Hati-hati, Tiap 90 Detik 1 Orang Meninggal Karena Tenggelam

Laporan baru menunjukkan tiap 90 detik 1 orang meninggal karena tenggelam.

oleh Rio Apinino diperbarui 01 Des 2014, 15:30 WIB
Diterbitkan 01 Des 2014, 15:30 WIB
Berenang di Pantai
Laporan baru menunjukkan tiap 90 detik 1 orang mati karena tenggelam (Foto: foxnews.com)

Liputan6.com, Jakarta Berenang merupakan hobi banyak orang, apalagi jika berenang di pantai. Tetapi, tahukah Anda, laporan dari Scientific American mengatakan bahwa lebih dari 40 orang meninggal setiap jam karena tenggelam. Itu artinya, 1 orang meninggal tiap 90 detik karena tenggelam.

Dilansir dari Fox News, Jumat (28/11/2014), pria dua kali lebih mungkin untuk tenggelam daripada perempuan. Hal ini mungkin saja dikarenakan perilaku yang dilakukan pria seperti misalnya berenang sendirian atau meminum alkohol sebelum berenang.

Laporan tersebut juga menunjukkan bawa 90 persen kematian karena tenggelam terjadi di negara dengan penghasilan rendah dan menengah.

Di AS, jumlah orang meninggal karena tenggelam mencapai rata-rata 10 orang setiap harinya. 20 persen diantaranya adalah anak-anak di bawah usia 14 tahun

Hasil laporan tersebut mengkhawatirkan WHO. Untuk menindaklanjuti masalah tersebut, WHO berjanji akan "menggalang perhatian dan tindakan."

Menurut WHO, pencegahan adalah hal yang penting. Disarankan, metode pencegahan baik dalam level komunitas atau nasional meliputi perbaikan instruksi tentang cara berenang yang lebih baik dan aman, pembatas di sekitar wilayah renang dan meningkatan peraturan berlayar menggunakan perahu, misalnya memakai jaket pelampung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya