Misteri Hilangnya Nicola Bulley yang Gegerkan Inggris Terpecahkan, Jenazahnya Ditemukan di Sungai

Nicola Bulley yang sempat jadi sorotan nasional di Inggris dikira diculik hingga dibunuh. Misteri hilangnya Nicola kini telah terpecahkan.

oleh Tommy K. Rony diperbarui 21 Feb 2023, 12:49 WIB
Diterbitkan 21 Feb 2023, 12:48 WIB
Nicola Bulley (45), wanita Inggris yang dilaporkan hilang pada 27 Januari 2023.
Nicola Bulley (45), wanita Inggris yang dilaporkan hilang pada 27 Januari 2023. Dok: Lancashire Constabulary

Liputan6.com, Lancashire - Kepolisian Inggris menemukan keberadaan Nicola Bulley (45), wanita yang sempat menghilang di tepi sungai Lancashire di Inggris pada akhir Januari 2023 dan membuat geger negara tersebut. Sesuai perkiraan polisi, jenazah perempuan itu memang ada di sungai.

Sebelumnya, pihak keluarga menduga ada sesuatu yang menimpa Nicola Bulley karena keberadaannya mendadak tak diketahui.

Berdasarkan laporan BBC, Selasa (21/2/2023), jenazah Nicola Bulley ditemukan sekitar satu kilometer dari tepi sungai lokasinya menghilang di kawasan St Michael's on Wyre, Lancashire.

Pada Minggu 19 Februari 2023 kemarin, polisi datang ke aliran Sungai Wyre karena ada laporan warga yang melihat jenazah di dalam air.

"Satu tim pencarian bawah air dan petugas spesialis telah datang ke lokasi, memasuki perairan, dan telah sayangnya menemukan sebuah jasad," ujar pihak kepolisian. Keluarga yang mengetahui kabar tersebut dilaporkan merasa sangat sedih. 

Sejak awal, polisi telah menilai bahwa hilangnya Nicola tidak mencurigakan, polisi juga tidak menduga ada pembunuhan. Dengan penemuan ini, polisi berharap keluarga Nicola bisa mendapatkan jawaban.

"Akhirnya, Nikki, kamu bukan lagi orang hilang, kamu telah ditemukan, kami bisa membiarkanmu istirahat sekarang," tulis pernyataan pihak keluarga.

Meski demikian, pihak keluarga sempat mengkritik dua media yang dituding mengganggu pihak keluarga yang menginginkan privasi. BBC menyebut satu media itu adalah Sky News yang ingin berdialog dengan keluarga Nicola Bulley, serta ITV yang ingin meminta komentar.

Keluarga Nicola turut berterima kasih kepada pihak-pihak yang tulus ingin membantu. 

"Kepada mereka yang secara tulus membantu dan mendukung kami, secara pribadi kami berterima kasih. Dukungan komunitas di St Michael's, sahabat-sahabat, tetangga-tetangga, dan orang-orang asing merupakan hal yang membuat nyaman dan menghangatkan hati," ujar keluarga Nicola Bulley.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kabar Menghilangnya Nicola Bulley

Nicola Bulley (45), wanita Inggris yang dilaporkan hilang pada 27 Januari 2023. Dok: Lancashire Constabulary
Nicola Bulley (45), wanita Inggris yang dilaporkan hilang pada 27 Januari 2023. Salah satu teori menyebut ia hanyut di sungai. Dok: Lancashire Constabulary

Pada laporan sebelumnya, menghilangnya seorang wanita di tepi sungai menjadi sorotan nasional di Inggris. Wanita itu adalah Nicola Bulley (45) yang menghilang pada pagi hari di Lancashire.

Ibu dua anak itu menghilang pada pagi hari ketika berjalan-jalan bersama anjingnya. Pada hari yang sama kepolisian langsung merilis info menghilangnya Nicola.

Menurut kronologi dari kepolisian setempat, Nicola masih sempat ikut meeting secara virtual pada sekitar pukul 09.01. Pada 09.30, meeting berakhir, tetapi Nicola masih belum keluar dari pertemuan itu.

Kemudian pada 09.35, anjing dan ponsel Nicola ditemukan di sebuah bangku oleh orang lain.

"Nicola, 45, terakhir kali terlihat sekitar pukul 9.15 pagi hari ini (Jumat, 27 Januari) pada jalur pejalan kaki tepi sungai Garstang Road di St Michael's on Wyre," tulis laporan di situs kepolisian Lancashire, dikutip Senin (6/2/2023).

Polisi menyebut anjing Nicola berhasil ditemukan di lokasi dekat menghilangnya Nicola.

Berbagai upaya sudah dilakukan polisi, termasuk pencarian udara. Pasukan damar, penjaga pantai, dan regu penolong pegunungan (mountain rescue) juga dikerahkan.

Detektif juga bekerja di balik layar untuk memeriksa telepon, rumah-rumah, CCTV, dashcam, serta melakukan beragam wawancara digital.

Teori-teori pun beredar mengenai menghilangnya Nicola. Ada yang menyebut ia tenggelam hingga korban penculikan.

Berikut sejumlah teori terkait menghilangnya Nicola, dilansir The Mirror:


1. Teori Penculikan

Penculikan Anak
Ilustrasi Foto Penculikan (iStockphoto)

Teori penculikan sempat menjadi pertanyaan dan membuat para wanita setempat resah.

"Ini membuat para wanita lokal ketakutan," ujar Christine Bowman (68) kepada The Mirror. "Jika mereka punya suami atau pasangan, mereka lah yang mengajak anjing jalan-jalan."

Keraguan juga diungkap oleh ayah dari Nicola, yakni Ernest. Ia telah bertanya ke sersan terkait kemungkinan penculikan, tetapi aparat meragukan adanya penculikan.

"Saya bilang 'bagaimana kamu tahu? Itu adalah yang terisolasi," ujar Ernest.

Polisi menyebut bahwa tidak ada bukti yang mendukung teori bahwa Nicola diculik. Tak ada pula laporan orang-orang mencurigakan atau kendaraan yang mencurigakan.

Meski demikian, saudari Nicola tetap meminta publik untuk tetap "berpikiran terbuka" terhadap segala kemungkinan yang dapat terjadi pada Nicola.


2. Teori Hanyut

Ilustrasi air, sungai
Ilustrasi air, sungai. (Sumber: Unsplash)

Kepolisian lebih condong pada kemungkinan bahwa Nicola tenggelam di sungai. Pasalnya, Nicola kemungkinan tidak beranjak pergi dari lokasi tempat ia terakhir terlihat.

Polisi menduga bahwa Nicola tercebur, meski alasannya belum diketahui.

"Hipotesa kami yang bekerja adalah ia masuk ke sungai karena suatu alasan. Tidak ada bukti apa pun bahwa ada yang mencurigakan terkait menghilang dia atau adanya keterlibatan pihak ketiga pada menghilangnya dia," demikian pernyataan kepolisian Lancashire pada 3 Februari 2022.

Namun, polisi berkata bahwa investigasi masih terbuka, serta mereka akan bertindak apabila ada informasi baru yang terungkap.


3. Teori-Teori Lainnya

Ilustrasi wanita duduk sendirian, menatap ke luar jendela.
Ilustrasi wanita duduk sendirian, menatap ke luar jendela. Dok: Pixabay

Teori terkait pembunuhan bisa dibilang lemah, sebab tak ada tanda perlawanan atau saksi yang mendengar teriakan dari Nicola.

Ada pula teori bunuh diri, namun itu juga diragukan karena Nicola tidak punya rekam jejak yang memicu ia untuk bunuh diri atau melarikan diri. Selain itu, ia juga memiliki dua anak perempuan yang masih kecil.

Ernest juga berkata anak perempuannya memiliki pandangan hidup yang baik ke masa depan, serta mood-nya sedang baik sebelum menghilang.

Polisi sudah memeriksa semua CCTV di area tepi sungai, meski ada area kecil yang tak direkam CCTV. Polisi pun telah meminta rekaman dashcam dari masyarakat yang melewati area tersebut.

Infografis Yuk Kenali Mutasi Virus Covid-19 Penyebab Varian Baru Bermunculan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Yuk Kenali Mutasi Virus Covid-19 Penyebab Varian Baru Bermunculan. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya