Susu Kuda dan Unta Memang Tidak Dilarang, Tapi Hati-hati

Minum susu kuda dan unta memang tidak dilarang, namun sebaiknya Anda berhati-hati jika ingin mengonsumsi susu kedua binatang ini.

oleh Aditya Eka Prawira diperbarui 17 Feb 2016, 14:00 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2016, 14:00 WIB
Susu Kuda dan Unta Memang Tidak Dilarang, Tapi Hati-hati
Minum susu kuda dan unta memang tidak dilarang, namun sebaiknya Anda berhati-hati jika ingin mengonsumsi susu kedua binatang ini.

Liputan6.com, Jakarta Minum susu kuda dan unta memang tidak dilarang. Namun, jangan terlalu sering dan berlebihan, karena kadar gula yang terkandung di susu kuda dan unta lebih tinggi ketimbang susu sapi dan susu kambing.

Ahli Gizi, Emilia Achmadi, menjelaskan, Tuhan memang mendesain kedua binatang itu untuk 'kerja keras'. Kuda untuk berlari dan unta untuk angkat barang. Gula, bagus buat energi mereka. 

Dibanding air susu ibu, jelas tidak ada tandingannya. Nutrisi yang terdapat pada ASI mudah diserap tubuh. Akan tetapi ASI tidak dapat diproses selayaknya susu perah yang berasal dari binatang mamalia. "Produksinya pasti lebih mahal," kata Emilia Achmadi MS., RD dalam diskusi 'Anatomi Susu Segar' di Jl. Suryo Nomor 23, Jakarta Selatan, ditulis Rabu (17/2/2016).

Selain gula, kandungan karbohidrat pada susu kuda dan unta terhitung tinggi. Emilia menjelaskan, karbohidrat di dalam segelas susu sapi hanya 13 gram, ASI 17 gram, dan susu kambing 11 gram. "Sedangkan susu kuda 17,2 gram dan susu unta 20 gram," kata Emilia menambahkan.

Maka kita dianjurkan untuk mengonsumsi susu sapi segar setiap hari. Semakin bertambah usia seseorang, semakin tinggi pula asupan susu yang dibutuhkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya