

Di dekatnya, seorang pemuda meminta 500 franc Kongo (24 sen AS) dari orang yang lewat untuk membawanya di punggungnya melintasi jalan yang tenggelam.

Pria lain, yang mengidentifikasi dirinya sebagai guru, sedang berjalan tanpa alas kaki di air, memegang sepasang sepatu di satu tangan dan tas plastik berisi dokumen di tangan lainnya.

"Aku tidak punya pilihan lain," katanya. "Saya harus memberikan ujian kepada anak sekolah."

Tanah longsor yang dipicu oleh hujan deras dan pembangunan kota yang tidak direncanakan dengan baik sering terjadi di Mont-Ngafula.


Banjir Bandang Filipina Terjang Transportasi Khas Jeepney, 8 Orang Tewas

Banjir
Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

Sementara itu, delapan penumpang, termasuk seorang bocah berusia lima tahun, meninggal Sabtu malam, 10 Desember 2022, di Provinsi Rizal, Filipina akibat banjir bandang menerjang sebuah Jeepney penumpang, kata polisi pada Minggu 11 Desember.

Jeepney adalah kendaraan modifikasi mirip oplet yang pernah ada di Indonesia ini dan merupakan transportasi umum favorit masyarakat Filipina.

Mengutip Xinhua pada Senin (12/12/2022), petugas patroli Jason Benitez dari polisi Kota Tanay mengatakan bahwa kecelakaan itu terjadi sebelum jam 9 malam waktu setempat pada hari Sabtu. Saat itu, sebuah Jeepney yang membawa 25 penumpang dari kota sedang menyeberangi sungai menuju utara ke sebuah desa.

Norberto Francisco Matienzo, kepala Kantor Manajemen Pengurangan Bencana Kota Tanay, mengatakan Jeepney itu tersangkut di tengah sungai saat banjir bandang datang.

Dia menambahkan, tujuh orang lainnya yang meninggal akibat kecelakaan itu berusia di atas 60 tahun, sementara satu lainnya luka-luka.

Jeepney penumpang berbentuk flatbed memanjang adalah moda transportasi umum paling populer di Filipina. Kendaraan ikonik ini telah berkeliaran di jalan-jalan Filipina sejak Perang Dunia II.

Namun, banyak kecelakaan di negara Asia Tenggara yang menimpa kendaraan tersebut karena tidak dirawat dengan baik, terlebih mesin Jeepney dirakit dari suku cadang mobil bekas.


Banjir di Jeddah, Pemerintah Saudi Janji Beri Kompensasi Warga Terdampak

Banjir di Jeddah, Arab Saudi pada Kamis 24 November 2022. (Amer Hilabi/AFP)
Banjir di Jeddah, Arab Saudi pada Kamis 24 November 2022. (Amer Hilabi/AFP)

Banjir di Jeddah pada Kamis 24 November 2022 sempat jadi sorotan pemerintah lokal.

Pihak berwenang di kota pelabuhan Jeddah Arab Saudi mengatakan bahwa kompensasi akan ditawarkan, kepada orang-orang yang menderita kerusakan akibat hujan lebat dan banjir yang melanda kota itu pada hari Kamis.

"Mereka yang menderita kerusakan akibat hujan dan banjir akan diberi kompensasi sesuai dengan mekanisme 2009," kata juru bicara Wali Kota Jeddah, Mohammed Obeid seperti dikutip dari Gulf News, Sabtu (26/11/2022).

Obeid menjelaskan bahwa orang-orang itu harus mengajukan permohonan ke Crises and Disasters Control Centre Pusat (Pengendalian Krisis dan Bencana) negara bagian untuk membuat daftar kerusakan dan mengambil tindakan hukum, lapor surat kabar Okaz.

Dua orang tewas akibat hujan deras dan banjir Kamis yang terekam dalam video yang memperlihatkan mobil-mobil terendam dan hanyut di jalan-jalan yang tergenang air.

Curah hujannya tercatat yang tertinggi di Jeddah dalam lebih dari 13 tahun, menurut Pusat Meteorologi Nasional Saudi.

Hujan deras menyebabkan banjir bandang di kota tersebut, memicu penutupan sekolah, menghambat lalu lintas dan membuat mobil terdampar, mengingatkan kembali akan banjir besar dan mematikan yang melanda Jeddah pada tahun 2009.

Dua Orang Tewas

Setidaknya dua orang tewas pada Kamis 24 November 2022 saat hujan lebat melanda Arab Saudi barat, termasuk kota pesisir Jeddah, menunda penerbangan, dan memaksa sekolah tutup, kata para pejabat.

“Dua kematian telah dicatat sejauh ini, dan kami meminta semua orang untuk tidak keluar kecuali jika diperlukan,” kata pemerintah daerah Makkah di halaman Twitter-nya seperti dikutip dari AFP, Jumat 25 November 2022.

Dalam pantauan KJRI Jeddah, Dirjen PWNI dan BHI Joedha Nugraha mengatakan situasi saat ini akibat banjir Jeddah dan sekitarnya sudah berangsur normal. Sebagian besar ruas jalan yang terdampak sudah menyusut.

"Sehingga tinggal beberapa titik seperti underpass yang terlihat masih terdapat genangan air yang cukup dalam," jelas Joedha.

Banjir Jeddah
Hujan lebat mengguyur Kota Jeddah, Arab Saudi, sehingga menimbulkan banjir di beberapa kawasan pada Selasa (17/11/2015) pagi waktu setempat. (wwww.arabnews.com)
Infografis Habis Hujan Deras Terbitlah Banjir Jakarta
Infografis Habis Hujan Deras Terbitlah Banjir Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Infografis Indonesia Banjir Pujian di KTT G20
Infografis Indonesia Banjir Pujian di KTT G20 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya