12 Pemimpin Wanita yang Mengubah Dunia Jadi Lebih Baik, Ada Jacinda Ardern

Para pemimpin wanita ini menawarkan sekilas tentang bagaimana membuat kemajuan dalam keadaan sulit, dari Jacinda Ardern hingga Kamala Harris.

oleh Linda Sapira diperbarui 20 Feb 2023, 19:40 WIB
Diterbitkan 20 Feb 2023, 19:40 WIB
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris.
Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris. (Dok. AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Dunia telah dilanda berbagai krisis, termasuk pandemi global yang telah menginfeksi puluhan juta orang, menelan lebih dari 1,5 juta jiwa, dan menghancurkan hampir setiap perekonomian negara.

Namun menurut sebuah studi oleh pusat penelitian kebijakan ekonomi atau centre for economic policy research (CEPR) dan world economic forum (WEF), negara-negara yang dipimpin oleh perempuan memiliki hasil yang secara sistematis dan signifikan lebih baik terkait COVID-19, yang merupakan hasil dari "proaktif dan tanggapan kebijakan terkoordinasi" seperti upaya lockdown.

Para pemimpin wanita ini menawarkan sekilas tentang bagaimana membuat kemajuan dalam keadaan yang paling sulit. Berikut daftar 12 pemimpin yang mengubah dunia di tahun 2020 yang Liputan6.com lansir dari vogue.in, Senin (20/02/2023). 

1. Jacinda Ardern, Perdana Menteri Selandia Baru

Dipuji secara luas karena memimpin salah satu tanggapan untuk menangani Virus Corona paling sukses di dunia.

Jacinda Ardern dan Partai Buruh nya menang telak dalam pemilihan pada Oktober 2020. Dia tidak membuang waktu dalam memilih kabinet yang paling beragam dalam sejarah Selandia Baru.

Dari 20 anggota, delapan perempuan, lima Maori, tiga Pasifika, dan tiga LGBTQ+. Ini adalah kabinet untuk pertama kalinya, yang sepenuhnya mewakili seluruh rakyat Selandia Baru.

Pilihan Ardern di luar perkiraan. Sementara kabinet baru telah mengubah pemahaman populer tentang seperti apa kepemimpinan itu, ini juga merupakan pengingat bahwa orang-orang dari latar belakang yang berbeda membawa serta perspektif, keterampilan, dan pengalaman hidup yang unik, yang semuanya penting dalam mengatasi tantangan terbesar kita.

2. Angela Merkel, Kanselir Jerman

Pada September 2020, kebakaran menghancurkan kamp pengungsi Moria yang penuh sesak di pulau Yunani Lesbos, dan menyebabkan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. Angela Merkel dengan cepat setuju untuk menerima sekitar 2.750 orang, termasuk anak di bawah umur tanpa pendamping. Langkah tersebut menekan negara-negara Uni Eropa (UE) lainnya untuk melakukan bagian mereka dan membuka tangan mereka juga.

Keputusan Merkel menggemakan pernyataannya tahun 2015 bahwa Jerman akan menemukan cara untuk menangani gelombang besar pengungsi yang meninggalkan negara asal mereka. Terlepas dari reaksi politik dalam negeri dan benua yang terpecah karena krisis pengungsi, Merkel telah mendekati masalah ini dengan cara khas seorang ilmuwan yang berubah menjadi negarawan, dengan empati pragmatis, dorongan untuk bereksperimen, dan keyakinan akan perlunya tindakan kolektif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


3. Damilola Odufuwa dan Odunayo Eweniyi

Bendera Nigeria (AFP Photo / Sodiq Adelakuin)
Bendera Nigeria (AFP Photo / Sodiq Adelakuin)

Selama bertahun-tahun, aktivis perempuan di seluruh Nigeria telah menggunakan alat online untuk mengorganisir perubahan sosial, baik itu untuk membebaskan gadis-gadis Chibok yang diculik oleh kelompok teroris Boko Haram atau untuk meningkatkan kesadaran tentang kekerasan berbasis gender.

Pada bulan Juli, Damilola Odufuwa dan Odunayo Eweniyi membentuk kelompok dengan 11 perempuan lainnya yang disebut Koalisi Feminis dengan tujuan meningkatkan hak-hak perempuan Nigeria. Ketika kemarahan tentang kebrutalan polisi yang tidak terkendali oleh pasukan anti perampokan khusus atau Special Anti-Robbery Squad (SARS) mencapai puncaknya pada musim gugur, mereka beraksi dengan proyek pertama mereka dan dengan gerakan #EndSARS menjadi seruan di seluruh dunia. 

Koalisi Feminis menganggap dirinya bukan sebagai organisasi politik, tetapi sebagai perusahaan pembangunan komunitas dan kelompok advokasi hak-hak perempuan. Mereka menggunakan keterampilan canggih mereka dalam teknologi dan media sosial, mereka dapat menyebarkan informasi real time, yang meningkatkan kesadaran dan dana untuk protes damai.

Alih-alih model kepemimpinan dari atas ke bawah, Odufuwa, Eweniyi, dan rekan mereka mendemokratisasi informasi sebagai cara untuk memberdayakan rakyat Nigeria untuk membuat perubahan yang mereka inginkan.

4. Kamala Harris, Wakil Presiden AS Terpilih

Kamala Harris jadi sorotan setelah kemenangan Joe Biden dalam pemilu AS 2020. Ia menjadi wanita pertama, orang kulit hitam pertama, dan orang keturunan India Amerika pertama yang menjadi wakil presiden AS.

Kariernya yang panjang melibatkan banyak rintangan, mulai dari menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai jaksa wilayah San Francisco hingga menjadi orang India Amerika pertama yang terpilih menjadi senat AS.

Kamala Harris, tidak hanya menjadi pegawai negeri yang brilian dan berpengalaman sebagai wakil presiden, tetapi juga seorang pemimpin yang pada akhirnya akan memperluas pengertian orang Amerika. 

5. Stacey Abrams, Mantan Pemimpin Minoritas Rumah Negara Bagian Georgia, AS

Ketika Stacey Abrams dari Partai Demokrat Georgia kalah dalam pencalonannya sebagai gubernur pada tahun 2018, beberapa komentator berpikir dia harus mencalonkan diri sebagai senat, beberapa orang juga berpikir dia harus mencalonkan diri sebagai presiden. Sebaliknya, Abrams tetap berkomitmen pada proyek lamanya untuk mengubah negara asalnya dari merah (Partai Republik) menjadi biru (Partai Demokrat).

Lima tahun sebelumnya, Abrams telah meluncurkan the new georgia project, yang memberdayakan warga Georgia berpenghasilan rendah untuk membantu lebih banyak orang mendaftar ke perawatan kesehatan.

Seiring waktu, inisiatif itu menjadi upaya pendaftaran pemilih. Dalam prosesnya, Abrams membangun koalisi orang dan organisasi yang luas di seluruh negara bagian, dan mendaftarkan sejumlah besar orang Georgia untuk memilih, juga mengubah pemahaman orang tentang politik selatan. Pengorganisasian yang telaten terbayar tahun ini ketika Joe Biden memenangkan Georgia, dan membantu menyegel kemenangannya.


6. Sarah Gilbert, Profesor Vaksinologi di Universitas Oxford dan Salah Satu Pendiri Vaccitech, Inggris

Ilmuwan AstraZeneca Sarah Gilbert Jadi Inspirasi Model Boneka Barbie
Sarah Gilbert, sosok dibalik vaksin Oxford-AstraZeneca terpilih menjadi model boneka Barbie. (FOTO: Twitter/Nycjim).

Profesor Sarah Gilbert mungkin sangat dekat dengan pahlawan super di kehidupan nyata. Ilmuwan veteran Oxford mengembangkan vaksin Virus Corona yang dapat membantu menyelamatkan dunia dari COVID-19.

Data awal menunjukkan bahwa vaksin Oxford/AstraZeneca yang dikerjakan timnya memberikan perlindungan hingga 90% terhadap virus, dan lebih murah serta lebih mudah disimpan daripada vaksin menjanjikan yang diumumkan oleh Pfizer dan BioNTech, serta Moderna. Oleh karena itu, versi Gilbert dapat bermanfaat bagi lebih banyak orang di seluruh dunia.

Dengan pengalaman selama 25 tahun dalam mengembangkan vaksin untuk flu, ebola, dan middle east respiratory syndrome (MERS), Gilbert dan labnya siap beraksi ketika Virus Corona pertama kali muncul pada 2019.

Gilbert juga mengalami keadaan kurang tidur pada awal-awal pembuatan vaksin, "Saya dilatih untuk itu. Saya adalah ibu dari anak kembar tiga." ucapnya. 

Ia juga mengetes vaksin tersebut kepada tiga anaknya, dan sekarang ketiganya hidup sehat dan tumbuh dewasa. Jadi jangan ada yang pernah mempertanyakan keamanan vaksin. 

7. Klementyna Suchanow, Penulis dan Aktivis Politik, Polandia

Ketika Mahkamah Konstitusi Polandia memberlakukan larangan aborsi yang hampir total pada Oktober 2020, pemerintah konservatif negara itu tidak dapat memperkirakan reaksi baliknya. Ratusan ribu orang turun ke jalan, termasuk dalam demonstrasi yang diselenggarakan oleh The All-Poland Women’s Strike yang dipimpin oleh aktivis Klementyna Suchanow.

Suchanow mengatakan bahwa dalam memprotes undang-undang aborsi yang kejam, orang-orang bangkit melawan cengkeraman ketat gereja katolik atas keputusan politik negara. Orang Polandia, terutama wanita dan kaum muda, dibuat frustrasi oleh kekuatan gereja untuk mengganggu kehidupan mereka dan marah pada kemunafikan bersamaan yang diungkapkan oleh skandal pelecehan seks anak.

Apakah para pengunjuk rasa berhasil membalikkan hukum? masih harus dilihat. Namun satu hal yang jelas gerakan ini telah memberi energi pada generasi perempuan baru, tidak terikat oleh masa lalu dan mereka tidak akan pergi ke mana pun.

8. Maria Ressa, CEO Rappler, Filipina

Di tengah pandemi COVID-19, jurnalis Filipina Maria Ressa berdiri di ruang sidang dan dihukum karena fitnah dunia maya. Ressa dan situs beritanya, Rappler, telah lama menjadi sasaran presiden Filipina Rodrigo Duterte karena liputan kritisnya tentang rezimnya, termasuk tanggapannya terhadap COVID-19.

Tetapi penangkapannya pada tahun 2019 yang mengubah pemikiran Ressa tentang perannya sebagai jurnalis, dan membujuknya untuk berbicara secara terbuka tentang penyalahgunaan kekuasaan Duterte terhadap pers dan akibat dari perilakunya yang mengancam demokrasi. 

Mengutip penggunaan informasi yang salah oleh Duterte melalui media sosial untuk menjelekkan pers dan menyebarkan teori konspirasi, dia memperingatkan bahwa negara lain menghadapi ancaman serupa. Meskipun Ressa masih menghadapi ancaman penjara dan ancaman kekerasan, dia menolak untuk dibungkam. Seperti yang dia katakan, "Jurnalisme adalah aktivisme." 

 


9. Bilkis Dadi, Aktivis Politik, India

Kasus Covid-19 di India Lampaui Lima Juta
Sejumlah pria mengenakan masker berjalan melewati bendera nasional India di New Delhi (16/9/2020). Total kasus Covid-19 di India melampaui lima juta pada 16 September, data kementerian kesehatan menunjukkan Pandemi meluas cengkeramannya di negara tersebut. (AFP/Sajjad Hussan)

Pada akhir 2019, partai yang berkuasa di India memberlakukan Undang-Undang Amandemen Kewarganegaraan, yang memperkenalkan agama sebagai kriteria kewarganegaraan. 

Tetapi orang-orang tidak akan membiarkan ini terjadi tanpa perlawanan, apalagi seorang wanita berusia 82 tahun bernama Bilkis Dadi (nama lahir Bilkis Bano, dadi berarti nenek), yang bergabung dengan ribuan orang lainnya di lingkungan Muslim di Delhi untuk memprotes. Setiap hari, Bilkis duduk di lokasi protes dari pagi hingga malam. Sepanjang musim dingin yang dingin, dia tidak terpengaruh.

Meskipun Bilkis dan rekan pengunjuk rasa dikalahkan aparat, dia dikenal secara luas dan bahkan dimasukkan dalam daftar 100 orang paling berpengaruh tahun 2020 oleh majalah Time. Dalam menghadapi oposisi yang kuat, wanita ini telah menjadi pengingat yang sama kuatnya tentang apa yang pantas untuk diperjuangkan.

10. Monica Lennon, Anggota Parlemen Skotlandia (MSP), dan Nicola Sturgeon, PM Skotlandia

Setengah dari populasi dunia mengalami menstruasi. Namun, hampir tidak ada masyarakat yang menyadari fakta bahwa produk saniter seperti pembalut dan tampon sama pentingnya dengan tisu toilet.

Hal itu berubah pada November 2020, berkat Monica Lennon dan Nicola Sturgeon, Skotlandia menjadi negara pertama di dunia yang menggratiskan produk saniter.

Lennon telah lama menjadi pejuang melawan "period poverty" yang membuat terlalu banyak orang tidak mampu membeli produk dasar yang mereka butuhkan untuk menstruasi dengan bermartabat.

Dalam memperdebatkan RUU tersebut, anggota parlemen Skotlandia membahas isu-isu seperti endometriosis, menyoroti aspek kesehatan perempuan yang sering diabaikan, namun penting bagi kemampuan perempuan untuk berkembang biak.

Para advokat berharap contoh dari Skotlandia akan membantu menghapus stigma budaya seputar menstruasi dan memastikan lebih banyak perempuan dan anak perempuan di seluruh dunia dapat mencapai potensi mereka.

11. Sanna Marin, Perdana Menteri Finlandia

Terlepas dari reputasinya sebagai oasis progresif, Finlandia memiliki undang-undang yang menindas atau Trans Act yang mengharuskan individu transgender menjalani pemeriksaan kesehatan mental dan sterilisasi jika mereka ingin mendapatkan pengakuan gender yang sah.

Perdana Menteri negara itu, Sanna Marin, bermaksud untuk mengubahnya. Dia telah berbicara mendukung hak orang untuk mengidentifikasi diri, dengan mengatakan, "Bukan tugas saya untuk mengidentifikasi orang. Tugas setiap orang untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri".

Ini adalah tindakan feminis terbaru oleh Marin, yang pemerintahan koalisinya dipimpin oleh semua perempuan.

Dukungannya untuk mengakhiri Trans Act adalah penegasan feminisme, yang berupaya membongkar gagasan usang tentang norma gender dan memastikan bahwa setiap orang dapat menentukan siapa mereka dan hidup sesuai pilihan mereka.

12. Nemonte Nenquimo, Pemimpin Bangsa Waorani, Ekuador

Sementara wajah gerakan lingkungan di barat seringkali berkulit putih dan laki-laki, suara paling kuat dalam perang melawan perubahan iklim global adalah pemimpin bangsa Waorani di Ekuador, berusia 34 tahun bernama Nemonte Nenquimo.

Seperti banyak komunitas Pribumi di seluruh dunia, suku Waorani berada di garis depan, mempertahankan tanah yang paling mereka kenal.

Nenquimo berhasil menentang rencana pemerintah Ekuador untuk mengizinkan perusahaan minyak mengebor di area Amazon yang disebut Waorani sebagai rumah. Dan saat kebakaran merusak hutan hujan Amazon dan orang luar menghancurkan hutan, dia telah meningkatkan kesadaran global tentang seperti apa krisis iklim itu.

Suka kepada orang-orangnya. Seperti yang dia tulis dalam sebuah opini yang diterbitkan oleh The Guardian: "Bumi tidak mengharapkan Anda untuk menyelamatkannya, dia mengharapkan Anda untuk menghormatinya. Dan kami, sebagai masyarakat adat, mengharapkan hal yang sama." 

Infografis Journal
Infografis 10 Daftar Pahlawan Nasional Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Tri Yasnie)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya