Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Masturbasi Picu Munculnya Jerawat?

Masturbasi dapat memicu timbulnya jerawat, apakah benar atau tidak?

oleh Fitri Haryanti Harsono diperbarui 04 Feb 2019, 21:00 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2019, 21:00 WIB
Masturbasi
Apakah masturbasi bisa picu timbulnya jerawat?

Liputan6.com, Jakarta Masturbasi maupun berhubungan seks dengan pasangan pada umumnya tidak dapat memicu munculnya jerawat di wajah. Dokter spesialis kulit Tsippora Shainhouse menjelaskan, hormon pada tubuh, khususnya testosteron dan progesteron dapat meningkatkan produksi minyak.

Hormon itu juga dapat meningkatkan respons peradangan. Itulah sebabnya jerawat sering lebih banyak muncul dan makin memburuk di minggu-minggu menjelang menstruasi. Karena saat itulah tubuh Anda memproduksi lebih banyak progesteron dan testosteron.

"Hormon yang tidak seimbang selama masa remaja dan pubertas bisa menimbulkan jerawat," kata Shainhouse, dikutip dari Women's Health Magazine, Senin (4/2/2019).

Pubertas juga bisa menjadi waktu eksplorasi diri dan mungkin masturbasi. Sehingga ada 'rasa takut' muncul, masturbasi mungkin yang menyebabkan munculnya jerawat.

Jerawat disebabkan kombinasi dari produksi minyak berlebih dan hiperkeratinisasi pori-pori (penyumbatan pori-pori dengan keratin atau sel kulit mati).

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kulit kembali normal

Ilustrasi seks - orgasme (iStockphoto)
Kulit kembali normal setelah orgasme. (iStockphoto)

Shainhouse menambahkan, untuk sementara ini, masturbasi dan berhubungan seks memang meningkatkan kadar testosteron. Tapi itu hampir tidak cukup berdampak pada kesehatan kulit jangka panjang, terutama jika dikaitkan sebagai penyebab jerawat.

"Karena saat masturbasi (yang mengarah pada orgasme), kulit akan menyusut kembali normal dalam beberapa menit," tambahnya.

Beberapa penelitian telah menunjukkan, kadar adrenalin meningkat dalam darah selama orgasme. Hal ini berujung membuat kulit justru lebih bercahaya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya