Rusia Bebaskan Seorang Pembunuh untuk Kedua Kalinya demi Ikut Berperang di Ukraina

Keluarga korban pembunuhan pun merasa ketakutan.

oleh Khairisa Ferida diperbarui 28 Agu 2024, 10:05 WIB
Diterbitkan 28 Agu 2024, 10:05 WIB
Prajurit Wagner menjaga area di markas besar militer Rusia,  Southern Military District di Rostov-on-Don, Rusia, Sabtu, 24 Juni 2023. (AP)
Prajurit Wagner menjaga area di markas besar militer Rusia, Southern Military District di Rostov-on-Don, Rusia, Sabtu, 24 Juni 2023. (AP)

Liputan6.com, Moskow - Seorang pembunuh Rusia yang dibebaskan dari penjara untuk bertempur di Ukraina, namun kemudian membunuh seorang wanita tua, telah dibebaskan untuk kedua kalinya untuk kembali ke garis depan perang. Demikian menurut kerabat korban.

"Pembunuh nenek saya lolos dari hukuman atas kejahatannya – lagi – dan pergi berperang," kata Anna Pekareva, cucu perempuan Yulia Byuskikh, kepada BBC, seperti dikutip Rabu (28/8/2024).

Pada tahun 2022, Ivan Rossomakhin dibebaskan dari penjara, tempat dia menjalani hukuman 14 tahun atas pembunuhan, untuk bergabung dengan kelompok tentara bayaran Wagner.

Dia kemudian diizinkan untuk kembali ke rumahnya di Distrik Vyatskiye Polyany di Wilayah Kirov Rusia. Di sana, dia menyerang dan membunuh Yulia yang berusia 85 tahun di rumahnya sendiri.

Pada bulan April tahun ini, Rossomakhin yang berusia 29 tahun dinyatakan bersalah atas pemerkosaan dan pembunuhan Yulia dan dijatuhi hukuman 22 tahun di penjara dengan keamanan tinggi, yang kemudian ditingkatkan menjadi 23 tahun. Pengadilan mencatat bahwa pembunuhan itu melibatkan kebrutalan ekstrem.

Namun, Anna mengatakan kepala penjara telah memberi tahu keluarga bahwa Rossomakhin dibebaskan pada tanggal 19 Agustus – hanya satu pekan setelah dimulainya hukumannya.

"Saya membaca laporan forensik dan saya tahu apa yang dilakukan orang ini kepada nenek saya. Sungguh mengerikan bahwa dia dibebaskan lagi," kata Anna, seraya menambahkan, "Fakta bahwa ini terjadi di Abad ke-21 ... tidak ada kata-kata yang dapat menggambarkan apa yang terjadi!"

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dimungkinkan oleh Undang-undang

Prajurit Wagner duduk di kendaraan militer mereka saat mereka bersiap untuk meninggalkan area di markas besar militer Rusia, Southern Military District di sebuah jalan di Rostov-on-Don, Sabtu, 24 Juni 2023. (AP)
Prajurit Wagner duduk di kendaraan militer mereka saat mereka bersiap untuk meninggalkan area di markas besar militer Rusia, Southern Military District di sebuah jalan di Rostov-on-Don, Sabtu, 24 Juni 2023. (AP)

Sebuah dokumen resmi yang dilihat oleh BBC, ditandatangani oleh gubernur penjara, menyatakan bahwa narapidana tersebut dibebaskan sehubungan dengan undang-undang Rusia tertentu yang memungkinkan militer merekrut narapidana untuk dikirim ke garis depan.

Tak lama setelah dimulainya invasi besar-besaran Rusia, kelompok tentara bayaran Wagner milik Yevgeny Prigozhin mulai merekrut narapidana dari penjara untuk bertempur di Ukraina. Jika narapidana setuju untuk mendaftar, mereka akan menerima pengampunan resmi dari Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ribuan pemerkosa, pembunuh, dan penjahat lainnya, termasuk Ivan Rossomakhin, dibebaskan dari penjara dan dikirim ke garis depan, di mana banyak yang terbunuh selama serangan brutal di kota-kota Ukraina seperti Bakhmut.

Setelah pemberontakan Prigozhin yang gagal tahun lalu, ketika ribuan tentara bayaran Wagner berbaris menuju Moskow, perekrutan narapidana dari penjara diambil alih oleh militer Rusia. Praktik tersebut diformalkan dalam undang-undang federal resmi pada Maret tahun ini dan perekrutan, menurut laporan BBC, tampaknya semakin intensif.

Berdasarkan undang-undang tersebut, penjahat yang dihukum yang mendaftar untuk bertempur akan ditangguhkan hukumannya yang tersisa selama masa dinas militer mereka. Beberapa bahkan bisa menerima pengampunan resmi jika mereka memenangkan penghargaan, misalnya untuk "keberanian" di medan perang.

Kedutaan Besar Rusia di London tidak menanggapi permintaan komentar tentang praktik pembebasan penjahat berbahaya untuk bertempur di Ukraina.


Ukraina Juga Bebaskan Tahanan tapi

Pasukan Ukraina Pukul Mundur Tentara Rusia dari Wilayah Kharkiv
Seorang tentara Ukraina berdiri di atas bendera Rusia di Izium, wilayah Kharkiv, Ukraina, 13 September 2022. Pasukan Rusia tampak meninggalkan Kota Izium dan Svatove di Luhansk usai pasukan Ukraina memulai serangan baru ke arah timur melalui Kharkiv. (AP Photo/Kostiantyn Liberov)

Ukraina juga membebaskan tahanan untuk bertempur di garis depan, namun orang-orang yang dihukum karena pembunuhan atau pelanggaran seksual tidak memenuhi syarat untuk itu. Wakil Menteri Kehakiman Ukraina Olena Vysotska mengatakan kepada kantor berita AP awal tahun ini bahwa hingga 3.000 tahanan telah bergabung dengan militer.

Serangan gencar oleh pasukan Rusia di wilayah Donbas Ukraina tahun ini telah menguras cadangan Moskow. Kementerian Pertahanan Inggris memperkirakan bahwa selama dua bulan operasi, Rusia kehilangan sebanyak 70.000 orang – itu berarti tingkat korban rata-rata sekitar 1.000 per hari.

Kesediaan Kremlin untuk membebaskan penjahat yang sangat berbahaya seperti Rossomakhin dan mengirim mereka ke medan perang menunjukkan bahwa militer Rusia sangat membutuhkan lebih banyak rekrutan.

"Jelas tidak ada cukup tenaga kerja," sebut Anna. "Pihak berwenang tidak peduli dengan warga sipil yang cinta damai jika mereka membiarkan orang-orang yang telah melakukan kejahatan serius dibebaskan. Itu memberi tahu kita bahwa tidak seorang pun bisa merasa aman di Rusia.

Anna mengatakan pembebasan Rossomakhin berarti keluarganya sekarang dalam bahaya yang sangat besar.

"Jika dia kembali, dia akan mencoba membalas dendam kepada kami – atas upaya kami untuk memastikan dia dijatuhi hukuman seumur hidup," ujarnya.

Dia mengatakan dia ingin meninggalkan negara itu dan anggota keluarga lainnya akan bersembunyi.

"Sangat menakutkan bahwa dia bukan satu-satunya. Bahkan jika dia tidak kembali, berapa banyak lagi pembunuh dan psikopat yang berkeliaran di luar sana?"

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya