Cantik-Cantik Gangster Perempuan India, Bisa Mengintai hingga Menembak

Fakta bahwa gangster perempuan ada bertentangan dengan anggapan itu. “Meskipun telah melakukan segalanya, seorang wanita tidak dapat menggunakan kekuatan yang sama dengan pria, karena dia adalah seorang wanita.”

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 25 Jul 2024, 19:40 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 19:40 WIB
Ilustrasi bendera India (AFP Photo)
Ilustrasi gangster perempuan India (AFP Photo)

Liputan6.com, Delhi - Perempuan di India Utara baru-baru ini menjadi berita utama karena menjadi gangster.

Para gangster perempuan tersebut melakukan pengintaian, menjebak target atau penembakan sesekali, bahkan dalam kejahatan mereka melawan patriarki yang sudah berusia ribuan tahun.

Mengutip RT.com. Kamis (25/7/2024), India Utara telah lama dikenal karena kekerasannya, seperti yang ditunjukkan oleh para pejuang dan pegulatnya. Akhir-akhir ini, mereka menjadi terkenal karena gangster wanitanya.

Pada tanggal 18 Juni lalu, Anu yang berusia 24 tahun menggunakan media sosial untuk memikat Aman Joon ke gerai Burger King di Rajouri Garden, Delhi barat. Ketika dia tiba, dia duduk di seberangnya dan mulai mengobrol.

Beberapa menit kemudian dua pria memasuki restoran dan duduk di dekat pasangan itu. Mereka kemudian mengeluarkan pistol dan menembak ke arah Aman. Dia berlari ke konter, melompat dan bersembunyi, tetapi para penembak mengikutinya; seseorang mengosongkan dua magasin pistol ke Aman sebelum beralih ke senjata kedua. Sekitar tiga lusin penonton kabur dari Burger King saat insiden itu terjadi.

Buronan Himanshu Bhau, rekan gangster terkenal Neeraj Bawana yang berada di Penjara Tihar Delhi, mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut, yang diperintahkan sebagai balas dendam atas rekannya yang terbunuh.

Namun Anu-lah yang menarik perhatian media. Dijuluki 'Lady Don' oleh media, dia dituduh sebagai pembantu dekat Bhau, perannya sebagai honey trap alias penjebak. “Itu adalah jebakan yang dia buat,” kata keluarga Aman kepada RT.

Insiden sensasional lainnya terjadi pada bulan Januari, ketika Divya Pahuja (27), mantan model dan mantan pacar gangster Sandeep Gandoli, ditembak di kepala di sebuah hotel di Gurgaon, sebuah kota satelit di pinggiran kota Delhi. Mayatnya ditemukan di kanal yang jauh 11 hari kemudian.

Ketika dia berusia 18 tahun, dia dituduh telah memikat pacarnya ke dalam jebakan di mana pacarnya ditembak mati oleh polisi Mumbai, yang diduga merupakan pertemuan palsu. Dia menghabiskan tujuh tahun penjara sebelum mendapatkan jaminan tahun lalu.

Pada bulan Maret, Anuradha Choudhary, alias 'Revolver Rani' (ratu senjata), menjadi berita utama surat kabar karena mengenakan sari merah muda dan menikahi gangster lain yang dipenjara, dalam pernikahan tradisional India. Kontingen polisi menyaksikan pernikahan tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Awal Mula Munculnya Tren Gangster Perempuan

Ilustrasi bendera India. (Unsplash)
Ilustrasi gangster perempuan India. (Unsplash)

Tren keterlibatan perempuan dalam kejahatan keji saat ini dimulai dengan pembunuhan penyanyi-rapper Shubhdeep Singh Sidhu, yang juga dikenal dengan nama panggung Sidhu Moose Wala, pada Mei 2022, yang diduga dilakukan oleh geng Lawrence Bishnoi.

Moose Wala menjadi kontroversial sebagian karena liriknya dan pada tahun 2020, dituduh mempromosikan budaya senjata dalam sebuah lagu.

Dan lebih jauh ke masa lalu, Sonu Punjaban, seorang pemeras seks terkenal di Delhi, menjadi inspirasi karakter gangster wanita dalam komedi Bollywood.

Yang lebih terkenal lagi, Phoolan Devi adalah korban kekerasan dalam rumah tangga, pemerkosaan dan penghinaan di depan umum; dia menjadi bandit untuk membalas dendam, dan menjadi legenda. (Sebuah film biografi, 'Bandit Queen,' dibuat tentang dia). Devi, lahir dari keluarga kasta rendah di sebuah desa terpencil di Uttar Pradesh, menjadi penjahat paling terkenal di India. Dituduh melakukan 48 kejahatan besar dan dipenjara selama 11 tahun tanpa pengadilan, ia kemudian menjadi anggota parlemen dan pemimpin terkemuka untuk kasta rendah di India. Dia dibunuh di luar rumahnya di Delhi pada tahun 2001.

Pada bulan Maret tahun ini, polisi di Chandigarh (ibu kota bersama Punjab dan Haryana di India utara) menangkap Pooja Sharma dan dua rekannya, menggagalkan rencana yang menargetkan musuh bebuyutan geng Bishnoi.

Selama interogasi dia mengungkap bergabung dengan geng tersebut karena terpesona oleh kepribadian Bishnoi dan jatuh cinta dengan rekan dekatnya.

 


Perekrutan Gangster Wanita

Ilustrasi bendera India
Ilustrasi gangster perempuan India (Foto By AI)

Sumber polisi mengatakan kepada outlet berita RT bahwa geng-geng tersebut mencari perekrutan wanita muda yang tertarik pada kejahatan. Pekerjaan mereka tidak terbatas pada pengintaian atau menjebak target; beberapa kadang-kadang ditugaskan untuk menembak.

Divyanjali V, seorang psikiater forensik yang tinggal di Lucknow, ibu kota Uttar Pradesh, percaya bahwa patriarki berkontribusi pada perempuan memilih aktivitas kriminal. Dalam struktur keluarga patriarki, perempuan berada di bawah suaminya, ayah dan mertuanya, bahkan anak laki-lakinya, tergantung pada kepala keluarga.

“Kami tahu bahwa ada banyak kejahatan terhadap perempuan karena mereka secara biologis lebih rentan,” kata Divyanjali kepada RT. “Perempuan telah menjadi sasaran patriarki selama berabad-abad dan mereka terus merasa terpuruk.”

Menurut Indeks Perdamaian dan Keamanan Perempuan 2023, yang dirilis oleh Georgetown Institute for Women, Peace, and Security yang berbasis di AS, India berada di peringkat 128 dari 177 negara dalam hal inklusi, keadilan, dan keamanan perempuan.

Data terbaru dari Biro Catatan Kejahatan Nasional India (NCRB) menunjukkan tingkat kejahatan terhadap perempuan tumbuh sebesar 12,9% antara tahun 2018 dan 2022. Sebagian besar kejahatan ini dilakukan oleh suami atau kerabat (31,4%), diikuti oleh penculikan dan penculikan. (19,2%), penyerangan (18,7%) dan pemerkosaan (7,1%).

Rumah yang penuh kekerasan mendorong Shantadevi Patkar ke kehidupan kriminal. Dijuluki 'Ratu Narkoba Mumbai', dia memiliki suami yang kejam. Gagasan menghasilkan uang melalui penjualan narkoba membawanya ke jalan yang berbeda.

Divyanjali berpendapat bahwa sebagian besar kejahatan tampak rasional bagi pelakunya karena mereka mencari kehidupan yang lebih baik atau melarikan diri dari situasi yang buruk. Tak terkecuali para penjahat perempuan. “Mereka percaya hal itu dibenarkan dan akan membuat mereka merasa lebih baik karena kejahatanlah yang merugikan mereka,” katanya. “Trauma atau kejadian apa pun yang terjadi sebelumnya mungkin bisa menjadi motivator. Itu bisa menjadi emosi yang kuat, seperti cinta.”

 


Gangster Wanita Sebagai Pion

Ilustrasi bendera India. (Unsplash/Aniyora J)
Ilustrasi India. (Unsplash/Aniyora J)

Saima (nama diubah untuk melindungi identitas), mantan narapidana di Penjara Tihar, mengatakan kepada RT bahwa perempuan yang terlibat dalam kejahatan terorganisir atau geng dianggap dapat dibuang. “Orang-orang yang memimpin geng akan mempekerjakan sekelompok orang di sekitar mereka, yang kemudian akan mempekerjakan lapisan orang lain, yang akan mempekerjakan perempuan untuk pekerjaan kecil,” katanya. “Perempuan bisa dibuang. Mereka terutama berfungsi sebagai pion. Geng-geng ini mencari kambing hitam.”

Karena ini merupakan bentuk uang yang mudah, perempuan mungkin tidak menyadari konsekuensinya atau merasa yakin bahwa jika terjadi sesuatu, mereka akan dilindungi – namun hal ini jarang terjadi.

Ravindra B. Vaidya, pendiri dan presiden of Voluntary Action for Rehabilitation & Development (VARHAD) atau Aksi Sukarela untuk Rehabilitasi & Pembangunan, sebuah organisasi nirlaba yang bekerja untuk memungkinkan akses terhadap keadilan bagi narapidana, mengatakan kepada RT bahwa gangster perempuan lebih banyak ditemukan di kota-kota besar. “Pola kejahatan berbeda-beda tergantung pada wilayah geografis dan terdapat perbedaan besar antara kejahatan di kota-kota besar dan di kota-kota kecil di pedesaan India,” jelasnya.

Mayoritas tahanan perempuan yang ditangani oleh organisasi Vaidya adalah pelaku pertama kali yang dituduh melakukan pembunuhan terhadap pasangan sebagai respons terhadap kekerasan dalam rumah tangga. Namun perempuan yang terlibat dalam kejahatan terorganisir atau geng mungkin berada di sana karena alasan lain. “Mereka juga bisa berada di sana untuk mendapatkan kekuasaan,” katanya. “Dalam masyarakat kita yang didominasi laki-laki, kejahatan juga merupakan sumber kekuatan. Dan laki-laki percaya bahwa perempuan seharusnya tidak memiliki kekuatan ini.”

Beberapa perempuan dalam kejahatan terorganisir, menurut Vaidya, menikah dengan penjahat atau memiliki anggota keluarga laki-laki yang terlibat dalam aktivitas ilegal. “Seorang anggota keluarga laki-laki dengan latar belakang kriminal meninggal atau terbunuh dalam ‘pertemuan’ polisi atau dipenjara, sehingga perempuan tersebut tidak punya pilihan selain melakukan kejahatan karena sulit mendapatkan uang secara legal,” katanya.

Saima setuju. Dia mengatakan bahwa dia mengenal perempuan-perempuan di penjara yang tidak ada hubungannya dengan kejahatan sebelum menikah, namun setelah memasuki sebuah keluarga dalam perdagangan narkoba atau minuman keras, mereka pun ikut terlibat.

“Tetapi mereka tidak menyesalinya karena mereka percaya hal ini penting untuk kelangsungan hidup mereka dan keluarga,” tambahnya. “Kebanyakan perempuan ini tidak banyak berpikir. Mereka memenuhi tanggung jawab yang diberikan kepada mereka. Pekerjaan bagaimana mengembangkan usaha dilakukan oleh anggota keluarga laki-laki.”

Pragnya Joshi, Koordinator Inisiatif Penjara Rajasthan dari Persatuan Rakyat untuk Kebebasan Sipil (PUCL), sebuah organisasi hak asasi manusia, mengatakan sejumlah besar perempuan muda setengah terpelajar yang terlibat dalam kejahatan terorganisir memiliki gaya hidup mewah atau bekerja di perusahaan yang tidak jelas. Para wanita ini terlibat dalam phishing, penculikan, pemerasan, perdagangan manusia, dan pengedaran narkoba. Mayoritas perempuan melakukan aktivitas tersebut selama pandemi COVID-19, kata Joshi.

Ada yang punya usaha sendiri atau punya pekerjaan bagus, tapi karena COVID dan krisis ekonomi, mereka harus mencari pekerjaan alternatif. “Beberapa dari mereka adalah ibu tunggal,” jelasnya. “Mereka tidak punya pilihan sehingga mereka mengambil kesempatan untuk menghidupi anak-anak mereka.”

Wanita hanyalah Prajurit Kaki

Menurut Barsha, seorang psikolog kriminal yang berbasis di Delhi, perempuan yang bergabung dalam geng jarang terjadi karena kejahatan terorganisir di India didominasi oleh laki-laki.

Pragnya Joshi, Koordinator Inisiatif Penjara Rajasthan dari Persatuan Rakyat untuk Kebebasan Sipil (PUCL), sebuah organisasi hak asasi manusia, setuju. “Kurang dari lima persen perempuan bisa terlibat dalam kejahatan terorganisir,” katanya kepada RT. “Beberapa perempuan terlibat dalam kejahatan terorganisir, namun sebagian besar tidak.”

Baik Barsha maupun Joshi melaporkan bahwa perempuan memainkan peran kecil dalam perdagangan narkoba, penjualan minuman keras terlarang, dan dalam penjebakan target. “Kami jarang melihat perempuan memimpin geng,” kata Barsha. “Banyak perempuan berada di sana sebagai garda depan. Akan ada satu atau lebih orang yang memimpin geng di belakang layar.”

Barsha mengatakan orang-orang terpesona dengan gangster perempuan karena mereka jarang mendengarnya. “Sampai batas tertentu, ada pemuliaan, begitu pula nilai kejutan yang dimiliki gangster perempuan,” katanya. “Orang-orang menempatkan perempuan di atas panggung seolah-olah mereka tidak bisa berbuat salah atau melakukan kejahatan. Sudah menjadi sifat manusia untuk melakukan kejahatan.” Ia menambahkan, biasanya perempuan dianggap sebagai sosok ibu yang diharapkan bisa melindungi, merawat, dan mengasuh.

Fakta bahwa gangster perempuan ada bertentangan dengan anggapan itu.

Joshi berpendapat bahwa masyarakat memandang perempuan-perempuan tersebut sebagai anak nakal yang terdegradasi secara moral. “Masyarakat tidak menganggap perempuan bisa ambisius,” katanya. “Perempuan dianggap penurut dan harus dikontrol. Masyarakat tidak akan menerima dengan baik ketika perempuan membebaskan diri, baik itu penjahat atau bukan.”

Menurut Divyanjali, banyak faktor yang dapat mendorong perempuan melakukan kejahatan terorganisir. “Bisa jadi karena kemiskinan atau hanya karena mereka senang berkuasa,” katanya.

Dia telah bertemu dengan perempuan-perempuan di penjara yang terlibat dalam kejahatan terorganisir karena pacar mereka memaksa mereka untuk melakukan kejahatan – khususnya perdagangan narkoba atau pencucian uang. Namun, banyak perempuan yang secara sukarela berpartisipasi dalam penipuan karena adanya peluang bekerja dari rumah. “Mereka bisa menipu orang dari rumah dan mendapatkan uang dengan mudah,” katanya.


Datang untuk Ujian, Masuk ke Geng

karakter zodiak
ilustrasi perempuan/Photo by Jason Strull on Unsplash

Joshi menceritakan kejadian yang melibatkan seorang remaja putri dari keluarga kelas menengah. Dia pergi ke Jaipur, ibu kota negara bagian gurun Rajasthan, untuk mengikuti ujian kompetitif. Pacarnya dan dia menjadi terbiasa dengan gaya hidup tertentu dan, untuk mempertahankannya, dia meyakinkannya untuk ikut serta dalam pemerasan dan penculikan.

Hal serupa juga terjadi pada Anu, yang pernah tinggal di Delhi untuk mempersiapkan ujian kompetitif, namun terlibat dengan geng.

“Ada kasus di mana seorang wanita muda dari Delhi datang ke Jaipur,” kata Joshi. “Dia adalah orang pertama di keluarganya yang kuliah dan berasal dari keluarga kelas menengah sederhana. Dia perlu menghidupi dirinya sendiri sehingga dia menjadi ‘pendamping’. Dia menghubungi sebuah geng dan mulai melakukan phishing tetapi akhirnya ditangkap.”

Joshi mengatakan sulit mengetahui secara pasti tekanan untuk bergabung dengan sebuah geng. “Pernikahan dan gaya hidup mandiri serta datang dari kota kecil mencoba membuat ruang sendiri di kota besar merupakan sebuah tantangan yang cukup besar,” ujarnya.

Vaidya, sebaliknya, mengatakan perempuan muda tertarik dengan kehidupan gangster. “Bahkan di kota-kota kecil, Anda mendengar tentang ‘wanita yang tidak boleh melakukan kejahatan’ meskipun dia tidak melakukan kejahatan,” katanya. “Perilakunya, seperti perselisihan verbal dengan laki-laki, menginspirasi perempuan lain.”

Saima mengatakan dia jarang melihat seorang gangster perempuan mempunyai kekuasaan lebih besar dibandingkan rekan laki-lakinya. “Saya mengenal gangster perempuan yang memiliki kekuasaan besar, namun karakternya tidak terlalu feminin, sehingga memudahkan penjahat laki-laki untuk menerima otoritasnya,” katanya. “Dia bukan wanita India pada umumnya.”

Kata-kata terakhir Saima tentang subjek ini: “Meskipun telah melakukan segalanya, seorang wanita tidak dapat menggunakan kekuatan yang sama dengan pria, karena dia adalah seorang wanita.”

Infografis 1 dari 4 Perempuan Mengalami Kekerasan Fisik atau Seksual. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 1 dari 4 Perempuan Mengalami Kekerasan Fisik atau Seksual. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya