Meski Sebentar, Makanan yang Jatuh Jangan Diambil

Makanan yang jatuh berarti sudah terkontaminasi. Bila tetap dimakan, bisa menyebabkan keracunan makanan.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 30 Apr 2015, 15:30 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2015, 15:30 WIB
Belum 5 Menit Jatuh, Makan Tidak Ya Makanan Ini?
Makanan yang jatuh berarti sudah terkontaminasi. Bila tetap dimakan, bisa menyebabkan keracunan makanan.

Liputan6.com, Jakarta - Lantai bisa menjadi sumber berbagai macam mikroba. Walau makanan yang jatuh ke lantai belum lima menit, lebih baik dibuang dan jangan dipungut lagi.

Menurut Kepala Departemen Ilmu Makanan di Stellenbosch University, Dr Gunnar Sigge, makanan yang jatuh berarti sudah terkontaminasi. Bila tetap dimakan, bisa menyebabkan keracunan makanan.

"Memang tidak diketahui dengan pasti apa jenis mikroba yang nyangkut di makanan yang jatuh itu. Namun, tetap saja ada bahaya memakan makanan yang sudah jatuh," kata Gunnar dikutip dari situs Health 24, Kamis (30/4/2015)

Lebih lanjut, berbagai bentuk keracunan makanan akan dialami seseorang yang terbiasa melakukan kebiasaan buruk itu. Dari gejala yang sangat ringan, sampai kasus yang sangat parah.

"Ini tidak hanya tergantung pada jenis mikroba, tapi juga pada sistem kekebalan tubuh konsumen itu sendiri," kata Gunnar.

Bahkan, bila akibat dari kebiasaan buruk itu seperti diare, muntah, dehidrasi dialami seorang anak, pengobatan yang dapat ditempuh adalah perawatan di rumah sakit.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya