Cuaca Panas Ekstrem Tewaskan 61 Orang di Thailand

Angka kematian tahun ini akibat panas ekstrem lebih tinggi dibandingkan tahun lalu.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 10 Mei 2024, 15:01 WIB
Diterbitkan 10 Mei 2024, 15:01 WIB
Ibu kota Thailand, Bangkok.
Ibu kota Thailand, Bangkok. (Dok. Unsplash)

Liputan6.com, Bangkok - Serangan panas menewaskan 61 orang di Thailand sepanjang tahun 2024. Demikian disampaikan Kementerian Kesehatan Thailand pada Jumat (10/5/2024) setelah berminggu-minggu panas ekstrem melanda seluruh negeri.

Gelombang panas yang melanda Thailand dalam beberapa pekan terakhir, mendorong pihak berwenang mengeluarkan peringatan tentang cuaca panas hampir setiap hari.

Kementerian Kesehatan Thailand menuturkan bahwa 61 orang telah meninggal karena sengatan panas sejak awal tahun 2024, dibandingkan dengan 37 orang pada keseluruhan tahun 2023.

"Bagian timur laut Thailand – jantung pertanian – mengalami jumlah kematian tertinggi," sebut kementerian itu seperti dilansir CNA.

Para ilmuwan telah lama memperingatkan bahwa perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia akan menghasilkan gelombang panas yang lebih sering, lebih lama, dan lebih hebat.

Meskipun fenomena El Nino turut mendorong terjadinya cuaca yang sangat hangat tahun ini, menurut Organisasi Meteorologi Dunia PBB, Asia mengalami pemanasan lebih cepat dibandingkan rata-rata global.

Wakil Departemen Pengendalian Penyakit Thailand Apichart Vachiraphan memperingatkan orang-orang dengan kondisi medis yang mendasarinya untuk membatasi waktu mereka di luar ruangan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Waspada Banjir Bandang

Ilustrasi banjir bandang
Ilustrasi banjir bandang. (Dok. unsplash.com/Sadiq Nafee)

Thailand tahun ini mengalami penundaan musim hujan, di mana cuaca panas terik berlangsung lebih lama dari biasanya.

Badai telah melanda sebagian wilayah kerajaan pada minggu ini, menurunkan suhu namun menimbulkan peringatan dari pihak berwenang mengenai potensi banjir bandang.

Pada bulan April, Thailand tepatnya di Provinsi Lampang mencatat suhu 44,2 derajat Celsius – sedikit di bawah rekor nasional sepanjang masa yaitu 44,6 derajat Celsius pada tahun lalu.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya