Kebun Binatang di Inggris Buka Lowongan Pekerjaan Pengusir Camar, Direkrut untuk Pakai Kostum Burung

Kebun binatang di Inggris, telah membagikan rencananya untuk meminta tim pencegah burung camar manusia untuk menjauhkan burung-burung camar dari tamannya.

oleh Linda Sapira diperbarui 15 Mei 2023, 11:00 WIB
Diterbitkan 15 Mei 2023, 11:00 WIB
Kebun binatang Blackpool merekrut peserta berpakaian burung, untuk bisa menakut-nakuti burung camar (Tangkapan layar dari website bbc.com)
Kebun binatang Blackpool merekrut peserta berpakaian burung, untuk bisa menakut-nakuti burung camar (Tangkapan layar dari website bbc.com)

Liputan6.com, Lancashire - Kebun binatang Inggris telah membagikan rencananya untuk meminta tim pencegah burung camar manusia untuk menjauhkan burung-burung camar dari tamannya. Kebun binatang itu menyerukan kepada penduduk setempat untuk maju bergabung dengan tim layanan pengunjungnya. 

Mengutip dari scotsman.com, Senin (15/5/2023), kebun binatang ini terletak hanya beberapa mil dari pantai sehingga mungkin tidak mengherankan jika kebun binatang Blackpool sering dikunjungi oleh kawanan burung camar. Namun, tampaknya kehadiran mereka menjadi lebih mengganggu dan oleh karena itu pihak kebun binatang telah memasang iklan lowongan pekerjaan untuk membantu membersihkan taman dari mereka.

Kebun binatang di Lancashire Inggris itu kemudian berupaya merekrut sekelompok orang, untuk mengenakan kostum burung dan menakut-nakuti burung camar pengganggu.

Kebun Binatang Blackpool memasang iklan tersebut setelah bos mereka mengatakan burung-burung itu terus-menerus mencuri makanan dari pengunjung dan kandang hewan.

Dalam keterangan yang di tulis bbc.com, kandidat atau peserta yang berhasil akan bergabung dengan tim "layanan pengunjung" sebagai "pencegah burung camar", kata iklan tersebut.

Mereka yang mengambil peran harus "ramah" dan "nyaman mengenakan kostum burung", tambah bunyi iklan lowongan pekerjaan tersebut. 

"Di Kebun Binatang Blackpool, tidak perlu dikatakan bahwa kami mencintai semua hewan. Dan sebagai resort tepi laut, Blackpool tidak kekurangan burung camar. Namun, burung camar terbukti sedikit mengganggu saat mencoba mencuri makanan dari pengunjung dan kandang hewan kami," tulisan yang menyertai iklan tersebut.

"Kita perlu melakukan apa yang kita bisa untuk menjauhkan burung camar dari area makan pengunjung utama kita".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Burung Camar Telah Menyebabkan Banyak Masalah di Kebun Binatang Tersebut

Ilustrasi Burung Camar
EPA/Nic Bothma

Menurut iklan pekerjaan tersebut, burung-burung bermasalah ini telah menyebabkan kekacauan baik bagi pengunjung maupun beberapa hewan penghuni kebun binatang.

Untuk melindungi pengunjung kebun binatang dan menyelamatkan makanan untuk lebih dari 1.350 hewannya, taman berencana untuk merekrut tim pencegah burung camar manusia baru sebagai bagian dari staf layanan pengunjungnya. 

Peran tersebut akan mencakup menjauhkan burung dari ruang makan pengunjung utama sambil berpakaian seperti burung camar seukuran manusia. Secara khusus, kebun binatang mencari individu yang berfokus pada pengunjung, ramah, energik, fleksibel, dan supel untuk bergabung dengan staf taman.

Blackpool memang terkenal dengan burung camarnya yang nakal, yang secara rutin mencuri makanan dari penduduk lokal dan turis. 

Pengunjung yang tidak terkesan dengan keberadaan mereka kerap memberi rating empat bintang, dan menulis, "Kebun binatang memiliki masalah besar dengan serbuan burung camar di area sekitar kafe atau restoran - ini meresahkan beberapa keluarga, terutama anak-anak."

"Kebun binatang telah memasang boneka elang di atap bangunan tetapi ini tidak berhasil. Kebun binatang harus menjadi lebih kreatif dalam menangani masalah serius."

 

 


Hotel di Venesia Sediakan Pistol Air untuk Usir Burung Camar

Venesia
Seekor burung camar berdiri di Jembatan Rialto di Venesia, pada 21 Mei 2021. (Marco Bertorello / AFP)

Bukan hanya di kebun binatang Blackpool saja yang mempunyai banyak burung camar penggangu, ternyata burung camar juga telah lama tercatat sebagai hewan pengganggu di Venesia. Meski di sisi lain kehadiran hewan ini praktis menjadi bagian dari karakter Piazza San Marco dan Grand Canal.

Kendati demikian di hotel-hotel di Venesia telah menemukan solusi kreatif untuk mengusir burung camar, yakni dengan pistol air. Gritti Palace dan Hotel Monaco & Grand Canal kini menyediakan pistol mainan untuk para tamu mereka untuk mengusir burung camar, seperti dilaporkan The Guardian.

Sebagai tindakan tambahan, semua pistol air berwarna oranye, warna yang dikatakan dapat mengusir burung. Direktur Gritti Palace Paolo Lorenzoni mengatakan kepada outlet bahwa mereka telah mencoba burung elang, yang sangat mahal, dan juga mencoba burung hantu palsu, tetapi merpati akhirnya duduk di kepala mereka.

"Begitu mereka melihat pistol, mereka terbang," kata Lorenzoni.

Lorenzoni menambahkan soal pistol air untuk mengusir burung camar, "Anda bahkan tidak perlu menggunakannya, kamu hanya perlu menyimpannya di atas meja."

Baca selengkapnya di sini... 


Menelan Kotoran Burung Camar, Balita di Wales Mengalami Gagal Ginjal

Alur Penanganan Gangguan Ginjal Akut Misterius di Rumah Sakit
Alur Penanganan Gangguan Ginjal Akut Misterius di Rumah Sakit. Foto: Freepik.

Bukan hanya menjadi pengganggu, ternyata burung camar juga bisa menyebabkan bahaya bagi balita. Seorang balita di Wales bernama Jaydon Pritchard mengalami gagal ginjal usai dilaporkan menelan kotoran burung camar ketika dirinya sedang bermain di taman.

"Para dokter mendiagnosisnya dengan gagal ginjal dan memberi tahu kami bahwa dia menderita keracunan E. coli karena menelan kotoran burung camar," kata sang kakek, Arwel. 

Kejadian itu dimulai, saat Jaydon dibawa ke dokter usai dua hari tidak sehat. Saat itu, dokter di rumah sakit Ysbyty Gwynedd mencurigai anak itu terinfeksi virus dan dipulangkan untuk dirawat di rumah.

Namun, Arwel mengatakan bahwa keesokan harinya, anak yang tingal bersama ibu serta kakek dan neneknya itu, tidak melakukan apa-apa selain sakit dan tidur.

Malam harinya, kondisi balita itu memburuk. Mereka pun segera memanggil ambulans dan dilarikan ke rumah sakit Ysbyty Gwynedd. Tim dari Alder Hey Children's Hospital di Liverpool lalu datang dan menjemputnya dalam beberapa jam.

Baca selengkapnya di sini... 

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya