Lobak Terberat Sedunia Pecahkan Rekor Guinness World Record, Bobotnya Capai 45 Kg

Sebuah perusahaan Jepang memperoleh rekor Guinness World Record ketika karyawannya memanen lobak raksasa

oleh Linda Sapira diperbarui 18 Mar 2023, 19:40 WIB
Diterbitkan 18 Mar 2023, 19:40 WIB
lobak-kezo
ilustrasi lobak putih/unsplash

Liputan6.com, Tokyo - Sebuah perusahaan di Jepang memperoleh penghargaan Guinness World Records (GWR) ketika karyawannya memanen lobak raksasa yang bobotnya kurang lebih seberat 45 kg.

Lobak tersebut dihasilkan oleh salah satu perusahaan Manda Fermentation Co, yang berspesialisasi dalam suplemen dan pupuk yang terbuat dari tanaman yang telah difermentasi. Perusahaan tersebut telah menggunakan teknologinya setiap tahun untuk menumbuhkan lobak raksasa, kata Guinness World Records.

Dilansir dari upi.com, Sabtu (17/3/2023), organisasi pencatatan rekor itu mengatakan perusahaan Manda Fermentation Co, biasa memanen lobak pada akhir Februari dengan berat 101 pon dan 1,8 ons, dan mendapatkan rekor lobak terberat.

Biasanya perusahaan memanen lobaknya setelah tiga bulan, tetapi lobak terberat dan pemecah rekor ini dibiarkan tumbuh selama enam bulan, kata GWR.

Menurut situs guinnessworldrecords.com, lobak terbesar sedunia itu diverifikasi oleh GWR di Taman HAKKO di Onomichi, Hiroshima, Jepang, pada 22 Februari 2023.

Mengutip dari timesofindia, sebuah pemecahan rekor lobak di Jepang juga pernah terjadi tahun 2003. Manabu Oono memiliki bobot lobak mencapai 31,1 kg dengan keliling berukuran 119 cm.

Sesuai laporan GWR, lobak dipetik di sebuah peternakan di Amman, tetapi benih yang digunakan untuk menanamnya berasal dari tanah lain.

Laporan GWR juga menyatakan bahwa insinyur pertanian Amal Al Qeimari kemudian menyebutkan bahwa mereka memiliki petani Bangladesh yang membawa benih lobak putih dari Bangladesh, dan benih tersebut digunakan bersama dengan benih lobak lainnya untuk menumbuhkan lobak raksasa. Menurut para ahli, ini adalah kasus mutasi genetik yang jarang terjadi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Alasan Orang Jepang Suka Lobak

Kimchi Lobak
Kimchi Lobak.  foto:  Instagram @lysa_tangkulung

Orang Jepang sangat menyukai lobak alasannya karena kesegarannya jika dijadikan salad. Lobak ada berbagai jenis mulai dari putih, merah, ungu, hitam dan bahkan hijau (yang kita tahu bahwa wasabi berasal dari jenis lobak yang pedas).

Jika Anda suka lobak, Anda sangat beruntung karena manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan minyak yang keluar dari biji lobak sangat menyehatkan dan biasanya digunakan dalam produk kecantikan. Selain itu lobak juga mudah didapatkan dan harganya terjangkau. Adapun manfaat kesehatan dari lobak sudah terangkum dalam ulasan berikut. 

1. Baik untuk kesehatan hati

Lobak bisa menghilangkan racun dalam tubuh atau darah. Dikatakan baik untuk kesehatan hati karena lobak bisa mengontrol dan mengurangi level bilirubin pada pasien jaundice. Lobak juga melindungi sel darah merah serta meningkatkan aliran oksigen dalam darah.

2. Mengurangi risiko Infeksi Saluran Kemih

Wanita yang paling sering menderita penyakit ini, jika menyukai lobak maka beruntunglah ia. Lobak adalah obat diuretik yang secara alami melancarkan produksi urine. Anda hanya perlu minum dua gelas jus lobak yang dikombinasikan dengan buah segar lainnya (misal strawberi) dalam seminggu untuk melawan infeksi saluran kemih dan melindungi ginjal.

Baca selengkapnya disini...


Lobak Dijadikan Menu Diet

Resep sup daging lobak. (dok. Cookpad @mycookingrecipeas)
Resep sup daging lobak. (dok. Cookpad @mycookingrecipeas)

Lobak selain Banyak manfaat juga bisa dijadikan sebagai menu untuk diet, menurut Departemen Pertanian AS (USDA), satu cangkir lobak mentah memiliki kurang dari 20 kalori, hanya empat gram karbohidrat (hampir dua gram sebagai serat), hampir satu gram protein, dan tanpa lemak, membuatnya jadi menu diet yang nikmat.

Secangkir irisan lobak juga menyediakan sekitar 30% dari nilai harian untuk vitamin C yang mendukung kekebalan tubuh. Juga, sejumlah kecil vitamin B, kalium, kalsium, zat besi, dan magnesium. Dalam tinjauan komprehensif tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients, para peneliti mencatat bahwa lobak menyediakan beberapa jenis antioksidan.

Untuk menu diet lobak bisa dijadikan sebagai sop yang dicampur dengan daging sapi, tumis lobak dengan campuran daging, dan dadar telur yang berisi lobak. Selain itu lobak juga bisa dijadikan berbagai macam olahan, sesui kreasi yang diinginkan. 

Baca selengkapnya disini...

 


Lobak Dijadikan Kimchi

Sup Kimchi
Sup kimchi atau kimchi jjigae yang menjadi salah satu makanan favorit warga Korea Selatan, karena praktis dibuat dan nikmat. (Foto: SBS)

Pasti dari kalian ada yang berpikir bahwa kimchi itu hanya terbut dari sayuran sawi. Namun ternyata Kimchi juga bisa terbuat dari lobak. 

Kimchi merupakan makanan tradisional Korea Selatan yang pada zaman dulu, kimci diucapkan sebagai chim-chae yang berarti "sayuran yang direndam". Di Korea, kimci selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan atau lauk-pauk sampingan yang paling umum.

Kimchi sawi putih merupakan jenis yang paling terkenal dan paling sering ditemukan. Makanan berwarna merah dengan rasa yang asam dan sedikit pedas ini menjadi salah satu ikon kuliner yang sangat populer di Korea.

Kimchi lobak merupakan salah satu jenis kimchi ala Korea yang juga bisa kamu praktikkan. Dalam membuat makanan berbahan sayuran ini, kamu tinggal menyiapkan bahan-bahannya dan mengikuti langkah-langkah yang cukup mudah.

Baca selengkapnya disini...

INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
INFOGRAFIS: Deretan Prestasi Mendunia Artis Korea (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya