Ucapan Selamat Prabowo Subianto untuk Perdana Menteri Baru Inggris Keir Starmer

Begini isi ucapan selamat Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Indonesia Prabowo Subianto kepada Perdana Menteri baru Inggris Keir Starmer.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 06 Jul 2024, 13:00 WIB
Diterbitkan 06 Jul 2024, 13:00 WIB
Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)
Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)

Liputan6.com, Jakarta - Pada Pemilu Inggris tanggal 4 Juli, Partai Konservatif yang berkuasa mengalami kekalahan besar. Sebagai gantinya adalah Partai Buruh, yang meraih kemenangan telak dalam pemilu Inggris.

Pemimpin Partai Buruh, jaksa yang kemudian menjadi politikus Keir Starmer, terpilih menjadi Perdana Menteri Inggris ke-58.

Situs Times yang dikutip Jumat (5/7) menyebut, setelah masa pemerintahan selama 14 tahun yang ditentukan oleh Brexit, pandemi, dan periode gejolak politik dan keuangan yang menakjubkan yang menghasilkan tiga Perdana Menteri hanya dalam satu tahun, partai politik paling sukses di dunia—yang sejak tahun 1945 telah berkuasa dua kali lebih lama selama mereka tidak terlibat—telah didorong kembali menjadi oposisi.

Perdana Menteri terpilih Keir Starmer berjanji “perubahan dimulai sekarang” dalam pidato kemenangannya ketika Perdana Menteri Rishi Sunak mengakui kekalahannya.

Mengetahui kabar tersebut, Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Indonesia Prabowo Subianto pun mengirim ucapan selamat kepada Keir Starmer.

"Saya menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Tuan@Keir_Starmer dan Partai Buruh atas kemenangan mereka pada Pemilihan Umum Inggris tahun 2024," demikian ucapan selamat Prabowo Subianto untuk Perdana Menteri baru Inggris itu, yang tertuang di akun X @prabowo, dikutip Sabtu (6/7/2024).

"Saya berharap dapat lebih meningkatkan kolaborasi antara kedua negara di berbagai sektor," imbuh Prabowo Subianto.

Keir Starmer, seorang pengacara hak asasi manusia (HAM) dari sebuah kota kecil di Inggris selatan, akan menjadi perdana menteri Inggris pengganti Rishi Sunak. Kemenangannya pada tanggal 4 Juli sungguh luar biasa. Namun Inggris hampir tidak tahu siapa dia.

Dalam profil Keir Starmer yang dikutip dari situs Politico.eu, ia disebut baru menjadi politisi selama sembilan tahun. Sejak dinobatkan sebagai pemimpin Partai Buruh Inggris pada tahun 2020, ia telah mengarahkan partainya dari kekalahan pemilu terburuk dalam hampir satu abad untuk menjadi kekuatan dominan dalam politik Inggris.

Lebih dari itu, keberhasilannya – sama seperti sekutu-sekutu Barat yang menggoda populisme – langsung menempatkannya sebagai salah satu pemimpin paling terkemuka di dunia. Itu mungkin tempat yang sepi, menjelang akhir tahun.


Profil Singkat Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer: Sosok yang Tak Menonjolkan Diri Tapi Punya Gelar Bangsawan

Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)
Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)

Situs AFP menyebut, Keir Starmer selalu berpenampilan rapi, dengan rambut abu-abu yang disisir rapi, ekspresi tegas dan suara tidak memihak.

Starmer yang berusia 61 tahun adalah orang yang berbeda dalam politik Inggris dibandingkan dengan rekan-rekannya dan pendahulunya dari Partai Konservatif.

Jauh dari kelakuan orang-orang seperti Boris Johnson, Liz Truss, Jeremy Corbyn, dan Nigel Farage – yang kariernya dipenuhi kontroversi dan skandal – pemimpin Partai Buruh ini menonjol karena kemampuannya untuk tidak menonjolkan diri.

Faktanya, hanya sedikit yang diketahui tentang penghuni baru 10 Downing Street.

Seorang knight (ksatria) dengan asal usul yang sederhana, Sir Keir – dia sendiri jarang menggunakan gelar kehormatan atau bangsawan – dianugerahi gelar ksatria pada tahun 2014 atas jasanya pada “hukum dan peradilan pidana”.

Starmer berasal dari latar belakang sederhana. Lahir dari orang tua kerah biru pada tahun 1962, Starmer diberi nama setelah Keir Hardie, pendiri Partai Buruh yang orang tuanya adalah pendukung setianya, dan dibesarkan di sebuah kota kecil di Surrey.

“Ayah saya adalah seorang pembuat perkakas dan bekerja di pabrik sepanjang hidupnya, dan ibu saya adalah seorang perawat,” Starmer sering menyatakan dalam pidatonya.

Anak pertama dari empat bersaudara yang menerima pendidikan tinggi, Starmer kuliah di Universitas Leeds dan lulus dengan pujian dan gelar sarjana hukum sebelum berangkat ke Oxford untuk studi pascasarjana.

Starmer kemudian menjadi pengacara pada tahun 1987, dengan spesialisasi hukum hak asasi manusia dan mewakili terpidana mati di Afrika dan Karibia.

Seringkali memberikan nasihat hukum secara gratis, Starmer juga menangani beberapa kasus penting termasuk pembelaan aktivis lingkungan terhadap McDonald’s dan Shell.

Dijuluki "pengacara kidal" oleh para penentangnya, Starmer mengambil tindakan hukum terhadap pelanggaran hak asasi manusia dalam konteks konflik Irlandia Utara dan membantu membentuk Dewan Kepolisian Irlandia Utara setelah perjanjian Jumat Agung yang mengakhiri konflik kekerasan selama beberapa dekade di Irlandia Utara.

Pada tahun 2008, Starmer ditunjuk sebagai Direktur Penuntutan Umum dan mengawasi penuntutan anggota parlemen yang dituduh melakukan penggelapan dan jurnalis yang dituduh melakukan peretasan telepon.

 


Keir Starmer Dianggap Telat Masuk Politik

Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)
Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)

Keir Stramer dianggap terlambat dalam dunia politik. Masuknya Starmer ke dunia politik terjadi pada usia lanjut, usia 52 tahun.

Ia pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen pada tahun 2015, dan menjabat sebagai anggota di daerah pemilihannya di London, tempat ia tinggal bersama istri dan kedua anaknya.

Dengan cepat naik pangkat di Partai Buruh, Starmer segera menjadi menteri bayangan Kantor Dalam Negeri sebelum berhenti dari perannya sebagai protes atas kurangnya kepemimpinan mantan ketua partai Jeremy Corbyn selama kampanye Brexit.

Starmer kemudian menjadi juru bicara partai mengenai isu-isu terkait Brexit dan akhirnya mengambil alih kepemimpinan partai ketika Corbyn mundur menyusul kekalahan telak Partai Buruh dalam pemilihan umum 2019 melawan Konservatif pimpinan Boris Johnson.

Sejak saat itulah Starmer mengukuhkan dirinya sebagai politisi, kata Thibaud Harrois, dosen peradaban Inggris kontemporer di Universitas Sorbonne-Nouvelle.

“Keir Starmer menjalankan misinya untuk membalik halaman tentang Jeremy Corbyn,” kata Harrois, seraya menambahkan bahwa “dia memulai dengan memecat semua orang yang dituduh anti-Semitisme dari dalam partai, termasuk Jeremy Corbyn sendiri.”

Pada bulan Mei, Starmer mengeluarkan Corbyn dari partainya setelah menskorsnya karena perselisihan tentang antisemitisme.

Berniat memenangkan suara terbanyak, Starmer juga mulai menyelaraskan kebijakan Partai Buruh dengan partai tengah dengan mencegah kandidat sayap kiri mencalonkan diri untuk partai tersebut.

 


Profil Keir Starmer: Ayah 2 Anak, Penggila Bola Klub Arsenal Vs Oportunis yang Membosankan

Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)
Pemimpin Partai Buruh Keir Starmer menang Pemilu Inggris 2024. (AP)

Keir Starmer, ayah dua anak yang sudah menikah ini tidak seperti kebanyakan politisi modern. Ia memiliki karir yang panjang dan cemerlang sebelum menjadi anggota parlemen dan pandangannya lebih berakar pada pragmatisme daripada ideologi.

"Kita harus mengembalikan politik ke dalam pelayanan," kata Starmer berulang kali selama kampanye, berjanji untuk menempatkan "negara di urutan pertama, partai di urutan kedua" setelah 14 tahun kekacauan pemerintahan Konservatif di bawah lima perdana menteri yang berbeda.

Mantra tersebut selaras dengan pujian para pendukungnya terhadapnya sebagai sepasang manajer yang aman dan akan menjalani kehidupan di Downing Street dengan cara yang sama seperti yang ia lakukan dalam karier hukumnya: secara serius dan forensik.

Namun, para pengkritiknya menjulukinya sebagai seorang oportunis yang membosankan dan sering berubah posisi dalam suatu isu dan gagal memberikan visi yang jelas dan tegas bagi negaranya.

Starmer yang gila sepak bola, seorang penggemar setia Arsenal, telah berjuang untuk menghilangkan citra publiknya sebagai orang yang kaku dan membosankan dan baru-baru ini mulai terlihat lebih nyaman dalam sorotan publik. 

Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 8 Urutan Pewaris Takhta Kerajaan Inggris Setelah Raja Charles III. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya