William Lai, Capres Anti-China Menang Pilpres Taiwan Usai Raih Suara Terbanyak

William Lai Ching-te dari Partai Progresif Demokratik (DPP) memenangkan pemilihan presiden Taiwan yang diselenggarakan hari ini, Sabtu (13/1).

oleh Teddy Tri Setio Berty diperbarui 13 Jan 2024, 20:59 WIB
Diterbitkan 13 Jan 2024, 20:11 WIB
William Lai
Wakil Presiden Taiwan William Lai merupakan salah satu calon presiden dalam Pilpres Taiwan 2024. (Dok. AFP/ Sam Yeh)

Liputan6.com, Jakarta - William Lai Ching-te dari Partai Progresif Demokratik (DPP) memenangkan pemilihan presiden Taiwan dengan memimpin perolehan suara dalam pilpres yang diselenggarakan hari ini, Sabtu (13/1).

Lai yang juga wakil presiden saat ini, bersaing ketat dengan Hou Yu-ih dari kubu konservatif Kuomintang (KMT) dan Ko Wen-je dari Partai Rakyat Taiwan.

Dikutip dari laman Al Jazeera, Sabtu ((13/1/2024) Hou mengakui kekalahan pada Sabtu dan mengucapkan selamat kepada Lai atas kemenangannya.

Ia pun meminta maaf kepada pendukung KMT karena tidak mampu menggulingkan DPP.

Para pemilih juga memilih anggota parlemen untuk badan legislatif Taiwan yang memiliki 113 kursi dalam pemilu yang diawasi ketat oleh Tiongkok dan Amerika Serikat.

Pemilihan umum Taiwan mempunyai arti yang sangat penting karena status politik wilayah tersebut yang disengketakan.

Meskipun secara de facto sudah merdeka sejak tahun 1940-an, China masih mengklaim pulau tersebut dan wilayah sekitarnya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk mencapai ambisinya.

Tiongkok sebelumnya mengatakan bahwa Lai akan menjadi ancaman bagi perdamaian di kawasan jika ia menang, dan menyebut pemilu tersebut sebagai pilihan antara perang dan perdamaian.

Lai mengatakan, dia berkomitmen terhadap perdamaian di kawasan dan terbuka terhadap keterlibatan bersyarat dengan Beijing.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kandidat terdepan: William Lai dari DPP

Wakil Presiden Taiwan William Lai (tengah) menghadiri pemakaman mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Kuil Zojoji, Tokyo, 12 Juli 2022. (Philip FONG / AFP)
Wakil Presiden Taiwan William Lai (tengah) menghadiri pemakaman mendiang mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe di Kuil Zojoji, Tokyo, 12 Juli 2022. (Philip FONG / AFP)

William Lai mungkin berbicara dengan lembut, namun wakil presiden Taiwan yang berusia 64 tahun ini adalah pendukung setia status pemerintahan mandiri di pulau tersebut. Media China, Global Times, bahkan menyerukan agar dia diadili berdasarkan undang-undang anti-pemisahan diri.

Selama masa jabatannya sebagai perdana menteri dari tahun 2017 hingga 2019, William Lai menggambarkan dirinya sebagai pekerja pragmatis untuk kemerdekaan Taiwan.

Ayah William Lai meninggal dalam kecelakaan ketika dia berusia dua tahun. Menyaksikan ibunya membesarkan enam anak sendirian, kata dia, menumbuhkan etos kerja yang kuat dalam dirinya. Dia mendapat pendidikan medis di Harvard dan bekerja sebagai dokter ginjal sebelum memasuki layanan publik di Taiwan pada pertengahan tahun 1990-an.

William Lai pertama kali menjabat sebagai anggota parlemen yang mewakili Kota Tainan. Dia terpilih sebagai wali kota pada tahun 2010 dan memegang jabatan tersebut pada tahun 2014 dengan perolehan 73 persen suara yang belum pernah terjadi sebelumnya.


William Lai: Taiwan Bisa Berteman dengan China

Bendera Taiwan bersanding dengan bendera Amerika Serikat (AFP)
Bendera Taiwan bersanding dengan bendera Amerika Serikat (AFP)

Sosok William Lai dilaporkan menjadi kandidat terdepan sejak awal dengan selisih tipis. Jajak pendapat yang sebelumnya dilakukan oleh Yayasan Opini Publik Taiwan (TPOF) menempatkannya di depan Hou Yu-ih, di mana hanya selisih 1 persen dengan rating 38 persen.

Dalam kampanye kepresidenannya, William Lai berulang kali mengatakan bahwa Taiwan berharap bisa "berteman" dengan China.

"Kami tidak ingin menjadi musuh. Kami bisa menjadi teman. Dan kami (akan) senang melihat China ... menikmati demokrasi dan kebebasan, sama seperti kami," katanya kepada Bloomberg pada Agustus, seperti dilansir BBC, Minggu (7/1).

Namun, China mencap William Lai sebagai "pembuat onar".

Latar belakang pasangannya, Hsiao Bi-khim, bukan tidak mungkin semakin membuat marah China. Dia lahir di Jepang dan sebagian besar tumbuh di AS, sehingga memperkuat hubungannya dengan sekutu terkuat Taiwan, yang juga merupakan tantangan diplomatik terberat China.

 


Tanggapan China Soal Pasangan William Lai

China menyebut Hsiao sebagai "separatis kemerdekaan Taiwan yang fanatik". Beijing telah dua kali memberikan sanksi kepada diplomat terkemuka tersebut untuk memasuki China daratan dan juga melarang investor dan perusahaan yang terkait dengannya untuk bekerja dengan organisasi di China daratan.

Hsiao memiliki banyak pengalaman kebijakan luar negeri untuk mendukung William Lai. Wanita berusia 52 tahun ini menjabat sebagai perwakilan Taiwan untuk AS selama tiga tahun terakhir. Dia adalah wanita pertama yang mengambil peran itu.

Dalam hal tata negara, Hsiao menyebut dirinya sebagai "prajurit kucing" - respons terhadap gaya diplomasi "prajurit serigala" China yang agresif.

"Kucing jauh lebih menyenangkan dibandingkan serigala. Dalam diplomasi, yang terpenting adalah menjalin pertemanan," katanya kepada The Economist bulan lalu.

Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)
Ilustrasi Bendera China (AFP/STR)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya