Akankah Pangeran Harry Cukur Jenggot di Hari Pernikahannya dengan Meghan Markle?

Dalam acara pernikahan Pangeran Harry dengan Meghan Markle, akankah Harry mencukur jenggotnya dengan bersih?

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 14 Mei 2018, 12:15 WIB
Diterbitkan 14 Mei 2018, 12:15 WIB
Meghan Markle
Pangeran Harry akankah mencukur jenggot di hari pernikahannya (John Stillwell/Pool via AP)

Liputan6.com, Inggris Pangeran Harry (33) mungkin tidak diizinkan mengenakan seragam Angkatan Darat dalam acara pernikahannya dengan Meghan Markle (36), kecuali ia mencukur jenggotnya. Peringatan tersebut diungkapkan sejarawan.

Adik dari Pangeran William ini pernah bergabung dalam Blues dan Royals Cavalry Angkatan Darat, yang sebelumnya dikenal sebagai Royal Horse Guards dan Royal Dragoons hingga tahun 2015.

Pasukan tersebut berlatih di Sandhurst, sebelum diterjunkan ke Afghanistan. Rupanya Pangeran Harry menjadi kapten.

Ia secara teratur mengenakan seragam Angkatan Darat dalam beberapa kali kunjungan kerajaan, dilansir dari Mail Online, Senin (14/5/2018).

Sewaktu menjadi prajurit, Pangeran Harry tidak pernah menumbuhkan jenggot. Ini karena adanya larangan menumbuhkan jenggot pada wajah, sebagaimana yang tertera pada aturan Angkatan Darat.

Seiring waktu, jenggot tumbuh lagi beberapa bulan setelah Pangeran Harry meninggalkan pasukan.

 

 

Simak video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Jenggot bisa timbulkan masalah

[Bintang] Pangeran Harry - Meghan Markle
Akankah Pangeran Harry mencukur jenggot. (DANIEL LEAL-OLIVAS AFP)

Sejarawan Hugo Vickers mengklaim, jenggot bisa menimbulkan masalah ketika Pangeran Harry menikahi Meghan Markle pada 19 Mei 2018.

"Dia tidak bisa mengenakan seragam Pengawal Kerajaan dengan jenggot. Ya, dia terkadang melakukannya, tapi mereka (anggota Pengawal Kerajaan) tidak menyukainya," Hugo menjelaskan.

Meskipun larangan jenggot khusus untuk militer, Pangeran Harry kini tidak lagi menjadi petugas dalam pasukan tersebut. Oleh karena itu, ia tidak tunduk pada aturan militer lagi.

Namun, sejalan dengan aturan larangan itu, ada kemungkinan Pangeran Harry mencukur jenggotnya. Para bandar judi punya peluang 10 banding 1, Pangeran Harry akan mencukur jenggotnya di hari besar pernikahannya.


Cukur jenggot

[Bintang] Pangeran Harry dan Meghan Markle
Untuk mengenakan seragam militer, Pangeran Harry harus cukur jenggot. (Foto: AFP)

Alex Apati dari Ladbrokes mengatakan, sebagai pengantin pria nanti, jenggot Harry akan dicukur. Ia akan merawat penampilannya dengan baik elang hari pernikahan.

Peraturan Menteri Pertahanan tidak mengizinkan jenggot, kecuali dalam keadaan yang sangat jarang terjadi, seperti keluhan kulit.

Pasukan Khusus atau pasukan lain dalam operasi rahasia dapat diizinkan menumbuhkan jenggot saat berada di belakang garis musuh, tapi mereka tidak diizinkan saat di medan perang.

Pada tahun 2011 Pangeran Harry mengenakan seragam Blues dan Royals ke pernikahan Duke dan Duchess of Cambridge (Pangeran William dan Kate Middleton). Ia pun mencukur jenggotnya dengan bersih.

Ia pernah tidak cukur jenggot, lalu mengenakan jas militer di Cenotaph pada November tahun lalu. Penampilannya itu memicu kritik dari beberapa kalangan.

Diperkirakan Pangeran Harry akan mengenakan seragam militer di hari pernikahannya pada 19 Mei 2018. Ia baru-baru ini mengambil alih peran Duke of Edinburgh setelah Pangeran Philip pensiun.


Pakaian seragam militer

[Bintang] Pangeran Harry dan Meghan Markle
Pangeran Harry akan kenakan seragam militer di hari pernikahannya. (Foto: AFP)

Christopher Gale, kurator senior dari Museum Nasional Angkatan Laut Kerajaan di Portsmouth, menjelaskan, seragam militer yang akan dikenakan Pangeran Harry saat menikah nanti dengan Meghan Markle.

Jika memilih, ia mungkin mengenakan, seragam militer warna biru gelap. Lalu mengenakan celana panjangn dengan garis merah di sisinya.

Ia juga akan mengenakan selempang merah dan emas di pinggang. Lalu memakai topi dengan mahkota putih dan pita merah.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya