4 Masalah Kesehatan Mengintai Bila Tak Menyikat Gigi

Berikut empat masalah kesehatan yang menghampiri jika Anda tak menyikat gigi.

oleh Dyah Puspita Wisnuwardani diperbarui 14 Apr 2016, 06:30 WIB
Diterbitkan 14 Apr 2016, 06:30 WIB
Bagaimana Cara Menyikat Gigi yang Benar dan Menyeluruh?
Menyikat gigi setiap hari saat pagi dan malam sebelum tidur dapat menghindarkan Anda dari berbagai masalah mulut

Liputan6.com, Jakarta Anda tentu paham aturan menyikat gigi dua kali sehari dan rutin berkunjung ke dokter gigi setidaknya enam bulan sekali guna menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi.

Selain mencegah kondisi gigi berlubang, rutin menyikat gigi akan memberi banyak dampak positif bagi kesehatan. Sementara mengabaikannya akan mendatangkan masalah kesehatan.

Berikut empat masalah kesehatan yang menghampiri jika Anda tak menyikat gigi, dikutip dari laman Goodhousekeeping, Kamis (14/4/2016):

1. Diabetes

Kondisi mulut kering dan meningkatnya jumlah bakteri akibat tak menyikat gigi bisa memperburuk masalah kesehatan yang sudah Anda derita semisal diabetes. Bila Anda berisiko diabetes, pertimbangkan untuk selalu membawa peralatan untuk membersihkan gigi agar terhindar dari molekul-molekul mulut yang bisa menyebabkan masalah terkait gula darah.

2. Gangguan kognitif

Anda bisa memiliki otak yang tetap sehat di usia tua dengan menjaga dan merawat kesehatan mulut dan gigi sejak dini. Studi menunjukkan, masalah gusi yang disebabkan oleh buruknya kebersihan mulut dan gigi meningkatkan risiko Alzheimer dan masalah kognitif lainnya di usia tua.

3. Osteoporosis

Menjaga gigi dan lidah tetap sehat juga membuat tulang Anda kuat. Menurut National Institute of Health, terlalu banyak bakteri di dalam pipi bisa membuat busuk jaringan penghubung yang menyangga gigi serta melemahkan sistem imun jika terus-menerus tertelan. Osteoporosis yang muncul seiring bertambahnya usia atau masalah kesehatan lainnya juga dikaitkan dengan buruknya kesehatan mulut.

4. Masalah jantung

Semakin banyak bakteri di mulut akan meningkatkan perkembangan patogen yang menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. Kondisi tersebut tentunya meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Rutin menyikat gigi bisa mencegah hal ini.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya