Ilusi Optik Tes Kepribadian Sosok Emosional atau Konservatif, Gambar Bebek Atau Kelinci yang Anda Lihat?

Apa yang Anda lihat pertama kali dalam ilusi optik baru ini dapat mengungkap apakah Anda tipe orang yang terus terang dan konservatif, atau mengikuti emosi. Yuk, coba!

oleh Erina Putri diperbarui 18 Jul 2023, 20:10 WIB
Diterbitkan 18 Jul 2023, 20:10 WIB
ilusi optik tebak kepribadian
Ilusi Optik Bebek atau Kelinci. (Doc: @psychologylove100 via TikTok)

Liputan6.com, Jakarta - Ilusi optik ini menjanjikan untuk mengungkap jenis karakter kepribadian Anda hanya dengan sekali pandang. Lewat hewan apa yang Anda lihat pertama kali, maknanya akan menentukan apakah Anda adalah tipe orang yang berterus terang dan konservatif, atau jika Anda lebih cenderung mengikuti emosi.

Dilansir dari the-sun.com, Selasa (18/7/2023), tantangan ini datang dari Psychology Love (@psychologylove100), yang akun TikTok-nya didedikasikan untuk konten tes kepribadian serupa.

Konten ilusi optik itu menjadi formula sukses bagi akun TikTok tersebut, karena terbukti mampu meraih lebih dari 323.000 pengikut hingga hari ini.

Seperti video-video lainnya di akun tersebut, penjelasan gambar ilusi optik di video kali ini juga menawarkan permainan pikiran bagi para penonton dengan menampilkan dua makhluk kecil.

Hewan mana yang dilihat pertama kali dikatakan menjadi indikator kuat dari sifat-sifat kepribadian seseorang.

"Apa yang Anda lihat pertama kali dalam gambar ini?" tanya akun Psychology Love.

"Jika Anda melihat seekor kelinci, itu berarti setiap kali Anda melakukan sesuatu, Anda banyak bertanya pada diri sendiri dan Anda adalah orang yang terus terang, jadi Anda biasanya tidak berubah pikiran," katanya.

"Anda juga berorientasi pada keluarga, Anda mencari seseorang yang bisa memahami pandangan dunia Anda yang kadang-kadang konservatif."

Kemudian dia menyimpulkan, "Anda setia dalam hubungan Anda, baik dalam cinta maupun persahabatan."

Namun, ceritanya berbeda jika Anda melihat gambar seekor bebek pertama kali.

"Ini berarti Anda sering membuat keputusan berdasarkan emosi. Anda mengikuti hati Anda dan tidak suka orang-orang memberi tahu Anda apa yang harus dilakukan," tulisnya.

"Ketika sebuah rencana menyentuh hati Anda, Anda sabar, metodis, dan penuh tekad," simpulnya.

Ratusan komentator berbondong-bondong kemudian membagikan pengalaman mereka tentang video terkait gambar ilusi optik ini, yang disukai lebih dari 35.000 kali di TikTok.

"Bagaimana bisa pria ini selalu benar tentang apa yang saya lihat?" tanya seorang penggemar kebingungan.

"Saya melihat bebek. Ini cukup akurat," reaksi yang lain.

Penggemar lainnya juga mengaku kebingungan sedikit: "Tapi saya melihat keduanya sekaligus, jadi apa artinya itu?"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pembawa Kebahagiaan atau Orang yang Sulit Percaya?

Ilusi Mata / optik
Ilusi Mata Mobil atau Pria Meneropong. (Mia Yilin via Tiktok)

Ilusi optik lainnya ini menunjukkan apakah Anda adalah orang yang melihat segalanya dengan optimis, atau curiga dan tidak percaya kepada orang lain.

Dikutip dari 7News, Senin (17/7/2023), adalah Mia Yilin, sosok di balik ilusi optik viral tersebut.

Mia Yilin adalah seorang pencipta konten di TikTok dengan lebih dari 450.000 pengikut dengan video-video mengungkap jenis kepribadian Anda berdasarkan ilusi optik yang membingungkan.

"Apa yang pertama kali Anda lihat dalam gambar ini?" kata Mia Yilin dalam kata pengantar khasnya di salah satu video terbarunya di TikTok.

Ada dua gambar yang harus ditemukan dalam video ini, dan gambar yang pertama kali Anda lihat mengungkapkan tipe kepribadian Anda.

Tipe Pembawa Kebahagiaan Bagi Orang lain

"Jika Anda pertama kali melihat mobil, maka Anda adalah seorang pembawa kebahagiaan dan bisa melihat sisi positif dari setiap situasi," ujar Yilin.

"Orang-orang suka berada di sekitar Anda karena Anda selalu tahu bagaimana membuat mereka tersenyum."

Meskipun itu adalah sifat kepribadian yang hebat, Yilin memperingatkan sosok optimis ini tentang kecenderungan mereka untuk menggunakan humor sebagai mekanisme pertahanan untuk menghindari perasaan yang lebih dalam.

"Menyadari bahwa menggunakan humor sebagai mekanisme pertahanan pribadi Anda mungkin mencegah Anda mengatasi emosi yang lebih mendalam," katanya.

Sulit Percaya

Gambar lain yang terlihat dalam ilusi ini menunjukkan tipe kepribadian yang berbeda.

"Jika Anda pertama kali melihat orang yang memegang teropong, maka Anda sangat menghargai keindahan alam," ujar Yilin.

"Bahasa cinta Anda adalah tindakan nyata, dan yang paling menggerakkan Anda adalah ketika orang lain memperhatikan detail-detail kecil."

Namun, dengan tipe kepribadian ini juga ada beberapa kelemahan, kata Yilin.

"Anda agak perfeksionis dan sulit percaya kepada orang lain untuk mengikuti petunjuk Anda dengan benar, sehingga Anda bisa sangat stres jika ada kemungkinan hal-hal berjalan salah," katanya.

Para pengikutnya di TikTok kemudian merespons terkejut dengan 'ketepatan' analisis Yilin.

"OMG ini sangat tepat," tulis seseorang.

"Benar-benar nyata," kata orang lain.

"Selalu sangat akurat," komentar seorang pengikut lainnya. 


Ilusi Optik Yang Tunjukan Gaya Kerjamu

Ilusi Optik Garpu atau Tangan
Gambar ilusi optik yang menunjukan gaya bekerjamu! (Dok: @mia_yiin via Tiktok)

Apakah Anda seorang 'master of control' (penguasa kendali) atau 'ultimate procrastinator' (penunda sejati)? Sebuah ilusi optik ini telah muncul untuk mengungkapkan gaya bekerjamu. 

Ilusi optik ini dapat membantu mengidentifikasi apakah kamu seorang workaholic yang selalu menyelesaikan tugas tepat waktu atau sebaliknya.

Dilansir dari Dailymail.co.uk, Kamis (13/7/2023), foto ini pertama kali dibagikan oleh Mia Yilin, seorang pembuat konten di TikTok dan karenanya telah mendapatkan lebih dari 39.000 penonton. 

Di dalam gambar tersebut, terdapat tangan dan garpu. Tergantung pada apa yang pertama kali kamu lihat, hal ini dapat mengungkapkan sifat kepribadianmu.

Tangan yang digambarkan pada foto ilusi optik tersebut memiliki jari-jari yang membentuk garis luar dari garpu. Mia menjelaskan bahwa jika kamu melihat tangan terlebih dahulu, ini menunjukkan bahwa kamu adalah seseorang yang sangat disiplin dan memiliki penguasaan diri. 

Kamu juga memiliki kemampuan yang baik dalam mengatur waktu dan pekerjaan, hal ini merupakan hal yang penting bagimu.

Namun, Mia menyarankan agar mereka yang melihat gambar tangan terlebih dahulu, untuk mencoba bersantai dan tidak selalu mengejar kesempurnaan terus-menerus.

Sementara itu, bagi mereka yang melihat garpu terlebih dahulu, Mia menyatakan bahwa mereka adalah penunda sejati. 

Mereka cenderung selalu menunda-nunda dan menyelesaikan tugas-tugas pada menit terakhir. Mia menambahkan bahwa mereka memiliki kemampuan luar biasa dalam mencari distraksi dan meyakinkan diri sendiri bahwa mereka akan mengerjakan tugas-tugas tersebut nanti.

Meskipun demikian, Mia juga menyatakan bahwa mereka yang melihat garpu terlebih dahulu sebenarnya menyadari bahwa jika mereka benar-benar fokus dan berkomitmen, mereka memiliki potensi untuk mencapai kesuksesan yang besar.

Jadi, berdasarkan ilusi optik ini, kamu dapat mengenali pola atau gaya bekerja milikmu dan mungkin menemukan area yang perlu ditingkatkan dalam pengaturan waktu dan pencapaian tugas-tugas.


Anda Orang yang Sering Ragu atau Tidak?

Tes Kepribadian, Apa Gambar Pertama Dilihat? Ungkap Kamu Orang yang Ragu-Ragu
Tes Kepribadian, Apa Gambar Pertama Dilihat? Ungkap Kamu Orang yang Ragu-Ragu (Sumber: MDZOnline)

Test kepribadian lainnya akan mengungkap apakah kamu orang yang ragu-ragu atau tidak lewat gambar pertama yang dilihat. Berikut penjelasan dari masing-masing gambar, dilansir Liputan6.com dari MDZOnline, Selasa (9/5/2023).

Jika melihat gambar kuda pertama kali, biasanya kamu tidak mementingkan apa yang dipikirkan orang lain tentang dirimu. Kamu jarang menilai seseorang sebelum bertemu langsung dengan mereka. Kamu membiarkan diri hidup dalam kebebasan.

Kamu menonjol karena bersikap rasional. Kamu tidak pernah membuat keputusan tanpa berpikir dua kali. Kamu juga cenderung menimbang semua pro dan kontra dari setiap opsi dan jarang memilih yang termudah. Keluarga menempati tempat istimewa di hatimu. 

Bagi yang melihat gambar wanita pertama kali, kamu adalah orang yang ragu-ragu. Kamu mengalami kesulitan membuat keputusan dan rasa tidak aman selalu mempermainkan dirimu. Dalam hubungan cinta, kamu sangat cemburu dan membuat cerita di kepala yang biasanya tidak terjadi dalam kehidupan nyata.

Kamu harus belajar untuk rileks dan akan melihat bahwa semuanya mengalir dengan lebih mudah. Kamu juga tidak tahan merasa ditolak. Kamu sangat setia, loyal dan orang yang sangat dapat dipercaya. Kamu selalu menepati janji dan tidak akan pernah dengan sengaja melakukan apa pun untuk menyakiti orang lain.

Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan
Infografis Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Source: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya