Pria Juga Bisa Alami Demam Panggung Sebelum Bercinta

Demam panggung ternyata juga bisa dialami oleh mereka yang hendak bercinta

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 11 Nov 2014, 20:30 WIB
Diterbitkan 11 Nov 2014, 20:30 WIB
Ilustrasi Hubungan seks
Ilustrasi Hubungan Seks (Liputan6.com/Johan Fatzry)

Liputan6.com, Jakarta Demam panggung tidak hanya menerpa mereka yang hendak melakukan presentasi memaparkan satu ide. Nyanyi di hadapan ribuan orang atau mungkin berhadapan dengan HRD (Human Resources Development) saat sesi wawancara di tempat kerja bisa jadi Anda alami. Ternyata, istilah demam panggung juga terjadi pada mereka yang gugup saat akan berhubungan seksual.

Bila sebelum berhubungan seksual banyak pikiran mengganggu hinggap di kepala, maka tubuh akan memberikan respons terhadap rasa khawatir yang berlebihan itu. Kondisi inilah yang membuat seorang pria atau wanita mengalami demam panggung. Sebab, tubuh akan menerjemahkan sebagai suatu ancaman dan secara alamiah melakukan hal yang sudah terprogram oleh proses evolusi, mengeluarkan sejumlah zat-zat kimia bernama catecholamines, yang memicu respons perlawanan.

"Maksudnya, antara lain, tubuh akan melindungi organ-organ vital dengan lebih banyak darah, dan pada saat bersamaan, membuat beberapa area kurang penting menjadi kekurangan pasokan darah. Secara sederhana, jantung dan paru-paru akan didahulukan dibandingkan dengan penis Anda," kata Scott Hays dalam buku berjudul `Built for Sex: Terlatih untuk Bercinta` dikutip Health-Liputan6.com pada Selasa (11/11/2014)

Pria harus ingat bahwa demam panggung tidak sama dengan impotensi yang sebenarnya. Seorang pria yang piranti seksnya mampu bekerja dengan sempurna sekalipun, kata Scott, bisa mengalami hal ini. 

"Jika beruntung, demam panggung hanya akan mempermalukan Anda satu-dua kali. Jika tidak, berdampak pada hubungan Anda dan pasangan yang tidak menutup kemungkinan akan hancur berantakan," kata dia menambahkan. 

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya