Gempa Magnitudo 5,2 Guncang California Selatan, 60 Gempa Kecil Terdeteksi Setelahnya

Warga dari Fresno hingga Temecula melaporkan merasakan guncangan gempa California Selatan terkini tersebut.

oleh Tanti Yulianingsih diperbarui 07 Agu 2024, 16:24 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 16:24 WIB
Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (Liputan6.com/Sangaji)

Liputan6.com, California - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,2 terjadi di dekat Lamont, California, AS pada Selasa (6/8/2024) malam dan mengguncang sebagian besar wilayah California Selatan, termasuk Los Angeles.

US Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi AS melaporkan pusat gempa berada sekitar 15 mil barat daya Lamont – dan sekitar 25 mil selatan Bakersfield – sekitar pukul 9:09 malam. Survei sebelumnya menilai gempa berkekuatan magnitudo 5,3 tetapi kemudian menurunkannya menjadi 5,2.

Menurut pelacak milik lembaga tersebut, seperti dikutip dari CNN, Rabu (7/8), warga dari Fresno hingga Temecula melaporkan merasakan guncangan.

Menurut pemadam kebakaran kota, sekitar 100 mil di tenggara pusat gempa California Selatan, tidak ada kerusakan infrastruktur atau korban luka yang signifikan di Los Angeles. Mereka mengirim petugas dari stasiun pemadam kebakaran untuk memeriksa apakah wilayah tersebut terdampak.

USGS memperkirakan kecil kemungkinan korban jiwa atau kerusakan akibat gempa California terkini.

Sekitar 60 gempa kecil – dengan kekuatan 4,5 – tercatat setelahnya, menurut seismolog dari California Institute of Technology, Lucy Jones.

Jones menggambarkan gempa berkekuatan magnitudo 5,2 itu sebagai "kuat," dengan mengatakan, "Mayoritas (gempa bermagnitudo 5) akan memiliki lebih sedikit gempa susulan daripada ini."

"Baru-baru ini, kami mengalami beberapa dekade yang agak tenang," kata Jones, seraya menambahkan: "Di California Selatan, kami mengalami tujuh (gempa berkekuatan 5 skala Richter) dalam 10 tahun terakhir. Namun, dalam jangka panjang, rata-rata, itu lebih seperti beberapa kali setahun."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Seismolog, Gempa California Terkini Menjadi Pengingat Gempa Besar di Masa Mendatang

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi (Photo: AFP/Frederick Florin)

Seismolog dari California Institute of Technology, Lucy Jones, memperingatkan bahwa gempa hari Selasa (7/8) seharusnya menjadi pengingat bahwa orang-orang harus bersiap menghadapi gempa yang lebih besar – dan mungkin lebih berbahaya.

"Salah satu mitos adalah bahwa gempa kecil melepaskan energi dan membuat gempa besar lebih kecil kemungkinannya, dan itu tidak benar," kata Jones. "Jadi, saya pikir ini saat yang tepat untuk mengingatkan orang-orang bahwa dalam jangka panjang, California adalah negara yang rawan gempa. Dan dalam jangka panjang, kita (harus mengantisipasi) lebih banyak gempa bumi daripada yang telah kita lihat selama 20 tahun terakhir."

Jones menekankan bahwa meskipun kita tidak dapat memprediksi secara pasti kapan gempa bumi besar akan terjadi, gempa bumi tidak dapat dihindari.

"Peluang terjadinya gempa bumi besar adalah 100%. Beri kami waktu yang cukup," ucap Jones.

Adapun warga di daerah rawan gempa bumi dapat bersiap dengan mengidentifikasi kemungkinan bahaya jatuh di rumah mereka, membuat rencana darurat, dan mempertimbangkan pertanggungan asuransi, di antara tindakan lainnya, menurut Earthquake Country Alliance.


Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Los Angeles, Getaran Terasa Hingga Las Vegas

Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)
Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)

Sebelumnya, gempa bumi mengguncang wilayah Los Angeles, Amerika Serikat (AS) pada Senin 29 Juli 2024 sore waktu setempat.

US Geological Survey (USGS) atau Badan Survei Geologi AS melaporkan gempa berkekuatan magnitudo 4,9 dengan episentrum dekat Barstow, California – sekitar 103 mil timur laut Los Angeles.

Gempa terjadi pada kedalaman hampir lima mil, menurut USGS seperti dikutip dari CNN, Selasa (30/7/2024).

Besarnya gempa diturunkan dari laporan awal magnitudo 5,1.

USGS juga melaporkan beberapa menit setelah gempa Los Angeles yang pertama terdeteksi lindu susulan bermagnitudo 3,5 dan 2,7.

Di kantor Warner Bros. Discovery – perusahaan induk CNN – di Burbank, sekitar 115 mil barat daya episentrum, gempa dimulai sebagai guncangan lambat dan bertambah kuat, berlangsung sekitar 20 detik.

Sebagian besar California Selatan dilaporkan merasakan gempa, dan USGS mendeteksi guncangan hingga sejauh timur Las Vegas, Nevada.

Sejauh ini belum ada laporan kerusakan langsung yang muncul, meskipun penilaian masih berlangsung.

 


Apa yang Harus Dilakukan Saat Gempa?

Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (Liputan6.com/Sangaji)
  • Seseorang harus selalu tetap tenang dan meyakinkan orang lain jika terjadi gempa bumi.
  • Selama gempa berlangsung, seseorang harus selalu mencari tempat teraman - ruang terbuka, jauh dari bangunan.
  • Bagi mereka yang berada di dalam ruangan, sebaiknya berlindung di bawah meja, meja, atau tempat tidur dan menjauhi kaca, jendela.
  • Tetap tenang, jangan terburu-buru keluar gedung karena dapat menyebabkan terinjak-injak.
  • Jika berada di luar ruangan, seseorang harus menjauh dari bangunan dan kabel listrik serta kendaraan yang bergerak harus segera dihentikan.
  • Perlu diingat untuk membebaskan semua hewan peliharaan dan hewan peliharaan sehingga mereka dapat melarikan diri dan seseorang harus berada di tempat terbuka sampai getarannya berhenti.
  • Disarankan juga untuk tidak menggunakan lilin, korek api dan mematikan semua api.
Infografis Gempa Dahsyat dan Mematikan di Turki. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Gempa Dahsyat dan Mematikan di Turki. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya