Dirjen WHO Prihatin Anak Gemuk Makin Banyak

Dirjen WHO Margaret Chan menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas meningkatnya jumlah anak yang kegemukan

oleh Gabriel Abdi Susanto diperbarui 21 Mei 2014, 18:00 WIB
Diterbitkan 21 Mei 2014, 18:00 WIB
Anak Gemuk Bukan Turunan Tapi Salah Orangtua!
Obesitas

Liputan6.com, Jakarta Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Margaret Chan menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas meningkatnya jumlah kasus kegemukan pada anak di dunia.

Sidang Majelis Umum Kesehatan Dunia Ke-67 yang diselenggarakan di Palais des Nations, Markas Kantor PBB di Jenewa dihadiri lebih dari 3.000 peserta dari 194 negara anggotanya. Pertemuan tahunan itu bertujuan membahas masalah penting kesehatan, seperti agenda pembangunan kesehatan pasca-2015 dan kemajuan ke arah Sasaran Pembangunan Milenium PBB.

Dalam sambutan pembukaannya, Margaret Chan menyampaikan keprihatinan yang mendalam mengenai peningkatan kegemukan pada anak di seluruh dunia, yang jumlahnya naik paling cepat di negara berkembang. "Sebagaimana disampaikan secara jelas di dalam laporan Statistik Kesehatan Dunia 2014, anak-anak kita bertambah gemuk," katanya.

Ia memperingatkan kegemukan pada anak adalah masalah yang terus berkembang, dengan biaya yang sangat tinggi seperti dikutip dari laman WHO, Rabu (21/5/2014).

Dalam menghadapi krisis itu, pemimpin badan kesehatan PBB tersebut mengumumkan ia telah mendirikan satu komisi tingkat tinggi untuk menghasilkan laporan konsensus yang menetapkan pendekatan yang mungkin paling efektif dalam berbagai kontreks di seluruh dunia.

Sementara itu, ia juga mengingatkan peserta pertemuan mengenai pentingnya untuk menangani perubahan iklim. "Pada Maret, Panel Antar-Pemerintah mengenai Perubahan Iklim mengeluarkan laporan paling suramnya setakat ini, dengan pusat perhatian kuat mengenai konsekuensi bagi kesehatan," katanya.

Banyak peserta pertemuan memusatkan perhatian pada hubungan antara iklim dan kesehatan dalam debat pleno pembukaan pertemuan tersebut, terutama dampak iklim pada penentu penting sosial dan lingkungan hidup mengenai kesehatan seperti air bersih, air minum yang aman, makanan yang layak dan tempat berteduh yang terjamin.

Sebagai badan tertinggi pembuat keputusan di WHO, fungsi utama sidang itu ialah menentukan kebijakan WHO, mengawasi kebijakan keuangan, dan mengkaji serta menyetujui anggaran program yang diusulkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya