2 Hal Ini yang Dinilai Orang Saat Pertama Kali Bertemu

Bisakah orang ini dipercaya? Apakah orang ini memiliki kompetensi?

oleh Benedikta Desideria diperbarui 20 Jan 2016, 19:51 WIB
Diterbitkan 20 Jan 2016, 19:51 WIB
salaman--140121b.jpg

Liputan6.com, London - Kesan pertama pada beberapa kesempatan sangat berarti. Misalnya pada saat bertemu rekan bisnis maupun wawancara kerja. Namun tahukah Anda, apa yang dinilai orang pada saat bertemu untuk pertama kali?

Profesor dari Harvard Business School, Amy Cuddy mempelajari tentang kesan pertama yang dilakukan psikolog Susan Fiske dan Peter Glick selama 15 tahun. Kesimpulannya, orang akan bertanya dua pertanyaan berikut ketika bertemu orang untuk pertama kali:

- Bisakah saya mempercayai orang ini?
- Bagaimana kompetensi orang ini?

Intinya, kehangatan dan kompetensi menjadi dasar penilaian seseorang terhadap orang lain yang mereka temui untuk pertama kalinya.

Menurut Cuddy, pada konteks profesional, kompetensi menjadi faktor yang lebih penting. Orang-orang ini ingin mengetahui sosok yang bertalenta dan pintar untuk mengontrol bisnis.

Namun pada umumnya kehangatan atau kepercayaan merupakan faktor utama yang dinilai untuk mengevaluasi seseorang. "Dilihat dari perspektif evolusioner sangat penting untuk mengetahui seseorang bisa dipercaya atau tidak," tutur Caddy seperti dikutip dari laman Independent, Rabu (20/1/2016).

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya