Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh Tewas di Iran Akibat Bom yang Disembunyikan 2 Bulan Sebelumnya?

Pemerintah Iran dan Hamas mengatakan Israel melakukan pembunuhan tersebut. Israel tidak membenarkan atau membantah keterlibatannya. Siapa dalang sebenarnya?

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 02 Agu 2024, 13:03 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2024, 13:03 WIB
Ismail Haniyeh. (Hassan Ammar/AP/File)
Ismail Haniyeh. (Hassan Ammar/AP/File)

Liputan6.com, Doha - Seorang sumber menyebut bahwa pemimpin Hamas Ismail Haniyeh terbunuh di Iran akibat bom yang ditanam beberapa bulan sebelum ledakan. 

"Pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh dibunuh di Teheran pada hari Rabu menggunakan alat peledak yang disembunyikan secara rahasia di wisma tempat ia menginap," kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada CNN yang dikutip Jumat (2/8/2024). 

Menurut sumber tersebut, yang telah diberi pengarahan tentang operasi tersebut, bom itu disembunyikan sekitar dua bulan lalu di wisma tempat Haniyeh diketahui menginap di Teheran dan diledakkan dari jarak jauh saat ia berada di dalam kamarnya di sana.

Pemerintah Iran dan Hamas mengatakan Israel melakukan pembunuhan tersebut. Israel tidak membenarkan atau membantah keterlibatannya.

Pejabat AS diberi pengarahan tentang operasi tersebut oleh pejabat Israel hanya setelah pembunuhan tersebut, kata sumber tersebut.

Adapun The New York Times adalah yang pertama melaporkan rincian pembunuhan Haniyeh.

Pembunuhan Ismail Haniyeh sekali lagi menimbulkan kekhawatiran bahwa konflik Israel dengan Hamas dan sekutunya dapat berkembang menjadi perang multi-front yang meluas di Timur Tengah.

Media pemerintah Iran dan Hamas sebelumnya mengindikasikan bahwa Haniyeh tewas akibat roket yang ditembakkan dari luar gedung tempat ia menginap.

Namun, pengungkapan bahwa sebuah bom diselundupkan ke dalam wisma tamu, yang berada di bawah perlindungan Korps Garda Revolusi Islam Iran, mengindikasikan adanya pelanggaran keamanan yang mengejutkan bagi IRGC. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Awalnya Ismail Haniyeh Disebut Tewas Akibat Proyektil Berpemandu Udara

Ismail Haniyeh. (Hassan Ammar/AP/File)
Ismail Haniyeh. (Hassan Ammar/AP/File)

Tidak dapat dipastikan kapan Ismail Haniyeh tiba di Teheran, tetapi media pemerintah Iran pertama kali melaporkan bahwa ia akan terbang untuk menghadiri pelantikan presiden baru negara itu pada hari Senin (29/7). Ia banyak melakukan penampilan publik dan bertemu sebelum ia dibunuh, menurut laporan pers media pemerintah Iran.

Ismail Haniyeh pertama kali terlihat pada hari Selasa (30/7), sebelum pelantikan presiden Iran yang baru, saat bertemu dengan Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei. Setelah itu, media pemerintah Iran menerbitkan gambar Haniyeh yang sedang bertemu dengan Presiden baru Iran Masoud Pezeshkian.

Haniyeh selanjutnya terlihat tiba di upacara pelantikan di gedung Majelis Konsultatif Islam Iran, di mana ia duduk di barisan depan.

Tepat sebelum pukul 7:00 malam waktu setempat (11:30 pagi ET), Ismail Haniyeh tampil di muka publik terakhir di sebuah pameran di Menara Milad Teheran. Pada pukul 2 pagi dini hari, menurut media pemerintah IRNA, ia terbunuh, dengan apa yang IRNA gambarkan sebagai airborne guided projectile (proyektil berpemandu udara).

 


Ismail Haniyeh Dimakamkan di Doha Qatar hingga Fase Baru Perang Israel Vs Hamas

Warga Iran berdemo atas kematian pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh.(AP/Vahid Salemi)
Warga Iran berdemo atas kematian pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh.(AP/Vahid Salemi)

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan pada hari Rabu: "Anda telah membunuh tamu kami yang terkasih di rumah kami dan sekarang telah membuka jalan bagi hukuman berat Anda."

Jenazah Ismail Haniyeh tiba di Doha pada hari Kamis (1/8) dari Iran sebagai persiapan untuk pemakamannya pada hari Jumat, seperti yang ditunjukkan dalam video yang diperoleh CNN.

Peti jenazah Haniyeh dipindahkan melalui jalan-jalan Teheran dalam sebuah prosesi pada hari Kamis (1/8), dengan ribuan orang berbaris di jalan-jalan untuk menyaksikan. Ia akan dimakamkan di ibu kota Qatar, Doha, pada hari Jumat (2/8).

Menurut Hamas dan media pemerintah Qatar, salat jenazah Haniyeh akan dilaksanakan setelah salat Jumat di Masjid Imam Muhammad ibn Abd al-Wahhab di ibu kota Qatar, diikuti dengan pemakaman di Pemakaman Imam Founder di Kota Lusail.

Video yang diperoleh CNN menunjukkan istri Haniyeh, Umm al-Abed, menangis di dekat peti jenazah dan meratapi suaminya. "Anda menguatkan kami setiap hari, membuat kami sekuat dan seteguh besi. Kami berutang semuanya kepada Anda," katanya.

Kematian Ismail Haniyeh disebut menandai dimulainya fase baru perang Israel dengan Hamas yang tidak dapat diprediksi, terjadi hanya beberapa jam setelah serangan Israel di Beirut, Lebanon, pada hari Selasa (31/7) yang menewaskan komandan Hizbullah Fu'ad Shukr, yang dituduh bertanggung jawab atas serangan mematikan di Dataran Tinggi Golan yang diduduki Israel selama akhir pekan.

Pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah mengatakan pada hari Kamis (2/8) bahwa pembunuhan komandan utamanya oleh Israel telah "melewati batas merah" dan akan ditanggapi dengan respons yang "tak terelakkan", yang mengisyaratkan koordinasi dengan kelompok-kelompok regional lainnya.

Nasrallah menyampaikan pidatonya dari jarak jauh melalui layar besar di hadapan kerumunan pelayat yang menghadiri pemakaman Shukr, komandan Hizbullah berpangkat tertinggi yang dibunuh oleh Israel sejak Mustafa Badreddine pada tahun 2016.

Pada kesempatan tersebut Nasrallah mengatakan serangan Israel di Beirut selatan telah memicu "fase baru", dalam pertempuran intensitas rendah antara Israel dan pasukan yang didukung Iran di wilayah tersebut.

Sekutu yang didukung Iran di wilayah tersebut termasuk milisi proksi Irak, Houthi di Yaman, dan kelompok-kelompok di Suriah.


IDF dalam Keadaan Siaga Tinggi

Peti jenazah pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di tengah ribuan warga Iran, sebelum pemakaman yang kabarnya diadakan di Qatar. (AFP)
Peti jenazah pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh di tengah ribuan warga Iran, sebelum pemakaman yang kabarnya diadakan di Qatar. (AFP)

Juru bicara utama Pasukan Pertahanan Israel (IDF), Laksamana Muda Daniel Hagari, mengatakan pada hari Kamis bahwa Israel siap menghadapi berbagai skenario di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan tersebut.

"IDF dalam keadaan siaga tinggi, baik dalam pertahanan maupun penyerangan. Pasukan IDF dikerahkan di udara, di laut, dan di darat, dan siap menghadapi semua skenario, terutama untuk rencana penyerangan dalam jangka waktu dekat."

Hagari mengatakan dalam sebuah pengarahan pada hari Kamis: "Kami memiliki sistem pertahanan yang sangat baik dan sebagai tambahan kami memiliki mitra internasional yang telah memperkuat pasukan mereka [yang dikerahkan] di kawasan tersebut, untuk membantu kami melawan ancaman."

Namun, ia memperingatkan bahwa pertahanan Israel "tidak tertutup rapat."

Hagari mencatat: "Iran telah menjalankan infrastruktur teror selama beberapa tahun terakhir, untuk menyelundupkan alat peledak Iran ke wilayah Israel untuk melakukan serangan. Kami akan terus beroperasi melawan teror Iran dengan tekad."

Beberapa badan dan layanan Israel meningkatkan kesiagaan, menyusul serangan Israel yang menewaskan Shukr dan ancaman dari Iran bahwa mereka akan membalas setelah pembunuhan Haniyeh di Teheran.

Layanan darurat – Magen David Adom (MDA) – mengatakan mereka siap untuk setiap skenario setelah latihan tiga hari “yang bertujuan untuk mempersiapkan potensi perang di utara dan skenario pemadaman listrik."

MDA mengatakan satu skenario yang dipraktikkan melibatkan simulasi serangan roket di sebuah gedung di kibbutz utara di mana tim MDA bekerja dengan tim darurat dari Kibbutz Afek dan polisi.

Pada hari Kamis (1/8), Israel juga mengumumkan bahwa mereka telah mengonfirmasi telah membunuh Mohammed Deif, kepala sayap militer Hamas dan perancang utama serangan 7 Oktober, bulan lalu.

Militer Israel mengatakan telah membunuh Deif pada tanggal 13 Juli dalam sebuah serangan di Khan Younis. Serangan yang sama juga menewaskan sedikitnya 90 warga Palestina di kota tenda Al-Mawasi yang luas, kata kementerian kesehatan Gaza. CNN menghubungi Hamas untuk mengonfirmasi kematian Deif tetapi belum mendapat tanggapan.

 

Infografis Hamas-Israel Perang Lagi, Ini Respons Dunia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Hamas-Israel Perang Lagi, Ini Respons Dunia. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya