Dari 93.072 Lego, Henrik Buat Lintasan Kereta Terpanjang Dunia

Mimpi Henrik Ludvigsen membuat jalur kereta api lego terpanjang di dunia terwujud. Namanya tercantum dalam Guinness World Record.

oleh Liputan6 diperbarui 16 Jul 2013, 16:34 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2013, 16:34 WIB
lego-kereta-130716c.jpg
Henrik Ludvigsen, seorang pria dari Roskilde, Denmark mampu mewujudkan mimpinya membangun jalur kereta api terpanjang di dunia. Namun, jalur kereta rancangannya bukan sungguhan melainkan dari mainan lego.

Dilansir dari Daily Mail, Selasa (15/7/2013), lintasan jalur kereta mainan itu terbuat dari lego sebanyak 93.072 buah, yang disusun cermat oleh 80 pecinta lego dalam waktu lebih dari 6 jam.

Sekali melintasinya, sebuah kereta mainan membutuhkan waktu lebih sekitar 3 jam dan 22 menit, menempuh sepanjang 2,5 mil atau 4 km.

Akar dari ide gila itu bermula saat Henrik melihat lagi koleksi lego pribadinya yang berharga 125 ribu poundsterling atau sekitar Rp 1,8 miliar.

"Waktu itu aku sedang membersihkan sebuah kamar di rumahku. Ruangan itu akan digunakan siswa yang mengikuti pertukaran pelajar. Tiba-tiba secara tak sengaja, aku menemukan lintasan lego lamaku. Muncullah ide gila untuk membangun jalur kereta api mainan terpanjang di dunia," ujar Henrik.

Pria 43 tahun itu kemudian menghabiskan 18 bulan untuk perencanaan dan perancangan trek yang membutuhkan 50 ribu poundsterling atau sekitar Rp 757 juta untuk pembangunan jalur kereta itu.

"Sejak pertama kali bermain lego pada usia 5 tahun, proyek ini jelas yang terbesar yang pernah kubuat dengan lego," tuturnya.

Usahanya tak sia-sia. Waktu dan uangnya yang dikeluarkannya untuk membuat lintasan kereta terpanjang itu terbayar, saat namanya tercantum dalam Guinness World Record.

"Saya sangat bangga dengan pencapaian ini. Bayangkan, mimpiku jadi kenyataan setelah terkubur lebih dari 35 tahun lalu," kata pria yang kini berprofesi sebagai chief technology officer di sebuah perusahaan di Kopenhagen. (Tnt/Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya