Hati-Hati, Cek Dampak Negatif Overstimulasi pada Bayi

Pasti semua orangtua mau punya anak yang sehat dan cerdas, tapi hati-hati jangan sampai kebablasan atau overstimulasi.

oleh Liputan6.com diperbarui 30 Mei 2018, 08:00 WIB
Diterbitkan 30 Mei 2018, 08:00 WIB
Ilustrasi Bayi Jalan Kaki (iStockphoto)
Buat Anak-anak, mana yang paling dianjurkan, jalan kaki tanpa sepatu atau tidak? (Ilustrasi/iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Stimulasi makanan atau aktivitas yang tepat pada bayi akan membuatnya tumbuh sehat dan cerdas. Tapi, Mommy Felicia Denisa dari Babyologist mengingatkan agar orangtua tak bablas atau overstimulasi ketika merangsang perkembangan otak bayi. Simak tips lengkapnya.

Bayi jika diberikan stimulasi sejak dini, termasuk dari segi nutrisi makanan atau permainan yang merangsang otak, maka ia akan menjadi lebih sehat dan cerdas. Pasti semua orangtua mau punya anak yang sehat dan cerdas, tapi hati-hati jangan sampai kebablasan/overstimulasi. Sederhananya, overstimulasi adalah ketika anak belum siap, tapi kita memberikannya stimulasi/rangsangan secara terus-menerus,

Stimulasi sebenarnya bertujuan untuk membuat anak menjadi cepat bisa. Misalnya ketika kita mau anak cepat bisa merangkak, kita meletakkan barang-barang di depannya. Overstimulasi terjadi ketika dia sudah tidak mau merangkak, tapi kita tetap saja memaksakannya untuk latihan merangkak. Tiap anak itu beda-beda, ada yang sudah siap buat merangkak, ada juga yang belum. Ada yang sudah siap buat jalan, tapi ada juga yang belum. Selain itu, kita juga harus tahu minat dan kesukaan anak kita.

Overstimulasi bisa berdampak negatif buat perkembangan karakternya. Bukan hanya karakter, bisa juga overstimulasi berdampak ke fisik dan psikologisnya. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dampak Overstimulasi pada Bayi

Ilustrasi Bayi, Pakaian Bayi, Baju Bayi (iStockphoto)
Dikarenakan kulit yang masih sensitif, dokter menganjurkan para ibu agar lebih cermat memilih deterjen untuk mencuci pakaian bayi (Ilustrasi/iStockphoto)

Berikut adalah dampak overstimulasi pada bayi:

Emosian

Bayi jadi gampang marah, sering menangis dan susah ditenangkan, karena bosan dengan stimulasi yang terus-menerus diberikan. Hal ini akan membuat dia merasa tidak dipahami.

Kemampuan belajar menurun

Ketika diajar secara berlebihan dalam waktu singkat, anak malah akan kawalahan dan membuat proses belajarnya menjadi tidak maksimal.

Menolak dan memberontak

Bayi terus-terusan menolak stimulasi yang diberikan dan terlihat cuek serta kurang responsif. Kalau terjadi sampai si anak besar, maka ia bisa memberontak.

Dependent/tergantung

Karena terbiasa dikasih tahu, anak bisa menjadi pasif, dan hanya menunggu instruksi.

Berdampak pada fisik si anak

Misalnya ketika anak belum bisa duduk tapi tetap dipaksa duduk, nanti bisa berpengaruh terhadap struktur tulangnya.

Terkadang kebiasaan untuk menstimulasi anak secara berlebihan ini terbawa sampai dewasa. Contohnya ketika orangtua mengharuskan anaknya memperoleh nilai yang bagus, bahkan sampai suka dibadingkan dengan anak-anak lain, hal ini yang akan berdampak negatif terhadap perkembangan psikologisnya.

Jika mau stimulasi anak, lakukan tahap demi tahap, jangan dipaksakan. Misalnya, anak belum mau shake hand dengan orang yang baru dikenal, ya jangan dipaksakan, dicoba lain kali saja.

Semoga bermanfaat.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya