5 Orang Tewas Akibat Badai di California, Tornado Langka Turut Melanda Los Angeles

Lima orang dilaporkan tewas akibat rentetan badai dan tornado yang melanda sejumlah area di negara bagian California, Amerika Serikat sejak Selasa 21 Maret 2023.

oleh Chesa Andini Saputra diperbarui 25 Mar 2023, 14:41 WIB
Diterbitkan 25 Mar 2023, 14:00 WIB
Kerusakan bangunan terlihat pada hari Rabu di Montebello, California, setelah tornado.
Kerusakan bangunan terlihat pada hari Rabu di Montebello, California, setelah tornado. (Sumber: AP/Ringo HW Chiu)

Liputan6.com, Los Angeles - Lima orang dilaporkan tewas akibat rentetan badai dan tornado yang melanda sejumlah area di negara bagian California, Amerika Serikat sejak Selasa 21 Maret 2023.

Di Los Angeles County, California, satu orang terluka akibat tornado langka dan terdahsyat yang pernah melanda wilayah itu sejak empat dekade terakhir. Tornado turut menghancurkan sejumlah bangunan.

Disadur dari CNN, Sabtu (25/3/2023) Layanan Cuaca Nasional AS (NWS) mengonfirmasi pada 23 Maret bahwa tornado "mendarat sebentar" di kawasan industri dan gudang kota Montebello, LA County.

Itu adalah tornado kedua yang mendarat di California pekan ini, di mana cuaca ekstrem di wilayah tersebut bukan hal umum, kata ahli meteorologi NWS Rose Schoenfeld.

Tornado pada Rabu pekan ini termasuk sebagai kategori EF-1 dengan perkiraan angin puncak 110 mph. Itu merupakan tornado terkuat yang menghantam daerah Los Angeles County sejak tahun 1983.

Badai merusak setidaknya 17 bangunan, dengan 11 rusak sangat parah sehingga pemadam kebakaran menganggapnya terlalu berbahaya untuk digunakan, menurut Michael Chee, petugas informasi publik kota.

Sebuah ulasan twitter yang membagikan video badainya menulis, "Ada puing-puing yang beterbangan dan semuanya!!!!", video menunjukkan kumpulan awan abu-abu gelap yang menutupi langit dan meruncing ke bawah menuju daratan.

Lima Orang Tewas

Setidaknya dua kejadian tornado ini memakan lima korban jiwa. 

Di Portola Valley, sebuah county di California, seorang pria yang mengemudikan truk tewas ketika sebuah pohon tumbang menimpa kendaraan tersebut, kata Patroli Jalan Raya California.

Dan di komunitas Rossmoor, seorang pengemudi terluka dan penumpangnya meninggal setelah sebuah pohon besar tumbang menimpa sebuah mobil, kata Distrik Perlindungan Kebakaran Kabupaten Contra Costa.

Di Oakland, seorang pria di dalam tenda meninggal pada Selasa setelah sebuah pohon tumbang di dekat Danau Merritt.

Dua orang juga meninggal di Rumah Sakit Umum Zuckerberg San Francisco pada Selasa, saat menerima perawatan untuk luka yang diderita dalam insiden terpisah terkait badai, menurut pejabat kota.

Untungnya, cedera yang dilaporkan pada  Rabu dianggap ringan, kata Chee pada konferensi pers.


Kerusakan Tornado Hari Rabu

Setidaknya satu bangunan komersial rusak dalam badai hari Rabu.
Setidaknya satu bangunan komersial rusak dalam badai hari Rabu. (Sumber: CNN/KABC)

Menurut layanan cuaca, di Montabello, tornado meruntuhkan atap satu gedung, mematahkan tiang listrik, melemparkan unit pendingin-pemanas ruangan dari atas gedung, memecahkan kaca atap, merusak mobil, dan menumbangkan pohon pinus yang sehat dengan batang selebar 1 kaki.

Tornado semacam itu jarang terjadi di California, dengan rata-rata kurang dari 10 kejadian per tahun, menurut National Oceanic and Atmospheric Administration AS (NOAA).

Sebagian besar tornado di negara bagian itu berukuran kecil dan berumur pendek. Mereka biasanya disebut sebagai landspouts (mirip dengan puting beliung, tetapi di atas tanah).

Ini berbeda dengan tornado konvensional, yang terbentuk dari badai petir berputar, seperti yang terjadi umumnya di Dataran Tengah dan Tenggara AS.

Walaupun landspouts juga dapat menyebabkan kerusakan, biasanya kerusakannya tidak luas atau parah.


Tornado Hari Selasa

Selasa, 21 Maret 2023, setelah pohon jatuh di Monte Verde Drive, Santa Rosa, California. Tidak ada yang terluka.
Selasa, 21 Maret 2023, setelah pohon jatuh di Monte Verde Drive, Santa Rosa, California. Tidak ada yang terluka. (Sumber: AP/Kent Porter)

Pada Selasa malamnya, sebuah tornado lemah menghantam taman rumah mobil di Carpinteria, sebuah kota tepi laut di barat laut Los Angeles, dinas cuaca mengkonfirmasi Rabu.

Badan cuaca menilai badai itu sebagai tornado EF-0, dengan kecepatan angin 75 mph.

Tornado tersebut merusak 25 unit rumah mobil di Desa Sandpiper dan menyebabkan kerusakan kecil pada pohon pemakaman yang berdekatan dengan lokasi.

Video tambahan dari badai Montebello menunjukkan awan puing-puing hitam yang berputar-putar dan mencabut sebuah atap bangunan di dekatnya. Kendaraan juga terlihat mengalami kerusakan dan kaca pecah.

"Atapnya terlepas dari gedung ini," kata seorang saksi saat merekam tempat parkir yang penuh dengan kendaraan yang rusak.

"Ini adalah hal-hal yang Anda lihat di Ohio, Arkansas... Bukan Montebello," kata saksi lain terdengar.


Penyebab Tornado di California

Penasehat cuaca Los Angeles
Penasehat cuaca Los Angeles (Sumber: Southern California Weather Force)

Cuaca intens yang melanda California sejak Rabu ini adalah akibat aktifitas 'sungai atmosfer' beberapa bulan terakhir ini, yang telah membawa banjir yang merusak dan juga angin topan.

'Sungai atmosfer' adalah seperti selang api yang membawa udara jenuh dari daerah tropis ke garis lintang yang lebih tinggi, membuang hujan atau salju tanpa henti.

Setidaknya ada lima orang tewas akibat badai di Wilayah Teluk San Francisco saat angin kencang menghantam kota-kota hari Selasa, menumbangkan pohon dan kabel listrik.

Kota San Francisco melaporkan bahwa pusat panggilan 911 memiliki volume panggilan empat kali lipat lebih banyak dari biasanya selama puncak badai berlangsung.

Alhasil, lebih dari 700 pohon dan dahan tumbang. Laporan kaca dan puing juga dilaporkan berjatuhan dari menara bertingkat tinggi.

Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Mitigasi Bencana Antisipasi Cuaca Ekstrem Jelang Libur Natal dan Tahun Baru 2023. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya